16 Manfaat Pohon Aren Bagi Manusia

Pohon arena tau juga sering dikenal dengan nama pohon enau, merupakan salah satu jenis tanaman palam yang memiliki banyak manfaat. Selain itu, merupakan salah satu jenis pohon yang penting untuk kehidupan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

manfaat pohon arenKarakteristik Pohon Aren

Pohon aren atau enau ini memiliki bentuk fisik yang mirip dengan phon kelapa sawit, dengan buah yang kecil dan daun yang lebar -lebar. Pohon yang memiilki nama latin “arenga pinnata” ini merupakan salah satu jenis pohon yang dapat dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya, mulai dari daun, buah hingga batang kayunya. Aren atau enau sendiri tumbuh pada daerah asia tropis, yang menyebar juga hingga ke Indonesia. Pohon ini dapat berkembang biak melalui proses pembijian, yang sekarang sudah mulai banyak dijadikan lahan bisnis untuk pemanfaatan tertentu.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, jenis pohon aren ini memiliki banyak sekali manfaat mulai dari daun hingga batangnya. Lalu, apa saja manfaat pohon aren ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pohon aren :

1. Pembuatan gula aren

Siapa yang tidak kenal dengan jenis gula yang satu ini? Ya, gula aren merupakan salah satu produk olahan dari tanaman aren, yang diperlohe dari sadapan pohon aren yang dinamakan nira. Dari nira inilah kemudain dilah menjadi bentuk gula yang keras dan padat serta manis. Inilah yang kemudian sering kita kenal dengan istilah gula aren. Gula aren sendiri biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan masakan ataupun minuman khas dari suatu daerah.

2. Sebagai minuman fermentasi

Nira yang tidak diolah menjadi gula aren dapat dimanfaatkan sebagai salah satu jenis minuman fermentasi dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Biasanya nira hasil dari pohon aren ini dijual dengan menggunakan pikulan yang terbuat dari bambu. Sayang sekali, penjualan air nira pada tabung pikulan bambu saat ini sudah sangat jarang ditemui.

3. Bahan pembuatan tuak

Selain dimanfaatkan sebagai minuman, manfaat pohon aren yang menghasilkan nira juga merupakan salah satu bahan baku pembuatan minuman beralkohol khas tanah, batak yang sering kita kenal dengan nama tuak. Nira difermentasikan dan juga ditambahkan berbagai macam bahan lainnya, dan kemudian pada akhirnya akan menjadi minuman tradisional dari tanah batak bernama tuak.

4. Pembuatan cuka aren

Nira juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan utama pembuatan cuka aren. Namun begitu, cuka aren saat ini popularitasnya sudah kalah jauh oleh cuka dapur yang dibuat oleh pabrik yang lebih modern.

5. Bahan campuran pengembang roti

Ternyata, nira juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengembang pada pembuatan roti. Dengan menggunakan campuran nira sebagai bahan pengembang roti, roti yang dibuat akan mengembang dengan baik dan sempurna.

6. Kolang kaling

Siapa yang tidak kenal dengan kolang kaling? Kolang kaling merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita temuli pada minuman es campur atau pun dalam makanan kolak pisang. Biasanya kolang kaling akan banyak dijual di pasar, terutama selama hari puasa dan bulan ramadhan. Tahukah anda, bahwa manfaat pohon aren ini yang menghasilkan kolang kaling. Kolang kaling merupakan biji dari buah aren, yang telah diolah sedemikian rupa menjadi kolang kaling yang kita kenal saat ini.

Baca : Manfaat kolang kaling

7. Sebagai atap rumah

Manfaat lainnya dari pohon aren yang bisa diperoleh adalah dari daunnya. Daun pohon aren sering dimanfaatkan oleh warga desa kecil untuk membangun rumah. Dalam hal ini, daun dari pohon aren bermanfaat untuk menjadi atap rumah, yang dapat melindungi mereka dari panas dan hujan pada tempat tinggal mereka.

8. Pembuatan sapu ijuk

Manfaat pohon aren bagian daunnya dapat dimanfaatkan juga sebagai pembuatan sapu ijuk. Sapu ijuk merupakan jenis sapu yang biasa kita temui untuk menyapu rumah dan membersihkan lantai. Sapu ijuk juga memilki kualitas yang sama baiknya dengan sapu yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa.

9. Sebagai pembungkus

Dalam kehidupan masyarakat tradisional, dan juga biasanya dalam transaksi jual beli di pasar tradisional, daun aren juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu pembungkus makanan ataupun pembungkus belanjaan. Hal ini dapat menggantikan peran dari daun pisang ataupun dari daun jati yang serng juga digunakan sebagai salah satu pembungkus.

10. Pembuatan sapu lidi

Sama seperti daun kelapa, daun dari pohon aren juga dapat dimanfaatkan untuk diambil lidinya. Lidi ini kemudian dapat disatukan dan juga digabungkan menjadi sapu lidi. Sapu lidi ini memiliki banyak kegunaan, diantaranya adalah dapat dimanfaatkan untuk menyapu pekarangan rumah.

11. Pembuatan tali ijuk

Selain sebagai sapu ijuk, daun aren juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan tali ijuk. Tali ijuk ini dapat digunakan untuk mengikat dengan kuat bambu dan konstruksi rumah lainnya. Seain itu, tali ijuk ini juga sering dimanfaatkan untuk mengikat sesuatu yang berada di dalam laut

12. Pembuatan senar pancing dari pelepah

Manfaat pohon aren pada bagian pelepahnya juga dapat diolah. Salah satu olahan dari pelepah aren adalah pembuatan senar pada alat pancingan. Tentu saja bagi anda yang hobi memancing mungkin sudah mengetahui hal ini.

13. Sebagai pembuatan papan

Batang dari pohon aren juga dapat dimanfaatkan kayunya. Biasanya, kayu dari batang pohon aren ini dimanfaatkan untuk menjadi papan. Papan kayu ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, bisa menjadi papan sekat lemari ataupun bisa juga digunakan untk membuat papan tulis.

14. Dibuat menjadi tongkat

Selain menjadi bentuk papan, kayu dari batang pohon aren ini juga sangat baik dan sering dimanfaatkan untuk pembuatan tongkat ataupun pembuatan alat bantu berjalan.

15. Sebagai bahan anyaman

Akar dari manfaat pohon aren juga sering digunakan untuk pembuatan anyaman. Anyaman ini dapat menjadi bentuk-bentuk kerajinan tangan, seperti tas ataupun gelang sehingga dapat memberikan nilai jual yang tinggi.

16. Digunakan untuk membuat cambuk

Selain dijadikan anyaman, akar dari pohon aren juga sering digunakan untuk pembuatan cambuk. Dengan konturnya yang tidak aku, namun juga kuat, maka akar dari tanaman aren ini sering diolah menjadi cambuk.

Itulah beberapa manfaat dari pohon aren. Banyak sekali bukan? Bahkan hingga akarnya pun bisa kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua. Terima kasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 16th, June 2015 / 08:33 Oleh :
Kategori : Tumbuhan