12 Manfaat Permen Karet untuk Diet dan Otak

Siapa yang tidak kenal dengan permen karet? Pasti anda semua sudah tahu dengan salah satu jenis makanan yang satu ini. Ya, permen karet merupakan salah satu jenis makanan camilan, berupa permen atau manisan yang diolah sedemikian tupa sehingga memiliki tekstur yang kenyal seperti karet. Jadi, jangan bayangkan kalau permen karet memang benar-benar terbuat dari karet ya.

manfaat permen karetPermen karet sendiri sudah ada sejak jaman dahulu, namun demikian, belum ada sejarah pasti mengenai penemuan permen karet. Yang pasti, hingga saat ini, permen karet masih merupakan salah satu jenis makanan ringan dan camilan yang masih digemari oleh banyak kalangan, terutama anak-anak.

Permen karet sendiri ternyata memiliki banyak manfaat loh. Lebih dari sekedar camilan atau makanan manis semata, permen karet ternyata memiliki manfaat yang jauh dari hal tersebut. Apa saja manfaat dari permen karet? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai camilan

Permen karet merupakan salah satu jenis camilan yang rendah kalori, sehingga baik bagi anda yang sedang berada pada program diet. Biasanya, kita mengkonsumsi camilan hanya untuk sekedar membuat mulut kita sibuk saja, nah dengan makan permen karet, maka mulut anda akan sibuk mengunyah, sama seperti ketika mengkonsumsi camilan.

Jadi secara singkat manfaat permen karet untuk diet, merupakan salah satu jenis camilan yang tidak dapat meningkatkan berat badan anda secara signifikan.

2. Dapat menguatkan gigi dan gusi

Beberapa jenis permen karet memiliki manfaat yang lebih dari sekedar menjadi camilan semata. Beberapa permen karet memiliki kandungan kalsium dan juga fluoride, sama seperti kandungan yang ada pada pasta gigi. Hal ini sangat baik dan juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan serta kesehatan gigi dan juga gusi anda.

Gigi dan juga gusi yang terjaga kesehaatannya dan juga kuat akan membuat anda dapat terhindar dari gigi berlubang, gusi berdarah dan juga masalh lainnya pada gigi dan juga gusi.

3. Mencegah bau mulut

Permen karet juga mmeiliki kandungan gula, dan juga rasa buah – buahan yang masni dan juga segar. Selain itu ada juga beberapa jenis permen karet yang memilki kandungan mint di dalamnya. Semua bahan tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk menyegarkan nafas anda, dan mencegah bau mulut.

Dengan hilangnya bau mulut, dan juga nafas anda yang menjadi lebih segar, maka rasa percaya diri yang anda miliki pasti akan meningkat.

4. Memutihkan gigi

Beberapa jenis permen karet juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk memutihkan gigi anda. Tentu saja, gigi yang putih bersinar merupakan salah satu indikator dari kebersihan mulut anda. Gigi yang putih bersinar ini pastinya dapat meningkatkan kepercayaan diri anda, dan membuat senyum anda menjadi lebih cerah.

5. Meredakan stress dan juga kecemasan

Anda merasa cemas, stress, dan juga depresi sesaat? Atau mungkin anda gugup kaena akan menghadapi hal yang penting di dalam hidup anda? kalau begitu cobalah untuk mengkonsumsi permen karet. Dengan mengunyah terus menerus, hal ini akan membantu anda untuk meredakan kecemasan yang anda alami, begitu pula dengan stress dan depresi yang anda alami.

Semua itu dapat reda dengan manfaat permen karet yang  rajin dikonsumsi dengan mengunyah-ngunyah permen karet tersebut.

6. Mengoptimalkan fungsi gigi

Permen karet juga dapat mengoptimalkan fungsi dari organ gigi anda. dengan mengunyah permen karet secara teratur dan rutin, maka gigi anda akan terlatih dan menjadi lebih kat. Apabila hal ini terjadi, tentu saja fungsi gigi anda sebagai penghalus makanan yang masuk ke dalam tubuh anda akan menjadi lebih optimal.

7. Otak menjadi lebih aktif

Dengan mengunyah permen karet, hal ini dapat memberikan manfaat permen karet untuk otak yang lebih otak. Otak anda akan menjadi lebih aktif karena anda melakukan proses pengunyahan permen karet secara terus menerus. Hal ini dapat menghindarkan anda dari kegiatan “bengong” sehingga dapat menstimulus otak untuk terus bekerja, ketika anda mengunyah permen karet.

8. Menahan rasa lapar

Permen karet sangat baik dikonsumsi dan dikunyah untuk anda yang sedang berada pada program diet. Proses pengunyahan permen karet yang lama membuat anda dapat menahan rasa lapar, dan menyebabkan rasa lapar akan sulit muncul, karena kegiatan mengunyah permen karet secara terus menerus dapat menahan rasa lapar anda. hal ini dapat mencegah anda untuk makan secara berlebihan, yang tentu saja sangat mempengaruhi program diet anda.

9. Memperlancar aliran darah ke wajah

Ternyata, mengunyah permen karet juga sangat baik untuk mempercantik wajah anda. penelitian menyebutkan bahwa ketika kita sedang mengunyah permen karet, maka aliran darah ke wajah akan menjadi lebih lancar. Dengan lancarnya aliran darah ke wajah ini, maka akan berpengaruh terhadap kondisi wajah kita. Wajah akan terlihat lebih cerah, bersih dan sehat, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anda.

10. Baik untuk pencernaan

Selama mengunyah permen karet, akan muncul banyak sekali air liur dari mulut kita. Hal ini disebabkan karena secara alami, ketika kita sedang mengunyah, mulut akan memproduksi air liur. Produksi air liur ini sangatlah penting untuk pencernaan kita, karena sifat alami dari air liur adalah untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh.

11. Membakar kalori

Manfaat permen karet bagi tubuh adalah mampu untuk membakar kalori tubuh. Kegiatan mengunyah permen karet membutuhkan otot-otot mulut yang bekerja terus menerus. Kerja otot ini tentu saja membutuhkan bahan bakar, yaitu kalori. Jadi dengan mengunyah permen karet, secara tidak langsung, hal ini dapat membantu anda untuk membakar kalori, dan mencegah anda mengalami kelebihan kalori.

12. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat terakhir, dan sepertinya juga penting adalah mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi. Karena permen karet dapat membantu meningkatkan aktivitas otak, hal ini juga berpengaruh terhadap konsentrasi dan focus anda. ketika mengunyah permen karet, anda akan menjadi lebih berkonsentrasi dan focus dalam mengerjakan sesuatu. Akan terhindar dari “bengong” dan juga dapat mencegah hal yang buruk ketika sedang kehilangan konsentrasi dan fokus, seperti kecelakaan dan juga tindak kejahatan hipnotis.

Permen karet sendiri hingga kini sudah memilki banyak sekali variannya. Apabila jaman dulu, permen karet hanya berupa rasa manis saja, namun demikian, saat ini beragam rasa permen karet, mulai dari rasa buah-buahan hingga rasa mint pun sudah banyak beredar dan mudah untk ditemui.

Itulah manfaat permen karet yang perlu adna ketahui. Semoga artikel mengai manfaat permen karet ini bermanfaat untuk anda sekalian.

,
Oleh :
Kategori : Minuman