Manfaat Mahkota Dewa untuk Diabetes Kronis

Diabetes adalah salah satu penyakit serius yang sudah sangat umum, khususnya diabetes mellitus di mana jumlah hormon insulin di dalam tubuh tidaklah seimbang sehingga menyebabkan kadar gula darah menjadi abnormal. Gula darah di dalam tubuh seharusnya diolah menjadi energi oleh hormon insulin, dan ketika hormon insulin menjadi kurang, metabolisme tubuh pun akhirnya terpengaruh dan menjadi kurang normal. Pada dasarnya, bahan pembentuk sel baru dibutuhkan oleh tubuh manusia, berikut pengganti sel yang telah mengalami kerusakan, seperti halnya mesi.

Tubuh manusia pun membutuhkan energi agar sel tubuh bisa melakukan perannya dengan sangatt baik. Untuk mendapatkan energi, manusia memerlukan makanan yang biasanya kita konsumsi sehari-hari, di mana nutrisi seperti lemak, protein dan karbohidrat terkandung di dalam makanan-makanan tersebut. Glukosa merupakan salah satu zat makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia akan melalui pembakaran dengan proses kimia yang tidak mudah.

artikel terkait diabetes:

Energi yang timbul kemudian adalah adalah hasil dari pembakaran tersebut dan metabolisme merupakan nama dari proses ini. Ketika proses metabolisme berjalan, peran penting dipegang oleh insulin di mana glukosa akan dimasukkan ke dalam sel yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Sel beta yang terdapat di pankreas kitalah yang akan mengeluarkan hormon atau zat yang kita sebut dengan insulin. Sel beta sendiri merupakan sebuah kelenjar yang lokasinya tepat ada di belakang lambung

Ada sejumlah penyebab diabetes mellitus yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya, yaitu:

  • Faktor keturunan.
  • Kurang berolahraga atau aktivitas fisik.
  • Diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak.
  • Obesitas atau berat badan berlebih.

Untuk pengobatan diabetes mellitus, diketahui ada beberapa pilihan, baik itu obat anti diabet oral maupun obat tradisional atau herbal. Pengobatan herbal untuk diabetes yang kini tengah diminati oleh para ahli farmakologi adalah yang berbahan utama mahkota dewa. Mereka memercayai bahwa mahkota dewa memiliki kualitas dan manfaat yang baik sebagai obat diabetes. Saat diabetes menyerang, pengobatan alami adalah alternatif yang tepat selain mengambil pengobatan medis, seperti halnya memanfaatkan buah mahkota dewa.

artikel terkait tanaman herbal:

Mahkota dewa sebetulnya masih termasuk dalam kategori pohon perdu dari keluarga Thymelaecae, yaitu pohon yang memiliki buah, bunga, daun, akar dan batang. Buah mahkota dewa sendiri bentuknya seperti bola, yaitu bulat, namun ukuran yang dapat ditemukan sangatlah bervariasi. Ada mahkota dewa yang besarnya hampir sama seperti buah apel merah, tapi juga ada yang besarnya hanya sebesar bola pingpong. Berwarna merah menyala, buah ini begitu menarik perhatian karena tampil menawan.

Buah yang dapat menjadi solusi dari berbagai penyakit salah satunya adalah mahkota dewa, dan bukan hanya sanggup menyembuhkan diabetes saja. Mahkota dewa memiliki nama lain, yaitu Phaleria Macrocarpa yang kini sudah sangat terpercaya digunakan sebagai obat tradisional ampuh dan alami dengan efek samping ringan untuk macam-macam penyakit. Tentu manfaat mahkota dewa yang begitu besar tidaklah lepas dari kandungan-kandungan vitamin dan nutrisi yang bisa ditemukan di dalamnya.

artikel terkait vitamin:

Kandungan-kandungan Baik di dalam Mahkota Dewa

  • Zat Saponin. Zat ini memiliki fungsi sebagai imunitas yang bisa memroduksi anti virus dan anti bakteri sehingga mampu membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga penyakit dapat menjauh dari tubuh. Sudah ditunjukkan juga oleh penelitian ilmiah bahwa di dalam mahkota saponin ini merupakan zat yang memiliki kemampuan untuk membuat kadar gula tinggi di dalam darah menurun.
  • Zat Alkaloid. Fungsi dari zat satu ini adalah untuk mendetoksifikasi tubuh alias membersihkan racun yang bersarang di dalam tubuh manusia. Racun-racun yang ada di dalam tubuh, jika dibiarkan akan dapat berisiko membahayakan kesehatan.
  • Zat Flavonoid. Fungsi zat ini adalah untuk melancarkan pembuluh darah yang tersumbat. Bahkan, kolesterol dan lemak pun dapat terminimalisir oleh zat ini sehingga risiko penyakit jantung pun dapat dikurangi.
  • Zat Polifenol. Zat satu ini memiliki fungsi sebagai anti alergi dan anti histamin.

Walau diketahui bahwa pada mahkota dewa terdapat zat yang mampu membantu kadar gula tinggi turun secara alami, tentu penderita pun tetap harus memulai pengobatan dengan mengecek kadar gula darah dengan teratur. Mahkota dewa dapat dijadikan pilihan pertama ketika Anda hendak menyembuhkan diabetes dengan cara dan bahan alami. Pengobatan herbal dengan mahkota dewa pun perlu diimbangi dengan diet tepat berikut olahraga secara teratur agar diabetes tidak akan kambuh.

artikel terkait: manfaat daun afrika untuk diabetesmanfaat nasi jagungmanfaat gula aren

Resep Mahkota Dewa untuk Obat Diabetes

Resep Pertama

Siapkanlah buah mahkota dewa sebanyak 5-6 buah beserta air 3 gelas saja. Jangan lupa untuk membersihkan dan mencuci mahkota dewa sebelum digunakan. Setelah memastikan buah sudah bersih, irislah tipis-tipis. Irisan mahkota dewa tersebut bisa dimasukkan ke dalam air dan direbus. Sarinya kemudian dapat disaring dan kemudian tunggulah sampai benar-benar dingin baru diminum.

Untuk hasil yang maksimal pada resep yang pertama, minumlah tiga kali sehari sejam sebelum Anda makan, baik itu makan pagi, makan siang, maupun makan malam. Cara ini cukup praktis dan akan membuat Anda merasakan efek baiknya tidak lama jika meminumnya secara rutin setiap hari.

artikel terkait: manfaat buah akar dewamanfaat mahkota dewamanfaat buah mahkota dewa

Resep Kedua

Siapkanlah buah mahkota dewa kering 4 iris saja beserta daun salam 3 lembar. Jangan lupa untuk mencuci bersih keduanya sebelum diolah. Setelah dicuci bersih, gunakan air 3 gelas untuk merebusnya, namun gunakan api kecil. Proses perebusan dapat dihentikan prosesnya saat air setengahnya sudah menyusut.

Biarkan dulu sampai dingin untuk lebih nyaman ketika meminumnya. Sesudah dingin pun, air rebusan perlu disaring lebih dulu dan dibagi menjadi tiga bagian untuk tiga kali konsumsi. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan diabetes bisa berangsur sembuh, konsumsilah saat pagi, siang dan malam hari. Disarankan untuk mengonsumsi air mahkota dewa setelah makan.

artikel terkait: manfaat apple cider vinegarmanfaat aeriusmanfaat pasak bumi

Resep Ketiga

Siapkanlah mahkota dewa, khususnya daging buahnya, 5 iris saja. Tidak ketinggalan siapkan juga daun sendok dan daun sambiloto masing-masing 7 lembar. Sebagai tambahan lagi, bawa juga 3 lembar daun mimba. Rebuslah semua bahan ini jadi satu ke dalam 3 gelas air dan tinggalkan hingga setengahnya tersisa sebelum Anda boleh mengangkat dan meniriskannya.

Seperti yang sudah-sudah, saringlah dan air tersebut bisa dibagi menjadi tiga bagian untuk tiga kali minum dalam sehari. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik untuk penyembuhan diabetes Anda, minumlah pagi 1 gelas, siang 1 gelas dan malam 1 gelas secara teratur setiap harinya. Demi kesembuhan yang alami, jangan lewatkan 1 hari atau 1 waktu pun dalam mengonsumsi air mahkota dewa.

artikel terkait: manfaat gula  batumanfaat scrub gulamanfaat minum teh tanpa gula

Resep Keempat

Karena bagian daun terdapat zat saponin, maka alangkah baiknya jika Anda pun mencoba resep obat herbal dengan memanfaatkan daun mahkota dewa. Ambil beberapa lembar daun untuk kemudian ditumbuk. Rebuslah dengan air secukupnya dan setelah itu, biarkan hingga dingin untuk kemudian bisa diminum secara rutin demi hasil kesembuhan terbaik.

artikel terkait: manfaat daun dan bunga kitolodmanfaat daun seledrimanfaat daun sirih untuk wajah

Efek Samping Mahkota Dewa

  • Pengonsumsi akan merasakan kantuk.
  • Pengonsumsi dapat menjadi mabuk (namun kasus ini terbilang jarang).

Efek samping tersebut tidaklah berbahaya, namun jika terus berkelanjutan, maka Anda kiranya perlu mengurangi takaran dari mahkota dewa. Atau, hentikan dulu konsumsi mahkota dewa selama beberapa waktu untuk lebih amannya.

Tips Berguna untuk Penderita Diabetes

Obat mahkota dewa untuk diabetes memang perlu diminum secara teratur, namun kondisi Anda dijamin lebih baik apabila mengikuti pola hidup yang benar. Seimbangkan pengobatan herbal Anda dengan beberapa cara menjaga kesehatan berikut ini.

  • Selalu ingat untuk melakukan pengecekan kadar gula darah.
  • Jangan ragu untuk menggerakkan tubuh seaktif mungkin dengan berolahraga. Berolahraga teratur mampu membuat tubuh lebih berenergi, menjaga paru-paru dan jantung tetap sehat, membantu kinerja insulin, dan membuat berat badan tetap stabil. Namun, konsultasikan lebih dulu dengan dokter, olahraga apa yang pas untuk dilakukan oleh penderita diabetes.
  • Konsumsilah makanan bergizi yang aman bagi penderita diabetes.
  • Pola makan diusahakan teratur dan porsinya pun sebaiknya disamakan per harinya.
  • Jagalah berat badan pada standarnya dan jauhi obesitas.
  • Hindari mengonsumsi minuman mengandung alkohol alias minuman keras.
  • Jika Anda adalah seorang perokok, hentikan kebiasaan tidak sehat satu ini.

artikel terkait:

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal