35 Manfaat Binahong untuk Ginjal Sehat dan Terbebas dari Penyakit

Di sekitar kita ada banyak tanaman obat yang bisa diolah menjadi obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya binahong yang memiliki nama latin bassela rubra linn. Tumbuhan ini memiliki banyak manfat kesehatan luar biasa sehingga sering diolah menjadi ramuan obat. Bagian tanaman yang biasa dimanfaatkan adalah daunnya.

Diantara sekian banyak manfaat tanaman binahong salah satu yang signifikan adalah pada organ ginjal. Konsumsi binahong secara rutin diketahui dapat mengatasi dan meredakan berbagai penyakit ginjal dan menjaga kesehatannya. Berikut selengkapnya manfaat binahong untuk ginjal yang sehat dan terbebas dari penyakit:

1. Memperbaiki fungsi ginjal

Jika ginjal mengalami masalah sehingga menurunkan kemampuannya dalam menjalankan berbagai fungsi pentingnya maka konsumsi binahong sebagai tanaman obat merupakan langkah yang tepat. Binahong dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal yang mengalami kerusakan dengan cara menurunkan kadar kreatinin pada ginjal. Anda juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dengan manfaat jahe untuk ginjal.

2. Membersihkan ginjal

Konsumsi binahong juga dapat membantu membersihkan ginjal dari berbagai macam racun yang terakumulasi di dalamnya sehingga ginjal menjadi sehat dan terhindar dari kerusakan. Ginjal pun dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Ginjal yang bersih dan sehat juga bisa didapatkan dengan manfaat air legen.

3. Mengatasi gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan suatu kondisi dimana ia mengalami penurunan fungsi sehingga tidak lagi dapat melaksanakan berbagai fungsinya dengan baik. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa menimbulkan kematian. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba terapi dengan air rebusan daun binahong yang dikonsumsi secara teratur. Diketahui air rebusan daun binahong sangat baik untuk mengatasi penyakit gagal ginjal. Obat alami lain yang juga bisa digunakan untuk mengatasi gagal ginjal adalah manfaat kulit manggis untuk ginjal dan manfaat daun sukun untuk ginjal.

4. Mengatasi radang ginjal

Ramuan daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada ginjal. Peradangan ini biasanya terjadi akibat infeksi virus atau bakteri sehingga kinerja ginjal terganggu dan menyebabkan berbagai penyakit ginjal lainnya. Anda juga dapat menggunakan manfaat petai selong untuk mengatasi radang ginjal yang diderita.

5. Mengatasi tumor ginjal

Tumor pada ginjal dapat didiagnosis dari gejala berupa urin yang mengandung darah serta timbulnya  benjolan di bagian belakang ginjal. Jika anda mendapati tanda-tanda ini ada baiknya mengonsumsi daun binahong karena herbal ini terbukti dapat mengatasi dan meredakan tumor pada ginjal.

6. Mengobati kanker ginjal

Rutin mengonsumsi daun binahong juga dapat mencegah dan mengobati kanker ginjal. Dal hal ini manfaat daun binahong akan menghambat perkembangan dan penyebaran sel-sel kanker sehingga tidak menjalar ke bagian tubuh lain seperti ginjal dan anda pun terhindar dari kanker ginjal. Penyakit ini juga biasa diatasi dengan menggunakan manfaat petai untuk ginjal.

7. Mengatasi mual dan muntah akibat penyakit ginjal

Konsumsi daun binahong juga dapat mengatasi mual dan muntah yang merupakan salah satu gejala penyakit ginjal. Meskipun terkesan sepele namun gejala penyakit ginjal ini tidak bisa diabaikan karena dapat mengganggu selera makan sehingga tubuh kekurangan nutrisi.

8. Mengatasi pusing akibat penyakit ginjal

Selain itu konsumsi daun binahong juga bermanfaat untuk mengatasi rasa pusing yang merupakan salah salah gejala penyakit ginjal. Rasa pusing yang terjadi berulang-ulang sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari sehingga harus segera diatasi. Berbagai gejala ginjal lainnya juga dapat diatasi dengan menggunakan manfaat madu untuk ginjal.

9. Mengatasi sakit perut akibat penyakit ginjal

Penyakit ginjal yang diderita dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada perut. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi ramuan daun binahong secara teratur. Sakit perut juga bisa diatasi dengan menggunakan manfaat daun suruhan dan manfaat kunyit.

10. Menghangatkan tubuh

Salah satu dampak dari penyakit ginjal adalah kedinginan atau menggigil yang dirasakan oleh penderitanya. Untuk meredakan hal ini anda dapat mengonsumsi ramuan daun bianahong sehingga tubuh kembali hangat.

11. Mengatasi muntah darah akibat penyakit ginjal

Gejala penyakit ginjal lainnya yang cukup mengerikan adalah muntah darah yang dialami oleh penderitanya. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengonsumsi ramuan daun binahong sehingga muntah darah tidak lagi terjadi. Manfaat daun untuk ginjal juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi muntah akibat penyakit ginjal.

12. Mengatasi batuk akibat penyakit ginjal

Meskipun pada umumnya batuk bukanlah masalah kesehatan yang serius namun cukup mengganggu kenyamanan. Batuk yang diderita bisa jadi merupakan gejala dari penyakit ginjal sehingga harus cepat diatasi agar tidak semakin perah dan mengganggu kerja ginjal. Caranya dengan rajin mengonsumsi daun binahong sehingga gejala penyakit ginjal ini bisa diatasi dengan cepat.

13. Mengatasi rasa gatal akibat penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal juga dapat menyebabkan rasa gatal yang cukup ekstrim dan sangat mengganggu. Hal ini juga dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan daun binahong sehingga tubuh terbebas dari rasa gatal yang mengganggu. Rasa gatal pada kulit secara umum dapat diatasi dengan menggunakan obat luar seperti manfaat bedak salicyl dan manfaat bedak herocyn.

14. Mencegah penyakit ginjal akibat komplikasi dari diabetes

Penyakit ginjal juga dapat timbul akibat komplikasi dari penyakit diabetes. Konsumsi daun binahong secara teratur bermanfaat untuk mengatasi diabetes sehingga tidak terlanjur berkembang dan menimbulkan komplikasi seperti penyakit ginjal.

15. Mencegah penyakit ginjal sebagai dampak dari penyakit asam urat

Penyakit ginjal juga dapat timbul sebagai dampak lanjutan dari penyakit asam urat yang dibiarkan begitu saja. Untuk itu jika anda terindikasi asam urat maka segeralah diobati salah satunya dengan mengonsumsi ramuan daun binahong sehingga kesehatan ginjal juga terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Asam urat juga bisa diatasi dengan menggunakan manfaat okra untuk asam urat dan manfaat seledri untuk asam urat kolesterol.

16. Mengobati luka pada ginjal

Benturan atau tusukan akibat kecelakaan atau cidera lainnya dapat mengenai ginjal dan menyebabkan luka pada ginjal. Ginjal bisa mengalami robek atau terkoyak sehingga timbul luka. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi rebusan daun binahong sehingga luka tersebut atau luka pada organ lainnya dapat segera teratasi.

17. Membantu fungsi ginjal dalam menstabilkan cairan elektrolit

Rutin mengonsumsi daun binahong dapat membantu menjaga keseimbangan cairan elektrolit dalam tubuh. Hal Ini dapat membantu fungsi ginjal yang juga berperan dalam menstabilkan cairan elektrolit tubuh sehingga hasilnya lebih maksimal.

18. Mengatasi pembengkakan pada kandung kemih

Konsumsi daun binahong juga dapat membantu mengatasi pembengkakan pada kandung kemih. Seperti yang diketahui kandung kemih berhubungan erat dengan ginjal sehingga masalah seperti pembengkakan pada kandung kemih otomatis juga mempengaruhi ginjal. Dengan mengatasi masalah pada kandung kemih akan membantu menjaga kesehatan ginjal dan menghindarkannya dari berbagai penyakit.

19. Mengobati penyakit paru-paru

Manfaat daun binahong yang tidak kalah penting adalah untuk mengobati penyakit paru-paru yang memiliki kaitan erat dengan ginjal. Seperti diketahui keduanya sama-sama berperan dalam sistem eksresi tubuh. Dengan menjaga kesehatan paru-paru berarti juga telah menjaga kesehatan ginjal sehingga keduanya dapat melakukan fungsinya bersama-sama dengan baik. Pengobatan paru-paru juga bisa dilakukan dengan menggunakan manfaat kunyit paru paru dan manfaat madu untuk paru paru.

20. Mengatasi hipotensi

Hipotensi atau tekanan darah rendah di bawah normal dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin sehingga tekanan darah kembali normal dan ginjal pun dapat bekerja dengan optimal.

21. Mengobati penyakti typus

Penyakit typus yang tidak ditangani dengan baik dapat berdampak ke berbagai organ tubuh lainnya termasuk ginjal. Untuk itu sebelum peradangan akibat typus menyebar sebaiknya segera diatasi dengan mengonsumsi ramuan daun binahong secara rutin. Penderita typus juga bisa menggunakan manfaat susu beruang untuk mengatasi penyakitnya.

22. Mengatasi sesak napas

Selama ini kita berpikir bahwa sesak napas merupakan gangguan kesehatan pada organ-organ sistem pernapasan saja. Ternyata hal ini tidak benar. Diketahui sesak napas yang diderita memiliki kaitan dengan organ ginjal dan dapat menyebabkan gangguan pula pada ginjal. Oleh karena itu jika anda menderita sesak napas sebaiknya segera ditangani salah satunya dengan mengonsumsi ramuan daun binahong agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

23. Mengatasi penyakit maag

Penyakit maag identik dengan gangguan pada organ lambung dan pencernaan. Namun ternyata penyakit ini berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh lain yaitu ginjal sehingga jika anda sudah terkena maag maka patut diwaspadai pula gangguan pada ginjal. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka segeralah atasi penyakit maag dengan rajin mengonsumsi ramuan daun binahong. Anda juga dapat mencoba manfaat jahe untuk maag dan manfaat brokoli untuk penderita maag agar penyakit maag bisa segera diatasi.

24. Melancarkan peredaran darah

Lancarnya peredaran darah merupakan salah satu kunci kesehatan yang utama termasuk kesehatan ginjal. Berapa banyak penyakit yang timbul disebabkan aliran darah yang tidak lancar. Dengan mengonsumsi daun binahong secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga berbagai organ tubuh termasuk ginjal terjaga kesehatannya.

25. Mengatasi gangguan pembekuan darah

Normalnya pembekuan darah dilakukan oleh tubuh ketika tubuh mengalami luka dan mengeluarkan darah agar tidak banyak darah yang terbuang dan tubuh tidak kekurangan darah. Namun gangguan pada mekanisme pembekuan darah dapat terjadi sehingga pasokan darah terganggu dan aliran darah pun tidak lancar. Hal ini juga dapat berimbas pada gangguan ginjal. Untuk itu gangguan pada pembekuan harus segera diatasi salah satunya dengan mengonsumsi ramuan daun binahong.

26. Meningkatkan stamina tubuh

Berbagai penyakit biasanya timbul akibat stamina tubuh yang tidak fit. Tubuh menjadi lemah dan lebih mudah terserang penyakit termasuk penyakit ginjal. Untuk itu dianjurkan mengonsumsi ramuan daun binahong agar stamina tubuh lebih prima dan terhindar dari penyakit ginjal. Stamina tubuh yang baik juga bisa didapatkan dengan rajin berolahraga seperti manfaat bersepeda dan manfaat olahraga skipping.

27. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rajin mengonsumsi daun binahong juga berdampak positif pada peningkatan kekebalan tubuh sehingga proteksi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang dapat menyerang berbagai organ tubuh termasuk ginjal lebih kuat. Sistem imun tubuh lebih baik dan ginjal pun terpelihara dari infeksi virus atau bakteri. Untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang baik anda jgua bisa menggunakan manfaat jintan hitam dan manfaat tauge.

28. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Seluruh organ tubuh saling terhubung dan bekerja sama sehingga jika yang satu sakit akan menimbulkan masalah pula pada organ atau jaringan tubuh lainnya. Seperti penigkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat berdampak pada bagian tubuh lainnya seperti ginjal. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga tubuh juga terhindar dari penyakit ginjal dianjurkan mengonsumsi daun binahong secara teratur.

29. Menangkal radikal bebas

Perkembangan radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya salah satunya gangguan pada ginjal. Dengan mengonsumsi ramuan dari daun binahong dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas yang menyerang sel-sel tubuh sehingga tubuh juga terhindar dari penyakit ginjal. Serangan radikal  bebas juga dapat diatasi dengan manfaat teh daun manggis dan manfaat daun dollar.

30. Antibakteri

Daun binahong juga memiliki sifat antibakteri sehingga melindungi tubuh dari serangan berbagai bakteri jahat penyebab penyakit. Salah satunya penyakit yang menyerang ginjal.

31. Membantu regenerasi sel

Manfaat binahong untuk ginjal lainnya adalah dapat membantu regenerasi sel sehingga sel-sel tubuh termasuk sel-sel pada ginjal dapat bekerja maksimal dan terhindar dari penyakit atau gangguan. Regenerasi sel yang baik juga bisa dicapai dengan manfaat burung ayam ayaman dan manfaat aggarilus.

32. Melancarkan metabolisme

Metabolisme berhubungan dengan berbagai organ tubuh salah satunya ginjal. Dengan metabolisme yang baik berbagai fungsi tubuh termasuk fungsi ginjal dapat berjalan dengan lancar dan ginjal pun tehindar dari berbagai penyakit.

33. Meningkatkan volume urin

Rajin mengonsumsi ramuan daun binahong juga dapat meningkatkan volume urin sehingga urin dapat dikeluarkan dengan lancar bersama racun atau zat-zat lain yang tidak berguna bagi tubuh. Hal ini dapat mencegah penumpukan zat-zat racun di dalam ginjal sehingga ginjal menjadi lebih sehat. Manfaat daun meniran juga sangat baik untuk meningkatkan volume urin.

34. Meluruhkan batu ginjal secara alami

Batu ginjal yang sudah terlanjur terbentuk di dalam ginjal apalagi yang berukuran cukup besar akan sangat menyakitkan sehingga harus segera diatasi. Anda dapat mengonsumsi ramuan daun binahong secara teratur untuk membantu meluruhkan batu ginjal secara alami.

35. Baik untuk kesehatan ginjal

Sebagai salah satu organ vital ginjal mesti dijaga kesehatannya sehingga dapat bekerja maksimal dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu caranya adalah dengan rajin mengonsumis ramuan daun binahong.

Demikianlah manfaat binahong untuk ginjal yang luar biasa sehingga konsumsi ramuan daun binahong sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh terutama ginjal. Mulai dari sekarang mari kita jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi ramuan herbal alami di sekitar kita.