4 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Kecil Usia Sekolah

Meski terkesan sepele, namun nyatanya tidur siang memiliki begitu banyak manfaat bagi anak-anak. Sama seperti orang dewasa, tidur merupakan aktivitas yang harus dipenuhi setiap hari. Hal ini tidak hanya berpengaruh bagi kesegaran tubuh melainkan juga untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya tidur dikala malam hari, namun tidur di siang hari ternyata juga memiliki peran yang cukup penting. Terutama bagi anak-anak yang masih gemar bermain, maka tidur siang tidaklah menjadi aktivitas yang menarik mengingat mereka lebih suka bermain bersama teman. Dalam hal ini, orang tua harus pandai membujuk sang anak supaya mau meninggalkan mainannya barang sejenak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical School Harvard University menyatakan bahwa anak yang  tidur siang secara rutin memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih optimal jika dibandingkan dengan mereka yang melewatkan tidur siang. Ada banyak sekali manfaat tidur siang bagi anak yang harus orang tua perhatikan untuk menunjang tumbuh kembang anak seperti:

1. Meningkatkan Kemampuan Memperoses Informasi

Bagi anak yang tidak melewatkan tidur siang atau malah mungkin menjadikan tidur siang sebagai kebiasaan, memiliki banyak sekali keuntungan. Tidur siang nyatanya dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam memproses informasi serta membantu mengaplikasikan  pengetahuan mereka.  Tidur siang dapat membuat anda terhindar dari rasa mudah lelah akibat aktivitas yang terlalu banyak. Hal ini dapat membuat mereka mudah dalam menerima informasi, memproses dan mengaplikasikan informasi yang mereka terima sehari-hari.

2. Lebih Bahagia

Anak-anak yang jarang tidur siang atau bahkan sama sekali tidak melakukannya, dapat meningkatkan resiko stres. Hal ini disebabkan mereka cenderung  rewel yang akhirnya berdampak pada kesehatan mental di saat dewasa. Ketika seorang anak tidak memiliki waktu tidur yang cukup, mereka cenderung mudah merasa cemas dan kurang tertarik pada dunia sekitar mereka. Inilah alasannya kenapa tidur siang dapat digunakan sebagai stres dan terhindar dari rasa cemas.

3. Mengistirahatkan Tubuh

Bagi anak-anak, bermain merupakan hal yang menyenangkan terlebih jika dilakukan bersama-teman sebaya. Dalam hal ini tubuh yang terlalu banyak bergerak akibat bermain dapat menyebabkan kelelahan. Saat beraktivitas atau bermain, tidak hanya badan saja yang digerakkan melainkan juga otak, otot dan organ-organ yang ada di dalam tubuh. Bagi orang tua yang membiasakan anaknya tidur siang, dapat membantu tubuh anak anda terhindar dari rasa lelah sehingga, tubuh dapat beristirahat luar dalam. Ketika anak bangun dari tidur siang, tubuhnya akan lebih segar sehingga dapat kembali aktif dalam bergerak.

4. Untuk Merangsang Pertumbuhan Tubuh

Tidur siang, ternyata dapat merangsang pertumbuhan anak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical School Harvard University menyimpulkan bahwa anak yang secara rutin tidur siang, pertumbuhannya akan lebih optimal dibandingkan dengan mereka yang tidak mau tidur siang.  Hal ini disebabkan oleh hormon pertumbuhan yaitu Human Growth Hormone yang lebih aktif mengalir ketika anak istirahat siang.


Ada banyak sekali manfaat tidur siang bagi anak-anak yang bisa didapatkan mulai dari meningkatkan memori otak, menjaga kesehatan dan tidak mudah terkena penyakit. Bukan hanya untuk anak-anak namun tidur siang juga bagus untuk menjaga kesehatan bagi orang dewasa seperti mengurangi resiko terkena jenis penyakit serius seperti jantung serta diabetes. Dengan begitu banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, maka akan lebih baik jika orang tua lebih memperhatikan kesehatan anak-anaknya dimana salah satunya adalah dengan membiasakan tidur siang.

, , ,
Post Date: Wednesday 24th, February 2016 / 08:44 Oleh :
Kategori : Kebiasaan