11 Manfaat Dengkuran Kucing Bagi Manusia dan Kesehatan

Kucing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang. Hewan ini digemari karena tampangnya yang imut dan tingkah lakunya yang amat lucu. Selain sebagai hewan peliharaan, beberapa jenis kucing juga dikomersialkan. Jika anda memeluk kucing, pastinya anda akan mendengar suara dengkuran. Tetapi, tahukah anda bahwa dengkuran kucing sangat bermanfaat untuk kita? Jika anda mengetahui berbagai manfaatnya, pastinya kecintaan anda dengan hewan satu ini akan bertambah. Anda pasti penasaran kan manfaat dengkuran kucing untuk manusia? Untuk mengobati rasa penasaran anda yuk kita simak ulasan di bawah ini.

Baca juga:

1. Meredakan Stres

Siapa yang tidak terpesona dengan tingkah lucu kucing? Dengan tingkahnya yang menggemaskan, hewan ini mampu membuat semua orang yang melihat jatuh hati kepadanya. Ternyata, tanpa kita sadari saat kita menikmati tingkah lucu mereka maka akan meningkat pula suasana hati kita sehingga hati kita merasa lebih gembira. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Cats Protection, sekitar 76% dari subjek penelitian mereka yang berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan kucing mengaku bahwa secara perlahan stres yang mereka rasakan perlahan menghilang. Jadi, bermainlah dengan kucing jika anda tidak ingin stres menghampiri.

2. Menurunkan Tekanan Darah/Hipertensi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa mendengar dengkuran kucing dan menikmati tingkah lucu mereka dapat menurunkan tingkat stres. Dengan tubuh dan pikiran yang relaks maka secara otomatis tubuh juga merespon dengan cara menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu, mendengar dengkuran kucing juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah. Jadi, anda tidak perlu mengkonsumsi apapun untuk menurunkan tekanan darah. Cukup bersantai dan bermain dengan kucing anda. Lalu, bagaimana dengan orang yang tekanan darahnya sudah rendah? Tenang, tekanan darah seseorang yang hati dan pikirannya relaks akan bersada pada kisaran normal.

Baca juga:

3. Tampak Lebih Muda

Seseorang yang menanggung beban berat dalam hal ini stres biasanya terlihat pada raut mukanya. Orang yang stres cenderung memiliki raut yang sedih dan kusam, sedangkan orang yang bahagia akan tampak pada raut mukanya yang berseri-seri. Dengan wajah yang berseri-seri maka seseorang akan tampak lebih muda. Salah satu cara menghilangkan stres adalah bermain dan mendengar dengkuran kucing. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa dengkuran kucing secara tidak langsung mampu membuat wajah anda tampak lebih muda. Jadi, bagi anda yang ingin awet muda, yuk bersantai sejenak dengan kucing. Luangkan sedikit saja waktu anda dari rutinitas harian dan habiskan bersama hewan peliharaan yang satu ini.

4. Menghindari Penyakit Jantung

Mengapa dengkuran kucing dapat menghindari penyakit jantung? Lagi-lagi stres menjadi pokok bahasannya. Stres merupakan salah satu pemicu terjadinya serangan jantung. Seseorang yang menderita penyakit jantung pastinya dilarang menerima kabar yang mengejutkan. Hal ini dikawatirkan ketika menerima kabar tersebut si penderita terlalu senang atau sedih yang berlebihan. Secara tidak sadar hal ini dapat menimbulkan stres yang pada akhirnya memicu terjadinya serangan jantung. Karena dengkuran kucing dapat meredakan stres maka secara tidak langsung dengkuran ini juga bermanfaat untuk menghindari penyakit jantung.


Baca juga:

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seseorang yang rutin berinteraksi dengan kucing maka sistem imun tubuhnya akan meningkat pula. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi jika anak anda sering sakit akibat alergi. Cukup berikan saja ia hewan peliharaan berupa kucing.

6. Menyembuhkan Infeksi

Kekebalan tubuh yang meningkat membuat respon tubuh terhadap infeksi juga meningkat sehingga ketika seseorang terkena infeksi maka ia akan cepat sembuh. Kekebalan tubuh seperti ini juga bisa kita dapatkan dari rutinnya berinteraksi dengan kucing dan mendengarkan dengkurannya. Oleh karena itu, secara tidak langsung dengkuran kucing juga membantu menyembuhkan infeksi.

Baca juga:

7. Menurunkan Gejala Sesak Nafas

Banyak orang yang mengira bahwa berinteraksi dengan kucing dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Padahal hal ini sangat berkebalikan dengan fakta penelitian. Berdasarkan suatu studi telah dibuktikan bahwa interaksi antara kucing dan anak di usia pertama kehidupannya justru membantu anak tersebut melawan infeksi termasuk di dalamnya infeksi pada saluran pernafasan. Salah satu penyakit pernafasan yang dapat diatasi adalah gejala sesak nafas.

8. Menyembuhkan Tulang

Suara dengkuran kucing juga bermanfaat untuk tulang. Terdapat 2 (dua) rentang frekuensi yang dapat dimanfaatkan manusia. Pertama pada rentang frekuensi 25-50 Hz (Herzt), pada rasio ini dengkuran sangat berguna dalam terapi kesehatan tulang. Kedua pada rentang frekuensi 200 Hz, pada skala ini terjadi peningkatan proses penyembuhan tulang. Nah, sebaiknya bagi anda yang baru saja mengalami patah tulang atau sudah berada pada usia yang renta sering-seringlah berinteraksi kucing anda.

Baca juga:

9. Menyembuhkan Bengkak

Banyak terapis kesehatan yang sudah menggunakan hewan sebagai alat bantu terapi. Meskipun demikian, sebagian dokter ada yang sudah mengakui kemampuan para hewan tersebut untuk membantu manusia dalam menyembuhkan penyakit. Mulai dari lintah, semut, lebah, atau yang lainnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat akan dibuka klinik yang memanfaatkan kucing sebagai alat bantu terapi. Hal ini karena dengkuran kucing yang baik untuk kesehatan. Salah satu kemampuan dengkuran kucing adalah mampu menyembuhkan infeksi dan bengkak.

Baca juga:

10. Menyembuhkan Cidera Otot

Selain untuk terapi tulang, ternyata frekuensi dengkuran kucing juga bermanfaat untuk menyembuhkan cidera otot pada manusia.

11. Menurunkan Resiko Stroke

Pada sebuah jurnal neurologi dikemukakan bahwa seseorang yang memelihara kucing bisa menurunkan resiko jantung dan stroke. Penyakit stroke banyak dipicu oleh penyakit jantung. Jika mendengar dengkuran dan berinteraksi dengan kucing dapat mengatasi penyakit jantung maka resiko stroke pun juga dapat diturunkan.

Manfaat dengkuran kucing pada manusia membawa dua manfaat sekaligus yaitu relaksasi dan kesehatan. Jadi, jangan ragu lagi untuk berinteraksi dengan mereka.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 15th, July 2017 / 04:43 Oleh :
Kategori : Hewan