7 Manfaat Terapi Ikan Bagi Kesehatan

Konsep terapi ikan memang berkembang sejak beberapa tahun yang lalu. Entah siapa yang memulai terapi ikan ini tapi banyak orang yang mengatakan jika terapi ini sangat nyaman. Beberapa orang tua yang sering merasa lelah mengatakan jika terapi ini akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Ikan-ikan yang menggigit kaki yang dimasukkan dalam kolam akan membuat kaki menjadi lebih nyaman dan ringan. Entah apakah ini mitos atau hanya karena sugesti atau pengaruh pikiran saja. Tapi beberapa hal dibawah ini akan membuktikan bahwa terapi ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Jenis Ikan untuk Terapi

Jenis ikan yang digunakan untuk terapi bukan ikan sembarangan biasa. Beberapa jenis ikan yang digunakan untuk terapi adalah ikan Gara rufa yang berasal dari Turki dan ikan nilem yang didapatkan dari Indonesia. Ikan-ikan ini sengaja dikembangbiakkan untuk menjadi pengisi kolam terapi. Ikan akan bekerja dengan mengigit kulit kaki orang yang melakukan terapi. Namun tidak semua orang akan merasakan gigitan yang banyak. Beberapa orang juga sangat sedikit menerima gigitan ikan. Terapi ini bisa dilakukan di dalam ruangan dan juga di luar ruangan. Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa terapi ini sangat baik untuk kesehatan.

Ada banyak orang yang berbicara mengenai manfaat terapi ikan. Jika Anda belum mencoba atau takut mencoba maka Anda bisa mulai untuk melakukan terapi ikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat terapi ikan.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Ketika ikan-ikan menggigit kulit kaki maka mereka mengeluarkan sebuah enzim yang dinamakan dithranol. Enzim ini bisa membantu ikan mengelupas sel kulit mati pada bagian kaki secara alami. Sel kulit mati memang tidak bagus untuk kesehatan. Selain itu, gigitan dari ikan ini juga akan membantu kulit kaki agar menjadi lebih sehat karena sel-sel kulit yang sudah keluar dan membentuk proses pertumbuhan kulit yang lebih baik lagi. Efeknya adalah ketika keluar dari kolam maka kulit kaki akan menjadi lembab dan sehat.

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, bisa juga dilakukan dengan :

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Efek dari terapi ikan juga sangat baik untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Gigitan ikan pada bagian kaki bisa membuat reaksi saraf yang sangat bagus. Hal inilah yang membuat kaki Anda menjadi lebih ringan saat keluar dari kolam. Manfaat ikan juga memberikan pijatan yang sangat lembut untuk kaki sehingga Anda merasa kaki menjadi tidak lelah dan lebih menyenangkan saat untuk berjalan.

Untuk memperlancar sirkulasi darah bisa diperoleh dari :

3. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka di kaki memang sangat memalukan. Berbagai bekas luka tidak mudah hilang karena pembentukan jaringan kulit di sekitar luka memang tidak bisa terbentuk sempurna. Manfaat terapi ikan, ketika ikan menggigit dan mengeluarkan enzim maka secara tidak langsung gigitan yang mengenai luka akan membantu pertumbuhan jaringan baru yang lebih sehat. Semua sel kulit mati pada bagian luka juga akan hilang.

Sejumlah khasiat bahan alami untuk menghilangkan bekas luka lainnya yakni :

4. Menenangkan Pikiran

Banyak orang yang stress karena berbagai macam masalah atau tekanan pekerjaan. Tekanan ini harus diolah agar tidak merusak sistem tubuh karena banyak penyakit yang disebabkan oleh stres. Ketika Anda melakukan terapi ikan di tempat yang tenang dan menyenangkan maka secara otomatis Anda juga merasa tenang. Sensasi gigitan ikan yang menimbulkan rasa menyenangkan juga sangat baik untuk tubuh dan mental Anda. Anda juga bisa menikmati hari libur keluarga sehingga sesaat bisa melupakan semua pikiran dan tekanan.

Tidak hanya terapi ikan namun sejumlah kegiatan lain mampu menenangkan pikiran seperti :

5. Membuat Otot Kaki Lebih Nyaman

Jika terbiasa bekerja keras dan lebih banyak waktu untuk menempuh perjalanan maka bisa mulai melakukan terapi ikan. Sentuhan dan gigitan ikan menimbulkan efek yang sangat menyenangkan. Terkadang beberapa gigitan ikan menyentuh dan mengenai ujung-ujung saraf di kaki. Hal inilah yang akan membuat ada sensasi mengejutkan.

Bila dilakukan selama beberapa waktu maka gigitan ikan terasa seperti pijatan seperti manfaat refleksi kaki. Pijatan inilah yang akan membuat kaki menjadi lebih santai.

6. Membuat Tidur Menjadi Nyenyak

Apakah sering mengalami gangguan tidur? Gangguan tidur memang bisa terjadi secara umum untuk semua orang termasuk anak-anak dan orang tua. Salah satu penghambat tidur yang kurang nyenyak adalah lelah otot dan tekanan pada syaraf. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mencoba manfaat terapi ikan. Ikan akan memberikan gigitan lembut yang bersifat seperti pijatan sehingga setelah terapi akan merasa lebih segar dan nyaman.

Beberapa hal lainnya yang membuat tidur lebih nyenyak yaitu :

7. Menurunkan Lemak dalam Tubuh

Lemak memang tidak baik untuk tubuh terutama jika memiliki lemak berlebihan. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mencoba untuk melakukan terapi ikan. Terapi ikan akan menggigit beberapa bagian kaki secara menyeluruh. Efek gigitan ikan untuk menurunkan lemak memang tidak terjadi secara langsung. Efek ini terjadi ketika otot dan syaraf pada bagian kaki mendapatkan pijatan lembut dan membuat sistem ini berjalan untuk semua anggota tubuh.

Akibatnya maka pijatan ikan ini juga bisa melancarkan proses metabolisme sehingga kandungan lemak dalam tubuh Anda tidak terlalu banyak.

Khasiat untuk penurunan lemak juga didapatkan dari :

Tips Saat Melakukan Terapi Ikan

Manfaat terapi ikan untuk kesehatan memang sangat besar. Ada banyak manfaat yang selama ini mungkin tidak pernah kita duga. Ikan-ikan kecil bisa membuat kulit dan kaki menjadi lebih nyaman. Namun untuk menghindari efek samping maka ikuti beberapa tips dibawah ini saat akan terapi :

1. Pilih tempat terapi ikan yang benar-benar bersih dan nyaman. Anda bisa mencoba terapi ikan di pusat perbelanjaan atau tempat wisata lain. Tapi jika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, maka sebaiknya pilih tempat yang santai dan banyak memiliki pemandangan alam.

2. Meskipun ingin menyembuhkan keluhan tapi usahakan kondisi tubuh benar-benar sehat saat terapi. Gigitan ikan mungkin sedikit akan membuat kaki menjadi merah atau lecet kecil, karena itu jika tubuh sedang lemah mungkin Anda mudah terkena penyakit.

3. Saat melakukan terapi pilih kolam yang benar-benar nyaman atau tidak terlalu penuh, jadi Anda bisa melihat bahwa ikan-ikan bekerja maksimal untuk kaki Anda.

4. Meskipun terapi ikan menimbulkan efek yang nyaman, namun sebaiknya terapi dilakukan sesuai dengan kebutuhan saja. Jangan sampai berlebihan saat terapi karena tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Jika ingin menghilangkan stress sambil terapi maka pilih tempat terapi yang menyediakan wisata sehingga perjalanan Anda menjadi lebih lengkap.

Terapi ikan memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Namun jika Anda mengharapkan hasil yang lebih cepat maka mungkin tidak akan bisa. Jadi, terapi ini membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 20th, August 2015 / 07:06 Oleh :
Kategori : Hewan