20 Manfaat Binahong untuk Obat

Binahong merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sudah terbukti khasiatnya.Tanaman yang memiliki nama ilmiah “Bassela Rubra Linn” ini dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Nama binahong sendiri diperoleh dari bahasa Korea. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan tidak membutuhkan wilayah dan areal yang luas untuk tumbuh.

manfaat binahongTanaman binahong, mulai dari akar hingga daunnya memiliki banyak sekali khasiat dan juga manfaat bagi kesehatan kita dan sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Apa saja manfaat dari binahong? Penasaran mengenai manfaat dari tanaman binahong? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai obat luka

Manfaat binahong untuk luka merupakan salah satu tanaman herbal yang mampu menyembuhkan luka. Dengan adanya binahong, maka luka yang anda alami dapat cepat sembuh, paling tidak membantu proses agar luka tersebut menjadi lebih cepat kering.

2. Menyembuhkan ambeyen dan wasir

Ambeyen atau sering dikenal dengan istilah wasir merupakan salah satu jenis penyakti yang sangat erat kaitannya dengan asupan serat di dalam tubuh. Selain itu, ambeyen juga dapat muncul karena adanya faktor genetik atau keturunan. Dengan menggunakan daun binahong, maka wasir atau ambeyen yang anda alami dapat sembuh dan berkurang gejala – gejalanya.

3. Obat batuk

Anda batuk dan merasa bahwa tenggorokan anda gatal dan perih? Kalau begitu, anda dapat mencoba ramuan larutan dari daun binahong. Larutan dari daun binahong ini memiliki manfaat yang sangat efektif dan juga sangat baik untuk mengobati sakit batuk, dan juga mengobati radang ternggorokan yang anda alami, sehingga dapat berefek pada leganya tenggorokan anda.

4. Menyembuhkan bekas luka

Biasanya, setelah luka pada kulit seseorang mengalami kesembuhan, akan terdapat bekas luka yang mengganggu. Dengan mengompres bekas luka tersebut menggunakan daun binahong, maka bekas luka yang mengganggu tersebut secara perlahan dapat hilang, dan kulit anda akan terbebas dari bekas luka yang akan sangat mengganggu penampilan anda.

5. Mengatasi anemia

Larutan dari daun binahong memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah dan juga mengatasi gejala-gejala anemia, alias gejala kekurangan darah pada diri seseorang. Biasanya anemia akan memiliki gejala umum berupa tubuh yang sering merasa lelah dan lemas, sering mengalami pusing dan juga daya tahan tubuh yang menurun.

6. Mengobati disentri dan diare

Salah satu manfaat binahong untuk obat adalah untuk mengobati masalah pada organ pencernaan. Salah satu masalah tersebut adalah penyakti diare dan juga disentri. Untuk mengobati penyakit disentri dan juga diare, yang mana disebabkan oleh bakteri tertentu. Maka anda dapat mencoba untuk minum larutan daun binahong dalam mengobatinya.

7. Menyembuhkan gatal dan penyakit kulit

Gatal-gatal dan juga penyakit kulit, seperti eksim, ruam, infeksi kulit, dan juga kutu air juga dapat disembuhkan dengan mamanfaatkan daun binahong. Anda cukup menempelkan cacahan dari daun binahong ke bagian kulit yang mengalami gangguan tersebut.

8. Mengobati gejala yang diakibatkan gegar otak

Gegar otak merupakan kondisi medis dimana otak mengalami trauma akibat cedera yang terjadi karena kecelakaan dan beberapa hal tertentu. Biasanya gegar otak dapat menimbulkan gejala pusing, sakit kepala dan juga vertigo. Nah, dengan manfaat daun binahong ini gejala tersebut, terutama yang disebabkan karena kondisi gegar otak, dapat diminamilisir.

9. Mengobati gusi berdarah

Daun binahong juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati pendarahan pada baian gusi, atau ang sering kita kenal dengan gusi berdarah. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu menempelkan daun binahong tersebut pada bagian gusi yang mengalami pendarahan.

10. Dapat mencerahkan kulit

Kulit yang cerah merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk memperoleh kulit yan gcerah, tak perlu repot – repot membeli produk kecantikan. Anda hanya perlu untuk memanfaatkan daun binahong untuk membantu mencerahkan dan juga menghaluskan kulit anda.

11. Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu manfaat terpenting dari daun binahong bagi kesehatan kita adalah dapat membantu untuk menurunkan kadar kolerstrol. Anda dapat meminum larutan dari daun binahong untuk membantu mengontrol dan juga menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh anda.

Top 1 herbal untuk kolesterol tinggi

  1. Manfaat daun sirsak
  2. Manfaat kentang
  3. Manfaat Semut Jepang
  4. Manfaat Omepros
  5. Manfaat buah mengkudu
  6. Manfaat bawang putih
  7. Manfaat daun afrika
  8. Manfaat mahkota dewa
  9. Manfaat daun binahong
  10. Manfaat susu kedelai
  11. Manfaat bunga pepaya

12. Mencegah munculnya gejala asam urat

Daun binahong ternyata juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya gejala-gejala asam urat. Asam urat memiliki gejala yang amat menyiksa ketika kambuh dan dapat dicegah dengan menggunakan pengobatan dengan manfaat binahong.

13. Mengobati pembengkakan dan radang usus

Terkadang, rasa perih dan juga rasa sakit pada bagian perut juga dapat disebabkan oleh adanya suatu pembengkakn dan juga peradangan pada bagian usus. Dengan minum larutan dari daun binahong, maka pembengkakan dan juga radang usus yang melanda tubuh ada dapat teratasi dengan segera.

14. Menyembuhkan penyakit maag

Anda memiliki riwayat sakit maag? Kalau begitu, daun binahong merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda untuk menyembuhkan gejala-gejala penyakit maag pada tubuh anda.

15. Mengobati dan membersihkan jerawat

Cacah daun binahong lalu tempelkanlah pada bagian-bagian wajah yang berjerawat. Maka, hasilnya sangatlah terlihat, daun binahong akan sangat efektif untuk mengobati dan juga membersihkan wajah anda dari jerawat, sehingga membuat anda akan terlihat lebih segar dan juga bersih.

16. Mencegah stroke

Tak hanya daunnya, umbi dari tanaman binahong pun memiilki manfaat. Salah satu manfaat umbi binahong adalah dapat mencegah terjadinya stroke, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan menyebabkan kelumpuhan.

17. Mengurangi gejala sesak nafas

Tanamn binahong juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obata-obatan herbal yang dapat mengurangi gejala sesak nafas. Minumlah larutan dari daun binahong, maka anda akan sembuh dari gejala-gejala sesak nafas.

18. Mengatasi radang ginjal

Tanaman binahong juga sangat baik manfaatnya untuk mengobati radang pada ginjal anda. Perlu diketahui bahwa radang pada ginjal dapat berakibat buruk, karena berhubungan dengan proses sekresi dan juga proses pencernaan.

19. Mengobati mimisan

Dengan menggunakan daun binahong, anda dapat mengobati mimisan. Caranya adalah dengan memasukkan daun binahong ke dalam lubang hidung yang mengalami mimisan, lalu tunggu hingga pendarahannya berhenti.

20. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Manfaat binahong yang juga paling penting adalah dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan dan juga stamina tubuh anda. Sering-seringlah mengkonsumsi ramuan larutan dari tanaman binahong untuk daya tahan tubuh yang lebih baik.

Top Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

  1. Manfaat vaksin
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat cacing tanah
  4. Manfaat wortel
  5. Manfaat air kelapa
  6. Manfaat omega 9
  7. Manfaat air lemon
  8. Manfaat teratai salju
  9. Manfaat lobster
  10. Manfaat hati sapi

Itulah manfaat dari binahong untuk kesehatan. Semoga artikel mengenai manfaat dari binahong ini dapat membantu menambah wawasan anda.