11 Manfaat Air Nira Untuk Kesehatan dan Bahan Baku

Air nira berasal dari bunga pohon kelapa yang memiliki rasa yang manis. Air nira secara umum banyak digunakan untuk membuat minuman dan juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Air nira memiliki ph yang berkisar antara 8 sampai dengan 9. Adapun kandungan yang terdapat didalam air nira adalah sebagai berikut :

  • Sukrosa yang terdapat didalam air nira berjumlah 12,30 hingga 17,40 gram shingga air nira memiliki rasa yang manis.
  • Abu kandungannya bekisar antara 0,11 sampai 0,41 gram. (Baca juga : Manfaat abu daun kelapa)
  • Protein yang berfungsi untuk memperkuat otot dan sel – sel tubuh untuk menjaga kesehatan. (Baca juga : Manfaat protein)
  • Asam ascorbik yang memiliki kadar sebesar 16 sampai 30 gr.
  • Serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh agar menjaga kesehatan didalam tubuh. ( Baca juga : manfaat serat)
  • Asam amino dan juga vitamin – vitamin a alami yang diperlukan oleh tubuh. ( Baca juga : Manfaat vitamin a bagi kesehatan)

Adapun untuk membuat air nira sebagai minuman berikut ini dapat Anda lakukan sendiri dirumah sebagai percobaan. Ini ulasannya untuk Anda :

1. Minuman segar

Manfaat air nira pertama adalah untuk minuman segar. Minuman segar yang dimaksud disini adalah meminum air nira saat siang hari yang panas. Air nira bisa langsung dikonsumsi ditambah dengan es batu agar lebih menyegarkan.

2. Gula

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa air nira memiliki kandungan ph 8 sampai dengan 9. Namun saat air nira diolah untuk dijadikan gula maka phnya harus diturunkan menjadi 7. Cara untuk membuatnya adalah sebagai berikut :

  • Air nira didiamkan sampai pagi hari kemudian dilakukan penyaringan.
  • Setelah disaring air nira dimasak dengan api yang sedang. Tunggu hingga mendidih baru kemudian masukkan secukupnya Tsp. Tsp adalah singkatan dari triple super phosfate yang bertujuan untuk menurunkan ph dari air nira.
  • Setelah ph menjadi 7 selanjutnya air nira disaring kembali dan dipindahkan ketempat yang lebih besar.
  • Panaskan terus hingga air nira tadi menjadi kental baru kemudian dikecilkan apinya dan diaduk terus hingga merata. Setelah benar – benar kental baru matikan apinya.
  • Setelah dingin pindahkan ke plastik dan disimpan didalam lemari pendingin hingga berbentuk menjadi kristal.

Langkah terkahir yang dilakukan adalah memasukkannya ketempat yang bernama sentifuge untuk memecahkan menjadi butiran gula yang banyak Anda jumpai ditoko – toko. (Baca juga : Manfaat air kelapa)

3. Gula merah

Masih dengan pembuatan gula dari awal hingga akhir sama cara dan langkahnya. Ditambahkan terakhir dengan menuangkan air nira yang sudah kental kedalam cetakan. Bisa menggunakan cetakan yang bulat atau cetakan yang petak. (Baca juga : Manfaat gula merah)

4. Permen

Dalam membuat permen langkah tambahannya adalah dengan menambahkan sirup gula dengan berbagai rasa. Sesuai dengan rasa permen yang ingin diproduksi. Sebelumnya sirup telah disimpan terlebih dahulu selama tiga bulan dalam periuk tanah sambil diaduk bila ada waktu.

Artikel terkait :

5. Tuak

Air nira yang memiliki rasa manis ini juga bisa dibuat unutk menjadi tuak. Tuak adalah hasil fermentasi dari air nira yang memiliki kandungan alkohol tinggi. Sebagaimana diketahui alkohol yang tinggi didalam suatu minuman dapat menyebabkan mabuk yang mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Selain bermanfaat sebagai bahan dasar untuk membuat minuman dan juga manisan yang biasa kita jumpai sehari – hari. Air nira juga bermanfaat dibidang kesehatan seperti untuk :

Artikel terkait :

1. Mengemukkan badan

Selama ini yang kita cari hanya cara untuk melansingkan badan saja. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk menaikkan berat badan. Bentuk badan yang kurus ternyata tidak selamanya menjadi keinginan setiap orang. Berikut ini cara membuat air nira untuk menggemukkan badan :

  • Sediakan kelapa, kunyit dan air nira. Ketiga bahan ini diolah terlebih dahulu untuk kelapa ambil santan yang diperlukan saja. Kemudian untuk kunyit yang diambil adalah air dari kunyit untuk dikupas terlebih dahulu kulitnya baru kemudian diparut dan disaring untuk diambil airnya.
  • Lalu panaskan panci dan masukkan kedalamnya santan, air kunyit dan air nira.
  • Rebus ketiga bahan hingga mendidih baru kemudian matikan apinya.

Tunggu hingga minuman herbal tadi dingin baru kemudian dikonsumsi. Selain meminum minuman herbal diatas Anda juga harus sering perbanyak buah dan sayuran, hindari stres dan bergembiralah dalam menikmati hidup yang singkat ini.

Artikel terkait :

2. Sembelit

Sembelit dapt terjadi karena kurangnya asupan serat didalam tubuh. Padahal serat memiliki peranan untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat banyak terdapat didalam buah dan sayuran segar. Namun selami dibuah dan sayuran serat juga terdapat pada air nira. Anda bisa langsung mengkonsumsi air nira dalam batas secukupnya untuk mendapatkan nutrisi serat yang cukup. Sehingga sistem pencernaan menjadi lancar kembali.

Artikel terkait :

3. Sakit perut

Pada umumnya banyak faktor yang bisa menjadi tanda awal munculnya sakit perut yang dialami. Mulai dari terlambat makan, salah makan dan juga perut yang sensitif. Meskipun terlihat sepele namun sakit perut tidak bisa diabaikan begitu saja. Karena sakit perut bisa menyebabkan penderita mengalami pingsan tak sadarkan diri dalam nyeri yang hebat. Berikut ini manfaat air nira lainnya yaitu untuk mengobati sakit perut. Bahan alami yang perlu untuk disiapkan antara lain air nira, asam jawa dan setengah gelas air hangat ngilu kuku. Untuk membuatnya masukan asam dan air nira ke dalam air hangat yang setengah gelas tadi. Aduk hingga merata baru kemudian disaring. Caranya juga diminum seperti biasa dan tunggu beberapa saat hingga sakit perut perlahan mulai menghilang.

Artikel terkait :

4. Demam

Disisi lain banyak juga yang belum emngetahui bahwa air nira juga bermanfaat untuk mengobati demam panas. Demam bisa terjadi karena berkurangnya sistem kekebalan didalam tubuh. Sehingga tubuh mudah jatuh sakit saat terserang virus. Air nira dicampur dengan gula aren dapat membantu menghangatkan tubuh untuk emngatasi demam yang menganggu Anda. Terlebih demam kadang disertai juga dengan flu. Ini karena air nira memiliki manfaat lainnya yaiut untuk menghangatkan suhu tubuh. Sehingga tubuh Anda yang mengalami kedinginan saat demam bisa menjadi hangat setelah meminum air nira ini.

Artikel terkait :

5. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat dari air nira lainnya juga adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang memerlukan vitamin untuk menjaga kepadatannya. Karena kepadatan tulang akan semakin menurun seiring dengan pertambahan usia. Oleh sebab itu diperlukan kesadaran lebih dini untuk menjaganya. Salah satu masalah yang disebabkan karena pengeroposan tulang adalah osteoporosis. Jadi minum air nira tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga menjaga kesehatan tulang dalam jangka waktu yang lama.

Artikel terkait :

6. Melancarkan ASI

Kabar gembira juga bisa didapatkan bagi ibu – ibu yang selesai melahirkan dan mulai memasuki pemberian air susu ibu pada bayinya secara ekslusif. Kadang pemberian asi dapat menjadi kendala sehingga bayi tidak mendapatkan asi yang cukup dan ada juga yang tidak mendapatkan asi sama sekali. Faktor tersebut bisa disebabkan karena kondisi fisik ibu atau psikis ibu seperti stres dan belum siap dengan kehadiran seorang bayi yang bergantung hidup dengannya. Namun dengan meminum air nira semoga asi ibu yang awalnya tidak lancar bisa menjadi lancar kembali. Karena banyak yang membuktikan bahwa air nira berguna untuk membantu melancarkan ibu – ibu untuk memberikan asi bagi bayi mereka.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat air nira yang dapat dirasakan dibidang kesehatan. Semoga air nira memberikan manfaat yang banyak bagi kita pada umumnya. Terlebih untuk mendapatkan air nira juga tidak terlalu sulit.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman