31 Manfaat Terong Ungu untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Terong ungu merupakan jenis terong yang umum dikenal disamping ada juga berbagai variasi terong lainnya baik warna maupun bentuk. Ada terong hijau, terong berbentuk bulat kecil, terong berbentuk bulat besar, terong berbentuk memanjang, dan lain sebagainya. Terong dapat diolah dalam berbagai bentuk masakan seperti digoreng, digulai, dikukus, dan lain sebagainya. Tanaman ini berasal dari negara Srilanka namun dapat tubuh dengan baik di Indonesia sehingga sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin solanum melongena ini merupakan jenis tanaman tahunan. Selain dari warna ungunya yang mencolok tanaman ini juga dapat dikenali dari batangnya yang memiliki duri dan bunganya yang berwarna putih hingga ungu. Bijinya kecil-kecil dan lembut sehingga biasanya turut dimakan beserta daging buahnya. (Baca juga: manfaat terong untuk kesehatan)

Selain enak dikonsumsi terong ungu ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kaum wanita. Ini disebabkan oleh kandungan nutrisinya yang sangat baik bagi kesehatan seperti phycocyanian, antosianin, manfaat vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K, selenium, nasunin, manfaat zat besi, ellagic acid, resveratrol, salicylates, manfaat karbohidrat, manfaat lemak, manfaat asam folat, dan manfaat protein. Lantas apa saja manfaat terong ungu bagi kesehatan dan kecantikan wanita? Berikut beberapa diantaranya:

1. Menghaluskan dan memutihkan kulit

Setiap wanita pasti mendambakan kulit putih dan halus. Untuk mendapatkannya beragam cara dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan terong ungu yang dijadikan sebagai masker wajah. Caranya terong ungu yang telah dihaluskan dicampur dengan yoghurt tawar. Campuran yang berupa pasta ini kemudian dijadikan masker dengan cara diusapkan ke wajah dan leher. Diamkan selama lebih kurang 20-30 menit kemudian bilas hingga bersih. Dengan pemakaian secara teratur dan rutin kulit putih dan halus akan menjadi milik anda.

Baca juga: manfaat vitamin a untuk kulit – manfaat air putih

2. Menghilangkan jerawat

Meskipun jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh sebagian besar orang namun kehadirannya masih dirasakan sangat mengganggu sehingga berbagai cara dilakukan untuk mengatasinya. Dari sekian banyak obat-obatan baik obat dokter maupun ramuan herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat salah satunya adalah terong ungu. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya terong ungu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat.

Baca juga: manfaat acnol – manfaat saripohatji

3. Baik untuk wanita hamil

Terong ungu juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan asupan asam folat yang cukup maka kesehatan dan pertumbuhan janin akan terpelihara serta menghindarkan janin dari kemungkinan kerusakan otak.

Baca juga: manfaat kacang hijau – manfaat sari kurma

4. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada terong ungu sangat baik untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh perkembangan radikal bebas dalam tubuh, Dengan mengonsumsi terong ungu seorang wanita dapat terhindar dari dampak-dampak penuaan dini sehingga terlihat lebih awet muda.

Baca juga: manfaat wortel – manfaat kunyit


5. Menjaga kelembaban kulit

Jika anda pemilik kulit kering maka terong ungu merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi. Kandungan mineral yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan).

Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk kecantikan – manfaat jeruk nipis

6. Menurunkan berat badan

Selain jerawat hal yang menjadi masalah bagi kebanyakan wanita adalah masalah berat badan. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh langsing ideal. Mulai dari yang masuk akal hingga yang di luar nalar. Sebenarnya ada banyak jenis buah dan sayuran yang bisa kita konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan seperti manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Demikian pula dengan terong ungu yang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap stabil karena mengonsumsinya menjadikan sistem pencernaan lebih lancar dan dan meminimalisir zat-zat racun yang akan menumpuk di dalam tubuh.

Selain manfaat-manfaat di atas konsumsi terong ungu juga dapat mendatangkan manfaat terong ungu bagi kesehatan secara umum diantaranya:

7. Mencegah perkembangan radikal bebas

Terong memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti nasunin terutama pada bagian kulitnya. Dengan mengonsumsi terong ungu dapat membantu menghambat perkembangan radikal bebas salah satunya pada membran sel otak sehingga membran sel otak terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya.

Baca juga: 10 manfaat senyawa flavonoid kesehatan tubuh – manfaat tokoferol

8. Mengatasi epilepsi dan beberapa masalah gangguan syaraf

Epilepsi merupakan salah satu masalah gangguan syaraf yang sulit untuk disembuhkan. Untuk meringankannya dapat dilakukan dengan mengonsumsi terong ungu yang kaya akan mineral yang dapat membantu menjadikan syaraf lebih rileks sehingga dapat meminimalisir kambuhnya epilepsi dan masalah syaraf lainnya.

Baca juga: 32 manfaat ganja dan bahayanya – manfaat daun benalu

9. Mencegah penyakit aterosklerosis

Konsumsi terong ungu juga bermanfaat untuk mencegah penyakit aterosklerosis. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah karena adanya penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi sempit dan aliran darah menjadi tidak lancar yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit-penyakit seperti jantung koroner dan stroke. Terong ungu dapat membantu menetralisir pembuluh darah arteri sehingga penyakit ini dapat dicegah dan diminimalisir.

Baca juga: manfaat jamur matsutake – manfaat jagung

10. Mencegah dan mengatasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang memiliki efek domino karena setelah menderita penyakit ini kita berkemungkinan besar akan mengalami penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, gagal ginjal, gagal jantung, dan kerusakan mata. Dengan mengonsumsi terong ungu yang kaya akan kalium dapat membantu mencegah dan mengatasi hipertensi karena sifat kalium yang mampu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Baca juga: manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi – manfaat daun beluntas untuk hipertensi

11. Antikanker

Sebagai penyakit berbahaya dan mematikan kanker merupakan penyakit yang harus diwaspadai dan dicegah. Yaitu dengan hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi baik seperti terong ungu. Kandungan phycocyanian dan antosianin yang dimilikinya dapat membantu mencegah dan melawan sel-sel kanker.

Luar biasa bukan manfaat terong untuk bagi kesehatan dan kecantikan wanita serta manfaat kesehatan lainnya? Selain mudah didapatkan dan harganya yang tergolong murah di pasaran ternyata sayuran ini memiliki kandungan manfaat yang begitu tinggi. Jadi tunggu apa lagi? Segera masukkan terong ungu dalam daftar menu harianmu serta dapatkan tubuh sehat dan cantik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran