16 Manfaat Petai Selong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Petai selong atau petai cina atau lamroto adalah sejenis tanaman perdu yang seringkali digunakan sebagai pencegah erosi. Tanaman ini berasal dari Amerika bagian tropis yang sudah tumbuh sejak lama, kemudian di bawa ke Jawa untuk keperluan kehutanan serta pertanian. Namun, petai selong ini ternyata tidak hanya sekedar tanaman penahan erosi saja, tetapi juga menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit kita. Berikut ini akan kami berikan manfaat petai selong secara lengkap untuk kamu.

Nutrisi Petai Selong

Dalam petai selong memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, kecantikan dan juga menjaga kesehatan tubuh. Dalam petai selong mengandung fosfor, besi, tanin, protein, falvonoid, mimosin, leukanin, saponin, vitamin B1, vitamin A, vitamin C, lemak, kalsium dan juga protein yang semuanya ini sangat bermanfaat untuk tubuh.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Psoriasis

Psoriasis yang merupakan salah satu jenis penyakit kulit ini memang tidak menular, akan tetapi bisa menjangkiti seluruh permukaan tubuh dan proses penyembuhannya sendiri juga terbilang cukup lama. Penyakit kulit psoriasis ini akan menimbulkan rasa gatal, kulit berubah menjadi kasar, kering dan juga berwarna agak kemerahan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghaluskan petai selong lalu mengoleskannya langsung ke permukaan kulit kamu atau juga bisa menggunakan daun petai selong yang dihaluskan serta mengkonsumsi petai selong secara langsung.

  1. Membasmi Cacing

Petai selong juga bisa digunakan untuk mengatasi cacingan seperti cacing cincin atau cacing gelang. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yakni dengan mengkonsumsi petai selong secara langsung. Penggunaan petai selong untuk mengatasi cacingan juga sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat Tionghoa sehingga sudah terbukti ampuh untuk mengatasi penyakit ini.

  1. Menyembuhkan Herpes

Petai selong juga bisa menjadi solusi herbal untuk menyembuhkan herpes yang merupakan salah satu jenis penyakit kulit. Cara penggunaannya, haluskan 30 gram petai selong bersama dengan 1 siung bawang putih lalu balur pada kulit yang terkena herpes dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Diabetes

Untuk mengatasi diabetes secara alami, kamu juga bisa menggunakan petai selong sebagai pengobatan alternatif. Petai selong akan menurunkan kadar gula dalam darah serta lebih meningkatkan kinerja dari pankreas sekaligus menghasilkan hormon insulin. Dari penelitian yang dilakukan membuktikan jika petai selong bisa memberikan efek nekrotik atau efek anti diabetes.

Caranya, seduh 5 gram petai selong yang sudah dihaluskan dengan 1 cangkir air panas dan tunggu sampai tidak terlalu panas. Minum ramuan ini 30 menit sebelum kamu makan dan lakukan sebanyak 2 kali sehari.


  1. Mengobati Abses dan Bisul

Abses dan bisul adalah masalah pada kulit yang terjadi karena radang serta permukaan kulit yang stress. Gunakan petai selong sebagai penyembuhan abses, bisul serta memar pada kulit dengan cara rebus 10 gram petai selong bersama dengan daun lamtoro serta 750 ml air. Rebus sampai tersisa 250 ml saja dan tunggu dingin lalu minum air rebusan setiap pagi selagi hangat.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan Menstruasi

Para wanita seringkali mengeluh tentang menstruasi yang tidak lancar. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengkonsumsi petai selong secara rutin khususnya saat jadwal menstruasi kamu sudah mendekat.

  1. Pencegah Kanker

Kanker yang menjadi salah satu penyakit berbahay, ternyata juga bisa di cegah dengan memanfaatkan petai selong. Kandungan antioksidan tinggi dalam petai selong akan menangkal berbagai radikal bebas penyebab dari kanker. Cara menggunakannya juga cukup mudah, hanya tinggal rajin mengkonsumsi petai selong secara rutin setiap hari.

  1. Mencegah Peradangan Ginjal

Supaya kamu bisa terhindar dari radang ginjal dan juga pembengkakan atau dikenal dengan nama oedem yang berbahaya ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan petai selong yakni dengan mengkonsumsi petai selong secara rutin setiap hari.

  1. Meningkatkan Libido

Petai selong ternyata tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit saja, namun juga bisa menambah gairah seks seseorang. Untuk membuat ramuan ini caranya adalah dengan mencampur 1 sendok makan biji petai selong yang sudah dihaluskan bersama dengan 1 sendok teh lada hitam dan 2 kuning telur ayam kampung serta 1 sendok makan madu mentah alami. Minum campuran ini sampai habis setiap hari dan lakukan secara teratur.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Berat Badan

Di dalam petai selong terkandung ekstrak metanol yang akan membantu kamu mendapatkan berat badan ideal secara alami. Cara penggunaannya hanya harus mengkonsumsi petai selong ini setiap hari secara teratur dan tentunya diimbangi dengan olahraga yang teratur juga.

  1. Obat Kencing Manis

Petai selong juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kencing manis dengan cara mengeringkan biji petai selong lalu dihaluskan menjadi bubuk dan campur 1 sendok bubuk petai selong tersebut bersama dengan 1/2 cangkir air panas lalu minum sampai habis dan lakukan setiap hari sampai sakit kencing manis yang di derita bisa sembuh total.

  1. Luka Teriris

Jika kamu mengalami luka teriris pisau, benda tajam atau luka karena terjatuh, maka bisa diatasi dengan mudah yakni menggunakan petai selong. Caranya, haluskan biji petai selong sampai halus dan balur pada luka tersebut.

  1. Mengatasi Sulit Tidur

Sulit tidur atau dikenal dengan nama insomnia bisa diatasi dengan cara mudah sekaligus murah yakni dengan merebus biji serta daun petai selong dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas lalu minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari dengan takaran 1 gelas setiap kali minum.

Artikel terkait:

  1. Menghaluskan Kulit

Petai selong juga bisa kamu manfaatkan supaya kulit bisa halus dan lembut yakni dengan menghaluskan petai cina sampai halus lalu gunakan untuk lulur saat mandi sambil lakukan sedikit pijatan supaya nutrisi dari petai selong bisa meresap ke dalam kulit.

  1. Mengatasi ketombe

Untuk kamu yang memiliki masalah rambut yakni ketombe juga bisa diatasi dengan menggunakan petai selong ini. Caranya adalah dengan menghaluskan biji petai selong atau daun petai selong dan oleskan pada rambut dari mulai kulit kepala sampai ujung rambut lalu diamkan beberapa menit dan bilas seperti biasa. Kandungan anti bakteri dan anti jamur yang ada pada petai selong akan mengatasi ketombe dengan cara efektif serta alami.

  1. Meredakan Nyeri

Dalam tanaman petai selong mengandung sifat analgesia yang sangat tinggi dan berfungsi untuk meredakan rasa nyeri secara alami, sakit pada leher, tendonitis dan berbagai rasa nyeri lainnya. Kamu bisa menghaluskan buah atau daun petai selong yang dijadikan sebagai obat oles lalu tambahkan dengan pijatan lembut dan diamkan beberapa saat lalu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, sampai rasa nyeri hilang.

Artikel terkait:

Demikian ulasan dari kami tentang manfaat dari petai selong yang sering dianggap remeh dan hanya sebagai tanaman pelindung atau pencegah erosi, namun membuktikan jika petai selong memiliki manfaat jauh lebih besar dari itu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 11th, July 2017 / 11:42 Oleh :
Kategori : Tumbuhan