11 Manfaat Bersepeda Untuk Diet dan Pembentukan Otot

Berlari atau manfaat lari di tempat memang dianggap sebagai olahraga yang terbaik dalam urusan membakar kalori, namun sebenarnya berlari juga bisa memberikan dampak tinggi karena setiap langkah yang dilakukan saat berlari akan berdampak pada kaki, pergelangan kaki, lutut, betis dan juga berbagai bagian kaki lainnya dan akhirnya menyebabkan pelaku mudah terluka dan risiko terjadinya masalah akan semakin meningkat. Naman saat melakukan jenis kegiatan atau olahraga lainnya seperti bersepeda, tidak hanya menjadi cara terbaik untuk membakar kalori namun sekaligus menguatkan beberapa otot di bagian tubuh tanpa harus menimbulkan risiko cedera yang terlalu banyak. Semakin kuatnya otot dan semakin banyak kalori yang dibakar saat bersepeda, maka nantinya juga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh termasuk untuk anda yang sedang menjalani program diet. Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa manfaat bersepeda untuk diet yang bisa anda dapatkan.

  1. Mengurangi Penumpukkan Lemak

Menurunkan berat badan menjadi salah satu manfaat terbesar yang bisa diperoleh saat melakukan kegiatan bersepeda secara reguler. Banyak orang yang melakukan diet sebagai salah satu cara untuk mengurangi penumpukkan lemak di tubuh, namun sains membuktikan hal yang berbeda. Penelitian yang baru baru ini dilakukan membuktikan jika seorang wanita yang menderita diabetes dan sudah berumur lebih tua hanya bisa menurunkan lemak visceral apabila melakukan latihan sekaligus diikuti juga dengan menjalani program diet sehingga bersepeda menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

  1. Menguatkan dan Mengencangkan Otot

Bersepeda adalah kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak gerakan mengayuh dan hal ini sangat penting untuk mengencangkan dan menguatkan beberapa otot seperti paha dan betis. Namun sebenarnya, bersepeda merupakan olahraga yang baik untuk melatih fisik secara menyeluruh dan hampir semua bagian tubuh ikut terlatih saat sedang bersepeda seperti otot lengan yang semakin diperkuat dalam proses menyeimbangkan siklus sekaligus menguatkan tulang untuk anak anak. Dengan meningkatkan kekuatan otot, maka bisa juga memberikan manfaat olahraga untuk jantung karena bisa meningkatkan fungsi kardiovaskular atau jantung dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Pembentukan Energi

Bersepeda juga sangat baik dilakukan untuk meningkatkan stamina sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bersepeda juga akan lebih meningkatkan energi semakin tinggi sehingga bisa beraktivitas seperti bekerja atau belajar dengan semakin baik.

  1. Mengurangi Stress

Kegiatan seperti bersepeda juga sangat baik dilakukan untuk mengurangi stress. Para ahli mengungkapkan jika semua kegiatan olahraga apapun itu termasuk bersepeda sangat penting untuk menurunkan kadar stress dalam tubuh yang akhirnya juga menurunkan risiko anda terserang beberapa penyakit saat sedang menjalani program diett.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Latihan terbaik untuk membakar kalori salah satunya bisa dilakukan dengan bersepeda. Jika seseorang bersepeda dengan kecepatan 10 mph saja sudah bisa membakar kalori hingga mencapai 260 kalori dalam waktu 1 jam. Selain itu, bersepeda juga sangat baik dilakukan untuk melatih otot paha sekaligus bokong dan jika dilakukan secara teratur maka bisa mempertahankan bentuk tubuh yang selalu terlihat ramping.

  1. Meningkatkan Stamina

Bersepeda termasuk salah satu jenis olahraga ringan yang menjadi cara terbaik untuk meningkatkan stamina sebab anda akan mengayuh lebih lama saat berbeda jika dibandingkan dengan berjalan kaki atau melakukan aerobik. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru paru yang akhirnya membuat anda bisa bekerja lebih efisien karena bisa mendapatkan sumber energi saat melakukan kegiatan bersepeda tersebut.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam beberapa studi membuktikan jika kegiatan selama bersepeda bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit seperti solusi batuk dan pilek. Untuk itulah, sepeda bahkan dikatakan baik digunakan sebagai alat transportasi utama dibandingkan dengan menggunakan kendaraan lainnya.


  1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit yang masuk dalam golongan penyakit mudah menyebar di dalam tubuh. Selain itu, kanker juga termasuk dalam jenis penyakit yang bisa berkembang dalam jangka waktu yang panjang dan tubuh akan sangat mudah terjangkit penyakit kanker mematikan tersebut.  Salah satu solusi kanker yang bisa anda lakukan dengan mudah adalah dengan berolahraga secara teratur seperti bersepeda sebab jika tubuh dalam keadaan bugar, maka bibit kanker juga pertumbuhannya bisa dicegah.

  1. Menyeimbangkan Metabolisme

Dengan bersepeda, maka anda juga sudah bisa mencegah berbagai gangguan metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Selain itu, bersepeda juga bisa memberikan manfaat detoksifikasi dengan cara mengeluarkan keringat lebih banyak didalam tubuh.

  1. Mencegah Obesitas

Jika anda mengalami obesitas atau lebih dikenal dengan nama kegemukan, maka bersepeda menjadi cara baik untuk dilakukan secara teratur karena bisa mencegah penumpukan lemak dalam tubuh yang artinya juga mencegah anda dari kegemukan atau obesitas.

  1. Membakar Kalori Lebih Cepat

Jika anda melakukan kegiatan bersepeda secara teratur, maka sudah bisa membakar kalori hingga mencapai 300 kalori per jam menurut penelitian berbeda dalam kecepatan sedang, 400 kalori per jam dengan kecepatan 10 hingga 11 mph dan juga 700 kalori dengan medan berat yang dilakukan selama 1 jam. Bersepeda yang dilakukan secara teratur selama 1 tahun bahkan sudah bisa membakar lemak keseluruhan sebanyak 5 kg hanya dengan bersepeda selama 30 menit dalam sehari menggunakan kecepatan sedang.

Ada begitu banyak manfaat bersepeda untuk diet dan tidak hanya untuk menurunkan berat badan supaya penampilan bisa terlihat lebih ideal, namun juga untuk pencegahan berbagai penyakit termasuk juga sebagai solusi kecantikan kulit karena racun yang menumpuk dalam tubuh bisa dibuang secara teratur.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.