15 Manfaat Sayur Gambas Bagi Kesehatan Manusia

Sayur gambasJika anda pencinta sayuran atau setidaknya suka makan sayur pasti tahu dengan sayuran satu ini yaitu sayur gambas atau oyong. Sayuran ini memiliki bentuk memanjang sepeti terong namun memiliki tonjolan-tonjolan kasar pada kulitnya dan berwarna hijau. Sementara daging buahnya berwarna putih dan ketika sudah masak rasanya lezat dan menyegarkan. Di dunia sayuran ini dikenal dengan beberapa nama panggilan seperti sponge gourd, bath sponge, labirin dishrag, sponge wash-rag, scrubber labu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain lezat sayur gambas juga mengandung banyak ragam nutrisi penting bagi tubuh seperti manfaat protein, manfaat karbohidrat, manfaat serat, manfaat vitamin A, manfaat vitamin C, vitamin B1, B2, B5, B6, manfaat magnesium, manfaat kalium, tembaga, dan manfaat mangan. Dengan beragam kandungan nutrisi ini sudah pasti konsumsi sayur gambas sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat sayur gambas atau manfaat oyong untuk kesehatan tubuh:

1. Baik untuk kesehatan mata

Sayur gambas kaya akan vitamin A sehingga sangat baik untuk memelihara kesehatan mata dan mencegah dari berbagai penyakit mata. Selain sayur gambas asupan vitamin A juga bisa didapatkan dari berbagai buah dan sayuran lain seperti manfaat wortel dan manfaat tomat untuk mata sehat bebas penyakit.

2. Mencegah diabetes

Sayur gambas juga baik dikonsumsi terutama untuk mencegah penyakit diabetes. Hal ini didukung oleh kandungan mineral berupa mangan yang terdapat pada gambas. Mangan diketahui berperan penting dalam produksi enzim pencernaan, meningkatkan fungsi mitokondria, mempromosikan sekresi insulin, dan mengurangi peroksidasi lipid sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah diabetes.

3. Mengurangi artritis

Jika anda kerap mengalami artritis atau peradangan pada sendi sehingga sendi terasa nyeri, sakit, bengkak, atau kaku maka konsumsi sayur gambas sangat dianjurkan. Kandungan tembaganya dapat membantu mengurangi dan meredakan rasa nyeri akibat artritis karena memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu ada pula beberapa bahan alami lainnya seperti manfaat daun kelor dan manfaat sereh wangi yang juga dapat membantu mengurangi gejala-gejala artritis.

4. Membantu mengatasi anemia

Sayur gambas juga baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada sayuran ini berperan penting dalam produksi hemoglobin yang sangat diperlukan oleh penderita anemia (penyakit kekurangan sel darah merah).

5. Mempercepat penyembuhan luka

Konsumsi sayur gambas dalam jumlah cukup dapat membantu mencukupkan kebutuhan nutrisi tubuh salah satunya vitamin C yang dikenal berperan penting dalam produksi protein yang diperlukan untuk pembangunan otot, kulit, ligamen, dan pembuluh darah. Hal ini tentu sangat baik untuk perkembangan tubuh salah satunya mempercepat penyembuhan luka. Selain itu manfaat ikan deleg juga baik dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka.

6. Meminimalisir risiko diabetes tipe-2

Konsumsi sayur gambas juga dianjurkan karena dapat meminimalisir risiko terkena penyakit diabetes tipe-2. Hal ini didukung oleh kandungan magnesium pada sayuran ini yang diketahui berperan penting dalam metabolisme glukosa.

7. Mengatasi sembelit

Seperti sayuran yang kaya serat lainnya manfaat sayur gambas juga dapat membantu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Hal ini didukung oleh kandungan serat dan air yang tinggi pada gambas sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Selain sayuran anda juga dapat mengonsumsi beragam buah seperti manfaat buah anggur merah dan manfaat sirsak untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit yang diderita.

8. Mengatasi jerawat

Kandungan vitamin C pada sayur gambas dikenal baik untuk mendukung kesehatan kulit sehingga dapat membantu mengatasi jerawat membandel yang muncul di wajah. Meskipun telah tersedia beragam obat jerawat siap pakai seperti manfaat acnol namun konsumsi makanan sehat seperti gambas tetap penting dan perlu dilakukan untuk menutrisi wajah dari dalam.

9. Baik untuk kesehatan jantung

Sayur gambas juga merupakan makanan sehat untuk jantung karena mengandung vitamin B5. Nutrisi ini diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah sehingga dapat menghindarkan anda dari risiko penyakit jantung. Disamping itu anda juga dapat menggunakan manfaat kacang tanah untuk jantung atau manfaat alpukat untuk jantung sehat bebas penyakit.


10. Mencegah nyeri pada otot

Kandungan kalium pada gambas sangat diperlukan oleh tubuh salah satunya untuk memelihara kesehatan otot. Dengan kandungan kalium yang dimilikinya konsumsi sayur gambas dapat membantu melemaskan dan menstabilkan cairan pada otot sehingga terhindar dari rasa nyeri.

11. Menyehatkan kulit

Konsumsi sayur gambas juga baik untuk mendukung kesehatan kulit. Kandungan berbagai vitamin dan mineral terutama vitamin C sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga kulit menjadi sehat, terhindar dari kekeringan dan keriput, serta mencegah penuaan dini. Bahan alami lainnya yang juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan kulit diantaranya manfaat jus lontar dan manfaat buah kokosan.

12. Menjaga fungsi otak

Manfaat sayur gambas juga berpengaruh pada kesehatan otak. Hal ini didukung kandungan zat besi yang dimilikinya yang berperan penting dalam distribusi oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke otak sehingga otak dapat bekerja secara optimal.

13. Mengatasi migrain

Sayur gambas juga baik dikonsumsi karena kandungan magnesiumnya yang dapat membantu menjaga keseimbangan neurotransmitter pada sel-sel saraf di otak. Ini tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan otak serta membantu mengatasi migrain yang diderita. Selain sayuran ada pula buah-buahan yang cocok dikonsumsi untuk mengatasi migrain diantaranya manfaat anggur hijau dan manfaat kelengkeng merah.

14. Menurunkan berat badan

Selain kaya gizi sayur gambas merupakan bahan makanan yang rendah kalori, rendah lemak jenuh, dan rendah kolesterol sehingga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga berpengaruh positif pada bobot badan. Cocok dikonsumsi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

15. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaaat sayur gambas yang terakhir namun tidak kalah penting adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga pertahanan tubuh terhadap serangan virus atau bakteri menjadi lebih baik. Tubuh pun tidak mudah jatuh sakit. Jenis sayuran lain yang juga memiliki manfaat serupa adalah manfaat sayur rebung, manfaat pakcoy, dan manfaat sayur peleng.

Sangat bermanfaat bukan? Dengan beragam manfaat dan didukung rasanya yang lezat dan segar rasanya tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi sayuran satu ini. Tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Mari konsumsi makanan sehat dan hidup sehat mulai saat ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran