6 Manfaat Olahraga Lompat Katak

Lompat katak atau loncat katak merupakan salah satu jenis permainan olahraga yang menyenangkan dan biasanya dilakukan oleh anak sekolah. Olahraga ini dilakukan dengan bimbingan dari guru olahraga untuk mendapatkan gerakan yang benar bagi para murid yang baru pertama kali melakukannya.

Gerakan Lompat Katak

Lompat katak atau loncat katak merupakan gerakan meloncat dengan kedua kaki bersama-sama, menyerupai lompatan yang dilakukan oleh katak. Gerakan lompat katak diawali dengan berdiri, tangan berada di belakang badan saat akan melakukan lompatan. Setelah itu jongkok dengan dua kaki di tekuk dan kedua tangan ke depan lutut untuk keseimbangan saat melompat. Secara rinci cara untuk melakukan lompat katak yaitu dengan cara :

manfaat lompat katak

Gambar : Lompat Katak

  • Sikap awal – Sikap awal untuk melakukan gerakan lompat katak yaitu dengan berdiri rileks atau berdiri santai dengan tangan berada di belakang badan. Setelah berdiri lalu jongkok terlebih dahulu dengan lutut ditekuk dan kedua tangan berada di depan lutut. Ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan saat melompat.
  • Gerakan –  Gerakan dilakukan dengan melompat ke depan dengan menggunakan kedua kaki secara bersama-sama. Gerakan ini seperti gerakan katak yang sedang melompat, jadi tak heran kalau disebut dengan lompat katak. Gerakan melompat ke depan dilakuan berulang-ulang jadi tidak hanya satu kali saja.
  • Pendaratan – Gerakan mendarat juga serupa dengan gerakan mendarat yang dilakukan oleh katak yaitu dengan menggunakan kedua kaki serta menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan keseimbangan.

Lompat katak merupakan salah satu jenis olahraga dengan gerakan melompat. Lompat katak baik bagi kesehatan tubuh, secara rinci beberapa manfaat dari lompat katak yaitu:

1. Meningkatkan kekuatan – Lompat katak yang dilakukan berulang dapat meningkatkan kekuatan otot. Kebiasaan melompat dapat meningkatkan standar kekuatan yang dimiliki.

2. Meningkatkan daya tahan – Saat tubuh kuat maka daya tahan juga akan ikut meningkat.

3. Meningkatkan kelincahan – Gerakan melompat membutuhkan kelincahan apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang. Jika rutin melakukan gerakan lompat katak ini maka kelincahan tubuh juga akan ikut meningkat karena terbiasa.

4. Meningkatkan kecepatan – Gerakan lompat katak membutuhkan kecepatan untuk melompat apalagi jika dilakukan secara bersama-sama atau dimodifikasi menjadi permainan.

5. Meningkatkan ketangkasan – Ketangkasan juga dapat terasah dengan melakukan permainan lompat katak.

6. Olahraga fisik juga berpengaruh pada kesehatan mental – Olahraga seperti lompat katak dapat dimodifikasi sehingga menjadi permainan yang membutuhkan kerja sama antara satu anak dengan lainnya. Meningkatkan kesehatan mental seperti rasa percaya diri, rasa keberanian, kebersamaan, disiplin dan lain-lain

Modifikasi Olahraga Lompat Katak

Olahraga lompat katak sebenarnya bisa dilakukan sendirian dengan melompat berulang-ulang, jaraknya bisa diatur sendiri. Namun jika ingin yang lebih menarik maka bisa menjadikan lompat katak menjadi sebuah permainan berkelompok. Caranya yaitu :

  1. Menyiapkan papan penghalang (kun)
  2. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok
  3. Kun ditempatkan di depan dua kelompok tersebut, gunakan sekitar 10 kun sebagai penghalang dengan jarak tertentu
  4. Anak-anak berbaris memanjang di kelompoknya masing-masing lalu anak pertama melompat diikuti dengan anak-anak di belakangnya.
  5. Kelompok yang selesai melakukan lompatan lebih cepat maka dialah pemenangnya.

Modifikasi lompat katak menjadi permainan berkelompok ini bagus diterapkan di sekolah, karena biasanya sudah ada papan penghalang dan anak yang dikelompokkan juga cukup. Bermain berkelompok memiliki manfaat tersendiri yaitu, berlatih untuk saling bekerja sama dan toleransi. Anak-anak juga diajari untuk bersabar saat menunggu teman di depannya melompat. Jadi manfaat olahraga tidak hanya akan berguna bagi kesehatan jasmani tapi juga melatih anak untuk kerja sama dengan teman satu kelompoknya. Ini merupakan pembelajaran bagi anak agar mereka nantinya terbiasa bekerja sama dengan orang lain.

Sejumlah olahraga lainnya juga sangat baik dilakukan seperti :