6 Manfaat Pare bagi Hipertensi Paling Utama

Hipertensi seringkali disebut juga sebagai penyakit darah tinggi. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan suatu kondisi kronis dimana tekanan darah dalam dinding arteri meningkat. Kondisi ini sangat jarang terlihat kecuali dengan pemeriksaan tertentu yaitu mengukur tekanan darah.

Baca juga:

Jika anda mengalami tekanan darah tinggi biasanya dokter akan menyarankan perubahan dalam gaya hidup. Hal ini dapat dilakukan dengan berhenti merokok, mengurangi konsumsi kafein dan garam, memakan makanan sehat dan olahraga teratur. Beberapa makanan tertentu juga dapat digunakan dalam mengembalikan tekanan darah ke taraf normal, salah satu yang perlu anda rasakan adalah manfaat pare. Berikut ini manfaat pare bagi hipertensi : (Baca Juga: Manfaat Biji Carica , Manfaat Biji Binahong Merah)

  1. Menormalkan tingkat potasium dan menyeimbangkan natrium

Manfaat pare bagi hipertensi bisa didapat dari kandungan mineral didalamnya. Kandungan mineral yang tidak normal sangat berhubungan dengan masalah hipertensi. Dua mineral penting diperoleh tubuh dari manfaat pare. Kedua mineral tersebut adalah potasium atau kalium dan kalsium. Kondisi tubuh yang kurang kalium atau potasium disebut sebagai hipokalemia. Penderita tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah, sayur ataupun suplemen yang mengandung potasium atau kalium. Setidaknya penderita darah tinggi mengkonsumsi 2 hingga 4 gram potasium atau kalium dalam sehari. Tinggi asupan kalium berhubungan dengan tingkatan yang rendah dari prevalensi hipertensi. Jumlah kalium yang meningkat bisa menurunkan tekanan diastolik hingga 2,5 mmHG dan menurunkan tekanan sistolik 4,4 mmHG.

Baca Juga:

Kalium memiliki ikatan kimia berupa kalium bikarbonat dan kalium sitrak yang berperan dalam antihipertensif. Asupan tinggi kalium akan mendorong sekresi kalium sehingga tubuh bekerja dalam menjaga konsentrasi kalium dengan mengaktifkan pompa Na-K ATPase yang berdampak pada penurunan tekanan darah.

  1. Menormalkan tingkat kalsium

Manfaat pare bagi hipertensi selanjutnya adalah kandungan kalsium. Kadar kalsium dapat dinormalkan kembali karena manfaat pare. Kalsium dapat mempengaruhi beberapa hal dalam tubuh seperti transmisi impuls sistem saraf, penyempitan pembuluh darah serta sekresi hormon. Kalsium tubuh harus berada dalam jumlah yang cukup untuk bisa bekerja secara optimal. Jumlah kalsium yang tidak memadai akan menghambat perannya dalam pelebaran pembuluh darah sehingga mempengaruhi gejala hipertensi. Kalsium berperan sebagai mediator dalam relaksasi dan kontraksi pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Konsentrasi kalsium yang tidak sesuai akan meningkatkan resistensi pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. (baca juga : manfaat kalsium, manfaat susu)

  1. Memberikan mineral zinc yang penting

Buah pare mengandung 8% zinc. Zinc memiliki peran yang penting bagi penderita hipertensi. Zink berperan dalam mengatur angiontensin dan endotelin yang dapat berpengaruh dalam tekanan darah. Mineral zinc jika kurang akan menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi.(Baca Juga: manfaat pare untuk asam urat – manfaat pare)


  1. Memberi asupan vitamin B3 bagi tubuh

Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin B3 dapat menjadi manfaat pare bagi hipertensi. Vitamin B3 atau yang disebut juga sebagai niasin, bermanfaat dalam mengatur sempit atau lebarnya pembuluh darah dalam tubuh. Kandungan vitamin B3 yang tinggi menyebabkan melebarnya pembuluh darah dan berdampak pada menurunnya tekanan darah.  Pare mengandung 2% vitamin B3 didalam buahnya. (baca juga : manfaat vitamin B, manfaat vitamin B3)

  1. Memberi asupan vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan penderita hipertensi. Penderita hipertensi sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C bagi penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi dapat membantu dalam menormalkan tekanan darah.  Vitamin C bisa didapat dari manfaat pare. Buah pare mengandung hingga 55% vitamin C didalamnya. Orang dengan dengan kadar vitamin C yang tinggi dalam tubuhnya cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan orang dengan kadar vitamin C yang rendah. Buah-buahan atau makanan yang tinggi kandungan vitamin C seperti buah pare sangat disarankan untuk dimasukkan dalam menu diet penderita hipertensi. Vitamin C dalam buah pare mampu membantu pembuluh darah menjadi tenang sehingga meningkatkan oksida nitrat yang berfungsi dalam pelebaran pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah akan membantu menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi. (Baca Juga: Manfaat Serum Vitamin C  , Manfaat vitamin C Untuk Kulit)

  1. Meningkatkan asupan vitamin E

Manfaat pare bagi penderita hipertensi selanjutnya adalah memberikan asupan vitamin E. Vitamin E dapat mencegah masalah jantung dan juga mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat berdampak pada resiko tekanan darah tinggi. Asupan vitamin E akan mendorong tubuh untuk meningkatkan produksi oksida nitrat. Oksida nitrat dibutuhkan oleh tubuh untuk membesarkan pembuluh darah. Keadaan ini akan membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan stres oksidatif. (baca juga : manfaat vitamin E bagi wanita, manfaat ever E)

Itulah manfaat buah pare untuk hipertensi. Kandungan-kandungan dalam buah pare sangat bermanfaat untuk membantu menormalkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Untuk melihat manfaat pare lainnya silahkan baca artikel terkait : Manfaat Pare Hutan bagi Manusia

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran