Manfaat Seledri Untuk Asam Urat Dan Kolesterol Paling Ampuh

Setiap jenis tanaman diketahui memiliki manfaatnya masing-masing untuk dapat digunakan dan dimanfaatkan, salah satunya yakni tanaman seledri. Tanaman yang memiliki nama latin Apium graveolens L. ini memang tidak seperti bayam yang dapat dijadikan sayuran pokok padasuatu jenis hidangan. Seledri biasanya hanya dijadikan sebagai sayuran tambahan, atau hiasan untuk mempercantik hidangan atau dimanfaatkan sebagai tambahan aroma hidangan. Berbeda dengan di negara Eropa, di Eropa seluruh bagian dari tumbuhan seledri dimanfaatkan dengan baik, bahkan sampai umbi seledri.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Seledri

Di dalam batang dan daunnya yang kecil, seledri memiliki kandungan seperti glikosida, apiin, apiol, dan flavonoid, kandungan lain seperti zat besi, fosfor, kalsium dan juga beberapa vitamin juga terdapat di dalam seledri. Kandungan yang terdapat di dalam seledri tersebut,tidak hanya menimbulkan aroma yang dapat menambah kenikmatan makanan, namun juga dapat dimanfaatkan sebagai obat. Diketahui bahwa, beberapa kandungan dalam daun seledri tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi asam urat.

artikel terkait: manfaat rebusan daun seledrimanfaat daun seledri untuk ginjalmanfaat daun seledri untuk diet

Manfaat Seledri Untuk Asam Urat dan Kolesterol

Penderita asam urat biasanya akan merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuhnya yang terlalu banyak kandungan asam di dalamnya. Beberapa kandungan di dalam seledri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit asam urat yang terjadi. Kandungan utama yang dapat mengatasi asam urat yakni glikosida yang terdapat di dalam seledri tersebut. Efek yang ditimbulkan oleh seledri dalam mengatasi asam urat diantaranya:

  1. Mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena terjadinya peradangan pada sendi.
  2. Mencegah terjadinya peradangan pada tulang dan sendi.
  3. Menambah kandungan kalisum pada tulang untuk membantu menguatkan tulang

Kandungan di dalam seledri, terutama kandungan glikosida sangat efektif dalam mengatasi asam urat yang terjadi.

artikel terkait: manfaat belut putihmanfaat seledrimanfaat ashibata selederi jepang

Cara Pengolahan Seledri Untuk Mengatasi Asam Urat

Sebagai fungsinya untuk mengatasi asam urat, daun seledri dapat dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu. Namun juga dapat dikonsumsi secara langsung, sesuai dengan keinginan penderita asam urat. Beberapa cara mengkonsumsi seledri diantaranya:

  1. Dikonsumsi Secara Langsung

Jika pernah memakan kemangi mentah, berarti juga dapat mengkonsumsi daun seledri secara mentah. Daun seledri juga sedap untuk dijadikan lalapan, seperti daun kemangi. Manfaat yang diperoleh, tidak hanya menimbulkan rasa dan aroma yang khas, namun juga dapat mengatasi asam urat.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rambut


  1. Rebusan Seledri

Beberapa orang mungkin tidak doyan mengkonsumsi seledri dalam keadaan mentah. Biasanya, seledri akan diambil sarinya, dengan ara merebus daun seledri selama beberapa saat dan menyisakan sebagian kecil airnya untuk nantinya dikonsumsi secara rutin. Sebagai contohnya, seikat daun seledri direbus dalam 3 gelas air, rebus hingga airnya tinggal 1 gelas saja. Segelas air tersebut yang nantinya akan rutin diminum untuk mengatasi masalah asam urat yang terjadi.

artikel terkait: manfaat dengkuran kucing

  1. Mengkonsumsi Rebusan Biji Seledri

Tidak hanya daunnya, seledri juga memiliki biji yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat. Sama dengan cara merebus daun seledri, cukup satu sendok biji seledri yang direbus ke dalam tiga gelas air. Kemudian dididihkan hingga tersisa satu gelas saja. Setelah disaring, air rebusan biji seledri tersebut dapat diminumsecara rutin untuk mengurangi masalah asam urat.

artikel terkait: manfaat minyak kemiri untuk rambut

  1. Jus Seledri

Seperti sayuran lainnya, seledri juga dapat dijadikan jus. Hanya dengan ditambahkan air dan juga sedikit gula, seledri dapat dinikmati sekaligus sebagai bahan alami mengatasi asam urat.

artikel terkait: manfaat daun suruhan

Seledri biasanya hanya digunakan sebagai sayuran pelengkap dalam suatu hidangan. Namun, tidka hanya melengkapi hidangan, seledri juga dapat melengkapi kebutuhan penderita asam urat dalam mengatasi masalah asam urat yang terjadi. Dengan memanfaatkan seledri secara rutin, asam urat yang dihadapai dapat teratasi.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal