7 Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Pada Olahraga

Tahapan pemanasan dan pendinginan pada olah raga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tahapan di dalam olahraga ini sendiri memang dibutuhkan agar nantinya dapat meminimalkan resiko terjadinya cidera dan yang lainnya. Manfaat olah raga sendiri merupakan salah satu kegiatan yang memang mampu menunjang kesehatan.

manfaat-pemanasan-dan-pendinginan

Pemanasan

Namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat, olahraga harus dijalankan dengan benar dan juga tepat agar nantinya tidak menimbulkan resiko cidera pada otot maupun anggota tubuh lainnya.

1. Mencegah Resiko Cidera

Sebelum memulai olahraga, tentu saja membutuhkan pemanasan terlebih dahulu karena manfaat dari pemanasan yang pertama adalah untuk mempersiapkan tubuh terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi resiko cidera. Kemudian pendinginan dilakukan setelah olahraga, untuk mengistirahatkan tubuh setelah olah raga.

2. Mencegah Resiko Jantung Koroner

Manfaat pemanasan dan pendinginan pada olah raga terutama untuk membantu mencegah terjadinya jantung koroner. Saat melakukan olahraga tentu saja nantinya akan terjadi aliran darah ke jantung, yang membuat jantung menjadi bekerja lebih berat. Dengan pemanasan terlebih dahulu, nantinya jantung tidak kaget.

Jika tidak melakukan pemanasan, maka aliran darah yang menjadi lebih cepat dapat menyebabkan jantung kaget , sehingga dapat mmepengaruhi resiko terkena jantung koroner menjadi lebih besar.

3. Meningkatkan Performa

Manfaat pemanasan dan pendinginan pada olah raga yang selanjutnya adalah dapat membantu untuk meningkatkan performa. Dalam artian di dalam melakukan olahraga tentu saja membutuhkan tenaga (performa) yang cukup besar, sehingga dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, yang nantinya akan membuat performa lebih terpacu. Hal ini tentu saja akan membuat kegiatan olahraga, yang memberikan hasil yang lebih maksimal.

4. Tubuh Lebih Fleksibel Dan Elastis

Kegiatan olah raga yang dilakukan dengan pemanasan dan pendinginan, dapat membantu tubuh dan otot agar menjadi lebih fleksibel serta elastis. Hal ini akan menghindari kram otot atau masalah lain yang akan mengganggu kegiatan olahraga. Pemanasan sendiri membantu untuk meningkatkan 13% metabolisme di dalam tubuh.

5. Menormalkan Kinerja Jantung

Pada saat melakukan olahraga tentu saja kinerja jantung akan bertambah sehingga proses pendinginan ini nantinya akan membantu tubuh untuk menormalkan kembali kinerja dari jantung. Hal ini tentu saja akan mengembalikan kerja jantung menjadi normal kembali dan juga tidak terlalu berat, sehingga jantung koroner juga dapat dicegah dan tidak akan mengganggu kesehatan dari tubuh.

6. Mengurangi Asam Laktat

Kegiatan pemanasan dan pendinginan dapat membantu untuk mengurangi asam laktat di dalam darah. Pada saat melakukan olahraga, tenaga, kinerja jantung serta asam laktat akan meningkat. Dengan demikian setelah berolahraga, lakukan pendinginan tubuh yang akan menormalkan tubuh kembali.

7. Membantu Tubuh Lebih Rileks

Terakhir adalah manfaat pendinginan setelah aktivitas olahraga ini nantinya akan membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan juga tenang. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena saat melakukan olahraga mengeluarkan keringat dan tenaga yang cukup banyak sehingga tubuh sendiri juga sangat perlu untuk beristirahat.

Oleh karena itu berdiam diri dengan meluruskan kaki atau dengan manfaat berjalan kaki selama kurang lebih 5 sampai dengan 10 menit akan membuat tubuh lebih tenang.

Apapun olahraga yang ingin dilakukan, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga selesai.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, December 2014 / 05:23 Oleh :
Kategori : Olahraga