11 Manfaat Okra Untuk Asam Urat dan Pengelolahannya

Tanaman Okra memiliki nama sapaan yaitu ladyfingers, latar belakang pemberian nama ini adalah karena bentuknya yang panjang dan ujungya meruncing cantik seperti jemari perempuan. Masyarakat Indonesia belum terlalu mengenal jenis sayuran Okra ini, itulah sebabnya merapa khasiatnya pun menjadi kurang populer. Beberapa waktu belakangan, masyarakat mulai mengetahui bahwa tanaman Okra memiliki khasiat untuk berbagai penyakit, termasuk asam urat. Oleh karena itu, sudah cukup banyak juga yang mencari manfaat Okra untuk asam urat. Manfaat okra untuk menyembuhkan penyakit ini tidak dapat dipungkiri merupakan pengaruh dari kandungannya. Apa sajakah kandungan nutrisi dalam tanaman Okra? Simak penjelasannya pada bagian berikutnya:

Kandungan Nutrisi dalam Tanaman Okra yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Setiap tanaman yang memiliki khasiat untuk kesehatan, biasanya akan memiliki kandungan nutrisi yang baik juga. Hal ini pun dimiliki oleh tanaman Okra. Kandungan nutrisi Okra sangat kaya akan beberapa zat serta senyawa berikut ini:

  • Air, okra memang mayoritas mengandung air yang baik untuk menjaga kesehatan sendi dan otot. (baca juga: Manfaat Jelly Gamat)
  • Kalium, kalium merupakan kandungan okra yang juga sangat dibutuhkan agar sendi dan otot tetap sehat.
  • Protein, protein dalam okra memiliki manfaat tidak langsung untuk asam urat, yaitu menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. (baca juga: Manfaat Pare Untuk Asam Urat)
  • Karbohidrat, walau tidak banyak jumlahnya, okra yang dikonsumsi pun dapat menyumbangkan kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.
  • Fosfor, zat mineral lain yang bermanfaat untuk tubuh dari okra adalah fosfor. Kandungan fosfor ini penting untuk menjaga sendi dan otot pun tetap kuat. (baca juga: Manfaat Buncis)

Itulah tadi beberapa kandungan utama dari tamanan okra. Setelah mengetahui mengenai kandungan dalam okra tersebut, maka menjadi menarik untuk mengetahui apa sajakah manfaat okra untuk asam urat. Simak penjelasannya berikut ini.

Artikel Terkait:

  1. Meningkatkan Kerja Ginjal untuk Menyerap Kadar Asam Urat

Manfaat pertama tanaman okra terkait penyembuhan asam urat adalah untuk meningkatkan kerja ginjal agar tidak ada kadar asam urat yang tidak terserap. Jika kadar asam urat banyak yang tidak terserap, maka sangat wajar jika penyakit asam urat dapat menyerang di beberapa sendi tubuh. Permasalahan mengenai asam urat ini harus ditangain segera dengan memaksimalkan kinerja ginjal. Jika ginjal mampu menyerap kadar asam urat dengan baik, maka asam urat pun dapat dicegah dengan efektif. (baca juga: Manfaat Semangka untuk Asam Urat)

  1. Mengurangi Nyeri Sendi

Selanjutnya, tanaman okra pun memiliki kandungan yang mampu mengurangi rasa nyeri yang sering muncul di beberapa sendi. Jika anda rutin mengonsumsi tanaman okra, maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan nyeri sendi yang anda rasakan. Oleh sebab itu, konsumsilah tanaman okra ini dengan rutin dan dapatkan tubuh yang bebas dari nyeri sendi. (baca juga: Manfaat Barley)

  1. Mencukupi Kebutuhan Serat

Kebutuhan serat yang tercukupi dengan baik dapat membantu proses penyerapan kandungan makanan yang dikonsumsi. Dalam hal ini, jika kebutuhan serat banyak, maka kadar asam urat dalam makanan pun dapat diserap dengan baik oleh ginjal. Itulah mengapa salah satu manfaat okra untuk asa urat adalah berkaitan dengan pencukupan kebutuhan serat dengan baik. (baca juga:Manfaat Tomat untuk Asam Urat)

  1. Mencegah Asam Urat Kambuh Kembali

Terakhir, tanaman okra pun mampu mencegah asam urat tidak kambuh kembali. Hal ini berkaitan dengan khasiat tanaman okra untuk mencegah nyeri sendi, menyerap kadar asam urat dengan maksimal, dan mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh. Berdasarkan manfaat-manfaat di atas, maka kesehatan tubuh yang terjaga dari asam urat pun dapat dilindungi dan ditingkatkan. (baca juga: Manfaat Nanas untuk Asam Urat)

Tanaman Okra Menjadi Ramuan Obat untuk Penyembuhan Asam Urat

Tanaman okra dapat anda beli langsung, jika memang sudah ada produk herbalnya di toko-toko obat terdekat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa mengolah tanaman okra sendiri menjadi ramuan obat mendatangkan kepuasaan tersendiri. Kepuasaan ini berkaitan dengan pembuktian bahwa memang tanaman okra adalah obat alami. Bagaimanakah anda dapat mengolahnya menjadi ramuan obat? Berikut ini langkah-langkah pembuatan yang harus anda pelajari:


  1. Pertama, tentunya anda perlu menyiapkan sejumlah okra. Biasanya anda membutuhkan sekitar 4 sampai 5 buah okra untuk satu kali konsumsi. (baca juga: Manfaat Pisang untuk Asam Urat)
  2. Kedua, setelah buah okra berhasil anda dapatkan maka potonglah menjadi bagian kecil-kecil yang memudahkan pengolahan selanjutnya dari tanaman ini.
  3. Ketiga, rendamlah okra tersebut dalam sejumlah air. Untuk 5 buah okra dibutuhkan dua gelas air sedang dan untuk jumlah buah okra lainnya silahkan disesuaikan.
  4. Keempat, masukanlah air rendaman okra tersebut kedalam pendingin (kulkas). Waktu pendinginan ini kurang lebih 3 jam lamanya. (baca juga: Manfaat Buah Naga Merah Untuk Asam Urat)
  5. Kelima, anda dapat mengeluarkan rendaman dari kulkas setelah 3 jam. Anda akan menemukan air rendaman telah berubah tekstur menjadi seperti lendir.
  6. Keenam, anda perlu untuk menyaring ampas dari buah okra untuk memisahkannya dari air yang akan anda konsumsi. Gunakanlah saringan yang cukup besar untuk dapat menyaring air lendir tersebut.
  7. Ketujuh, konsumsilah air hasil penyaringan tersebut. Teksturnya memang seperti lendir namun anggap saja seperti anda sedang meminum minuman dari lidah buaya. Konsumsilah ramuan obat okra ini secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan jauh dari penyakit asam urat. (baca juga: Manfaat Pare)

Artikel Lainnya:

Demikianlah tadi beberapa informasi mengenai manfaat okra untuk asam urat dan bagaimana pengolahannya serta apa saja kandungannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga yang sedang dalam upaya penyembuhan penyakit asam urat. Selamat mencoba dan semoga anda dapat segera pulih kembali dari penyakit asam urat anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran