7 Manfaat Lacto B pada Anak dan Balita

Setiap ibu pasti menginginkan buah hatinya selalu sehat dan tumbuh dengan baik. Setiap ibu pun pasti akan merasa bertanggung jawab ketika buah hatinya mendadak terkena penyakit apapun itu. Sang ibu pasti akan berusaha untuk menyembuhkan anaknya dengan berbagai macam upaya. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang balita adalah penyakit diare. Penyakit ini memang nampak sederhana dan biasa-biasa saja. Akan tetapi ketika seorang bayi merasakan penyakit ini, ia merasa sangat tidak nyaman dengan penyakit tersebut dan akan berakibat buruk pada bayi jika penyakitnya tak kunjung disembuhkan.

Banyak cara untuk menyembuhkan diare seorang bayi, mulai dari beberapa obat yang terdapat di pasaran hingga kemudian membawanya ke dokter. Ada salah satu obat yang bisa menyembuhkan bayi dari permasalahan diarenya. Obat tersebut adalah lacto b.  Lacto B merupakan sebuah probiotik. Ia bersifat seperti vitamin yang memiliki kegunaan salah satunya adalah obat diare bagi balita. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat lacto B pada anak :

1. Melindungi sistem pencernaan

Manfaat utama dari probiotik ini adalah melindungi sistem pencernaan. Karena di dalam probiotik ini, ia memiliki zat-zat yang baik untuk kesehatan pencernaan manusia. Maka dari itulah ia memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari sistem pencernaan itu sendiri.

2. Menghambat bakteri yang merugikan

Di dalam Lacto B ini terkandung Lactic Acid Bacterial yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan asam organik. Asam organik yang dihasilkan oleh Lactic Acid Bacterial memiliki kegunaan untuk menghambat bakteri yang merugikan pada usus. Selain itu, ketika bakteri yang merugikan itu pertumbuhannya dapat terhambat, maka ia akan mampu membuat keseimbangan flora pada usus.

3. Menghidrolisa Laktosa menjadi glukosa dan galaktosa

Di dalam lacto B, selain mengandung lactic acid bacterial yang saya sebutkan tadi, ia juga mengandung lactobacilli. Unsur ini mampu menghasilkan enzim Beta-galaktosidase yang mampu menghidrolisa laktosa menjadi glukosa dan galaktosa.

4. Mengurangi lactose intolerance

Probiotik lacto B ini juga mampu mengurangi lactose intolerance atau dalam penjelasan sederhananya adalah diare yang terjadi akibat mengkonsumsi susu formula yang mengandung laktosa. Lacto B memiliki manfaat semacam ini.

5. Menyeimbangkan Flora Usus

Seperti yang sudah saya jelaskan di poin pertama dari beberapa poin ini, lacto b bisa membuat keseimbangan flora di dalam usus. Hal ini memungkinkan karena lacto b ini memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk tubuh dan usus.

6. Membantu menormalkan fungsi GI

Salah satu fungsi yang lain dari lacto B ini adalah membantu menormalkan fungsi GI yang berhubungan dengan pencernaan manusia.

7. Mengoptimalkan pertumbuhan pada anak

Dalam pengobatan diare menggunakan lacto B, dosis yang mesti berikan pada anak ketika hendak mengkonsumsi obat ini adalah berdasar pada berapa umur anak anda. Jika umurnya di bawah satu tahun maka anda bisa memberikannya 2 sachet saja perhari. Akan tetapi ketika anda memiliki anak yang berumur antara 1-6 tahun, anda bisa memberikannya 3 sachet perhari.

Begitu juga ketika anak anda mau mengkonsumsinya secara langsung, maka anda bisa memberikannya secara langsung. Akan tetapi jika anak anda tidak mau mengkonsumsi obat tersebut secara langsung, anda bisa mencampurnya dengan makanan yang hendak dimakan anak anda atau mencampurnya dengan susu.

Perlu dicatat! Obat ini adalah obat yang membantu menormalkan kembali pencernaan dan bukan mengganti cairan dalam tubuh buah hati anda. Maka dari itu, buah hati anda harus tetap diberi asupan minum yang cukup agar kesehatannya terjaga.

Keunggulan Lacto B untuk Diare

Ada beberapa hal yang membuat Lacto B menjadi probiotik yang direkomendasikan untuk anda yang anak balitanya sedang terkena diare. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Lacto B :

  • Lebih Manjur

Menurut beberapa ibu yang pernah mencobakan obat ini pada anaknya, lacto B lebih manjur untuk menyembuhkan anaknya dari sakit diare yang diderita.

  • Rasanya Enak

Rasa dari Lacto B ini cukup enak. Rasanya manis dan bisa dicampur dengan makanan yang lain. Hal ini tentunya mempermudah ibu untuk membuat anaknya mengkonsumsi obat ini tanpa harus memaksanya mengkonsumsi obat tersebut.

  • Praktis

Lacto B ini berbentuk sachet dan kecil. Jadi bisa dibawa kemana saja untuk kondisi urgent yang membutuhkan pertolongan atas obat ini.

Demikian beberapa manfaat lacto b. bagaimana cara konsumsinya, dosis yang dianjurkan, hingga kelebihan dari lacto b itu sendiri. Pada dasarnya, tubuh yang sehat bermula dari kehidupan yang sehat pula. Maka jika anda, para ibu ingin anak anda tidak sakit-sakitan, anda perlu menggalakkan kehidupan yang bersih dan sehat agar anak anda juga terjaga dari bakteri-bakteri yang membahayakan tubuh dan kesehatannya. Selamat mencoba dan tetap sehat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 14th, March 2016 / 05:11 Oleh :
Kategori : Nutrisi