15 Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Berolahraga merupakan salah satu cara menuju hidup sehat yang murah dan menyenangkan. Bagaimana tidak? Olahraga umumnya dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak harus menggunakan peralatan-peralatan yang mahal bahkan bisa dilakukan tanpa peralatan sama sekali. Bicara mengenai manfaatnya tidak usah diragukan lagi. Ada begitu banyak manfaat olahraga yang bisa dirasakan. Tidak hanya untuk kesehatan fisik ada juga manfaat olahraga untuk psikis atau mental manusia dimana dengan berolahraga dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia.

Salah satu jenis olahraga yang super murah dan fleksibel adalah olahraga lompat tali atau disebut juga skipping. Olahraga yang dilakukan dengan melompat berulang-ulang menggunakan seutas tali yang diayun-ayunkan melingkar sebagai rintangan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja serta tentunya sangat menyenangkan. Buktinya lompat tali merupakan salah satu permainan yang populer di kalangan anak sekolah sehingga melakukan olahraga ini sama rasanya seperti bermain.

Meskipun terkesan sederhana namun olahraga lompat tali memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat olahraga lompat tali atau manfaat olahraga skipping bagi kesehatan:

1. Mengencangkan otot lengan dan kaki

Gerakan melompat dan memutar tali yang dilakukan berulang-ulang pada olahraga lompat tali dapat melatih dan mengencangkan otot terutama otot lengan dan kaki.

2. Menurunkan berat badan

Olahraga lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh pelaku diet karena menguras cukup banyak energi dan membakar kalori sehingga meminimalisir penumpukan kalori di dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab kegemukan atau kelebihan berat badan. Selain rajin berolahraga seperti lompat tali tentu saja anda harus mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan sehat yang mendukung program diet diantaranya manfaat belimbing wuluh untuk diet, manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan, manfaat anggur hitam untuk diet, manfaat kacang polong untuk diet, manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan, dan manfaat bayam untuk diet.


3. Membentuk tubuh bagian atas dan bagian bawah

Kelebihan orang-orang yang rajin berolahraga dan membentuk otot adalah mendapatkan bentuk tubuh yang bagus dan indah. Seperti orang yang rajin melakukan olahraga lompat tali maka otomatis otot lengan dan kakinya akan terlihat kencang, ramping, dan indah. Tidak ada yang namanya betis gemuk berlemak, yang ada otot kaki akan terlihat ramping dan kencang. Demikian pula dengan otot lengan.

4. Menambah tinggi badan

Olahraga lompat tali merupakan salah satu olahraga yang disarankan bagi orang terutama remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk menambah atau meningkatkan tinggi badan. Lompatan yang dilakukan berulang-ulang pada olahraga ini dipercaya dapat meningkatkan tinggi badan sehingga mendapatkan tinggi badan ideal yang diharapkan. Namun pertumbuhan tubuh yang maksimal tidak hanya didapat dari olahraga teratur, hal ini harus dibarengi pula dengan konsumsi makanan bergizi, susu, dan suplemen bila diperlukan seperti manfaat susu boneto dan manfaat zevit grow.

5. Mencegah osteoporosis

Melakukan olahraga lompat tali secara rutin juga dapat mencegah dan meminimalisir timbulnya penyakit osteoporosis atau menurunnya kepadatan tulang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah mengalami keretakan. Meskipun demikian olahraga ini justru harus dihindari oleh orang yang terlanjur mengidap osteoporosis karena dapat memperburuk kondisi kesehatannya. Osteoporosis juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan seperti manfaat collard atau suplemen seperti manfaat cdr.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Seperti yang diketahui olahraga tidak hanya baik untuk melatih otot-otot tubuh saja namun juga memiliki banyak manfaat lain seperti manfaat olahraga untuk jantung. Salah satu olahraga yang berkontribusi positif pada kesehatan jantung dan pembuluh darah adalah olahraga lompat tali. Gerakan melompat yang dilakukan berulang-ulang ini terbukti sangat baik untuk kesehatan jantung sehingga dijadikan salah satu olahraga penting untuk jantung sehat.

7. Memiliki keseimbangan dan fleksibilitas yang baik

Manfaat olahraga lompat tali lainnya yang cukup menonjol dan terbukti pada orang-orang yang menekuni olahraga ini adalah memiliki keseimbangan dan fleksibilitas tubuh yang baik. Seperti diketahui lompat tali membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik agar dapat melompat dan mendarat di lantai dengan baik sehingga kaki tidak tersangkut pada tali. Hal ini dilakukan berulang-ulang sehingga membentuk keseimbangan dan fleksibilitas tubuh yang baik.

8. Melatih koordinasi

Tidak hanya mengandalkan keseimbangan olahraga lompat tali juga membutuhkan koordinasi tubuh yang baik agar dapat melompat, memutar tali, dan mendarat sesuai timing yang tepat sehingga kaki tidak tersangkut oleh tali. Hal ini melatih tubuh untuk melakukan koordinasi secara berulang-ulang sehingga lama-kelamaan kemampuan koordinasi tubuh semakin meningkat. Olahraga lain yang juga baik untuk melatih koordinasi adalah manfaat olahraga bowling dan manfaat olahraga guling lenting.

9. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Rutin melakukan olahraga lompat tali juga dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh sehingga tubuh terasa lebih fit dan bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mendapatkan stamina dan daya tahan tubuh yang baik anda juga dapat melengkapi gerakan olahraga anda dengan gerakan olahraga lain seperti manfaat prisoner dan manfaat burpees.

10. Meningkatkan fertilitas

Bila anda menginginkan atau mengimpikan punya banyak anak dan keturunan maka olahrata lompat tali patut anda tekuni. Ya, melakukan olahraga lompat tali secara rutin dapat membantu meningkatkan fertilitas dan fungsi reproduksi sehingga memperbesar kemungkinan memiliki anak. Selain itu tentu saja harus dibarengi dengan gaya hidup sehat lain seperti mengonsumsi makanan sehat seperti manfaat buah naga untuk kesuburan dan manfaat daun sirsak untuk kesuburan.

11. Mengoptimalkan energi

Pada dasarnya di dalam tubuh kita tersimpan sejumlah energi yang siap digunakan dan dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun terkadang kita tidak menggunakannya secara optimal sehingga tidak terpakai dan tersimpan di dalam tubuh. Dengan rajin melakukan olahraga lompat tali dapat membantu tubuh untuk terbiasa mengoptimalkan penggunaan energi yang tersimpan sehingga cadangan energi dapat dipergunakan sebaiknya-baiknya dan tidak menumpuk di dalam tubuh.

12. Membantu membuang racun dari dalam tubuh

Melakukan olahraga lompat tali selama beberapa waktu sudah pasti akan menghasilkan keringat. Keringat yang keluar dari pori-pori kulit juga membawa racun-racun dari dalam tubuh sehingga membantu membebaskan tubuh dari endapan racun. Cara mudah dan sederhana lainnya untuk membuang zat-zat racun dari dalam tubuh adalah dengan manfaat air hangat di pagi hari dan manfaat air kelapa tua.


13. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang lancar merupakan salah satu kunci utama kesehatan karena dengan sirkulasi darah yang lancar maka oksigen dan sari makanan dapat dibawa ke seluruh tubuh. Untuk mendapatakan hal ini salah satu olahraga yang mesti ditekuni adalah olahraga lompat tali.

14. Mencegah stres

Olahraga lompat tali merupakan olahraga yang menyenangkan sehingga menjadi salah satu permainan populer di kalangan anak-anak. Dengan melakukan olahraga ini dapat membuat perasaan menjadi lebih senang dan tentunya mencegah timbulnya stres. Anda juga dapat mencegah stres dengan cara melakukan kegiatan lain seperti manfaat sauna dan manfaat berenang.

15. Meningkatkan kerjasama dalam kelompok

Olahraga lompat tali juga dapat dilakukan bersama-sama dimana tali akan dipegang dan diayun oleh teman lain sementara satu orang melompat sehingga dapat membantu meningkatkan kerjasama yang baik dalam kelompok.

Demikianlah manfaat olahraga lompat tali bagi kesehatan tubuh manusia yang meliputi banyak hal sehingga olahraga ini patut menjadi olahraga rutin setiap hari. Tidak hanya mudah dan murah olahraga ini juga sangat menyenangkan sehingga tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga lompat tali.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga