5 Manfaat Lobak Putih Untuk Gagal Ginjal dan Kesehatan Ginjal Menyeluruh

Manfaat sayur lobak putih atau dalam bahasa Latin disebut dengan Rapharus Sativus merupakan jenis sayuran yang belum terlalu banyak dikonsumsi di wilayah Indonesia. Sayuran ini berbentuk akar yang berasal dari banyak silangan  seperti arugula, kembang kol, selada air dan juga kubis brussel dengan kandungan mineral dan vitamin tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lobak sendiri kini hadir dengan banyak jenis dan varietas lainnya seperti merah muda atau ungu dengan ukuran dan bentuk yang juga berbeda beda. Lobak putih memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin C, kalium, folat, fosfor, manfaat magnesium dan juga sulfur. Mengkonsumsi lobak ini sangatlah penting karena lobak juga memiliki sifat medis yang bisa mengatasi berbagai penyakit seperti salah satunya organ ginjal. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki tugas sangat vital seperti mengatur tekanan darah, memproduksi air seni, mengatur elektrolit, menjaga keseimbangan tubuh yang berbasis asam sekaligus membuang racun dalam tubuh. Jika ginjal mengalami masalah seperti gagal ginjal, maka akan berpengaruh pada sistem tubuh secara keseluruhan. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat lobak putih untuk gagal ginjal?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

  1. Mendetoksifikasi

Lobak putih bisa memberikan manfaat detoksifikasi yang sangat unik yakni bisa memurnikan makanan. Salah satu akar penyebab dari penyakit ginjal kronis seperti gagal ginjal adalah karena tercemarnya darah dalam tubuh sehingga salah satu pengobatan yang dilakukan dalam penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal adalah dengan membersihkan darah. Dari masalah ini, lobak putih sangat baik dikonsumsi untuk memurnikan darah hingga batas tertentu sehingga bisa sangat bermanfaat untuk ginjal secara menyeluruh.

  1. Mengatasi Gangguan Saluran Kemih

Ketika seseorang didiagnosis mengidap penyakit ginjal seperti gagal ginjal, maka kegiatan buang air kecil penderita tidak akan berjalan normal seperti ketika belum mengalami penyakit. Lobak merupakan diuretik alami yang bisa meningkatkan produksi urin penderita. Bahkan, minum jus lobak putih dengan teratur bisa menyembuhkan peradangan dan mengurangi rasa sakit seperti terbakar ketika buang air kecil. Selain itu, lobak putih juga berguna untuk membersihkan organ ginjal, mencegah infeksi ginjal sekaligus meningkatkan sistem kemih. Dengan ini, lobak putih tidak hanya baik dikonsumsi untuk penyakit ginjal biasa namun juga baik dikonsumsi untuk penderita gangguan ginjal.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah Tinggi

Tidak hanya penderita diabetes saja yang dihadapi dengan masalah gula darah tinggi, namun ini juga menjadi masalah dan pantangan untuk penderita gagal ginjal. Kemampuan dalam lobak putih lainnya adalah bisa mengontrol kadar gula darah tinggi sehingga memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis seperti gagal ginjal sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita dan meningkatkan kemampuan resistensi penyakit mereka.


  1. Desinfektan dan Pembersih

Lobak putih juga sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah baik berupa salad atau jus lobak putih mentah karena merupakan desinfektan dan pembersih alami yang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang menumpuk pada organ ginjal dan juga darah nantinya bisa berkurang sekaligus mengurangi kinerja ginjal sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi sehingga mengurangi infeksi pada ginjal.

  1. Mengurangi Ekskresi Kalsium Urin

Selain manfaat daun sukun untuk ginjal, lobak putih tidak hanya berguna untuk gagal ginjal, namun bisa mengatasi infeksi saluran kemih, batu ginjal, retensi cairan dan juga gangguan kandung empedu. Jus lobak putih mentah bisa memecah batu ginjal khususnya kalsium oksalat dan juga mencegah pembentukannya kembali karena manfaat potasium dalam lobak putih yang bisa mengurangi ekskresi kalsium pada urin. Hal ini juga didukung dengan penelitian ilmiah yang sudah dipublikasikan dimana dalam hasil penelitian tersebut diungkapkan jika diet lobak bisa meningkatkan ekskresi kalsium oksalat urin sebagai sumber pembentukan batu ginjal dan masalah organ ginjal lainnya seperti gagal ginjal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran