11 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur Secara Teratur

Minum air putih dengan teratur tidak hanya baik untuk menghilangkan rasa haus, namun ternyata juga memiliki banyak manfaat lain yang sudah dibuktikan lewat penelitian dan para ahli kesehatan. Selain itu, ada juga begitu banyak manfaat minum air hangat sebelum tidur untuk mengatasi berbagai penyakit yang mungkin belum anda sadari. Akan tetapi, terkadang banyak orang yang lebih memilih kopi, teh atau minuman lain untuk dikonsumsi karena memiliki rasa yang lebih nikmat dibandingkan air putih meski khasiat yang bisa didapatkan tidak sebanyak minum air hangat di malam hari. Sebagai informasi tambahan, dalam ulasan kali ini akan kami berikan beberapa manfaat minum air hangat sebelum tidur yang bisa anda dapatkan jika dilakukan secara teratur.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Dengan minum air putih hangat sebelum tidur secara teratur, maka ini bisa memberikan manfaat detoksifikasi bagi tubuh. Air hangat bisa membersihkan sistem pencernaan dengan cara mengeluarkan racun bersama dengan urin. Dengan dikeluarkannya racun dari dalam tubuh, maka tentunya kesehatan tubuh akan semakin meningkat dan terhindar dari segala macam penyakit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda para wanita, minum air hangat sebelum tidur juga bisa memberikan manfaat luar biasa untuk tubuh yakni menurunkan berat badan lebih cepat. Hal ini sangat baik dilakukan bagi anda yang sedang menjalankan program diet dimana minum segelas air hangat sebelum tidur akan menurunkan berat badan lebih cepat.

  1. Menghidrasi Tubuh

Salah satu manfaat penting lainnya dari minum air hangat sebelum tidur adalah bisa menghidrasi tubuh. Beraktivitas sepanjang hari akan membuat tubuh kehilangan banyak cairan dimana tubuh akan terus bekerja dan mengerahkan segala cairan tersebut. Cairan yang hilang ini penting untuk diisi ulang khususnya ketika malam sebelum tidur. Saat anda tidur, maka tubuh tidak memakai cairan terlalu banyak sehingga minum air hangat sebelum tidur menjadi waktu paling tepat untuk mengembalikan kadar cairan hilang dalam tubuh sehingga bisa bangun dengan lebih segar dan sumber energi bisa bertambah.

  1. Mengembalikan Tampilan Kulit Bercahaya

Jika anda selalu beraktivitas dengan menggunakan make up dan juga perawatan kulit untuk melembabkan dan membersihkan kulit, maka sebenarnya semua ini bisa anda dapatkan secara mudah hanya dengan minum air hangat sebelum tidur. Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membutuhkan makanan agar bisa berfungsi dengan baik. Minum segelas air hangat sebelum tidur sangat membantu untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga bisa mempertahankan tampilan kulit bercahaya sekaligus sebagai solusi kecantikan kulit secara menyeluruh.

  1. Membersihkan Zat Racun Dalam Tubuh

Makanan, lingkungan dan elemen lain sehari hari yang masuk ke dalam tubuh bisa menambah kadar racun yang sangat bahaya dan harus segera dibersihkan. Salah satu cara mengeluarkan racun dalam tubuh terbaik dan termudah yang bisa dilakukan adalah dengan minum air hangat sebelum tidur sehingga semua fungsi tubuh seperti otot dan sistem pencernaan bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Membantu Tidur Lebih Cepat

Banyak orang yang menghindari minum sebelum tidur karena beranggapan bisa mengganggu waktu tidur mereka. Akan tetapi fakta menunjukkan hal sebaliknya, dimana minum air hangat sebelum tidur akan membantu tubuh lebih rileks, mengatasi lelah dan tidur lebih cepat. Hal ini terjadi karena air hangat sanggup untuk menjaga semua aspek keseimbangan dalam tubuh seperti hormon, sumber energi, vitamin dan mineral sekaligus otot dan persendian.

  1. Mengatasi Sembelit

Segelas air hangat yang diminum sebelum tidur secara teratur juga bisa memecah partikel makanan sehingga akan lebih mudah ketika melalui usus. Untuk itu, minum air hangat sebelum tidur sangat disarankan bagi anda yang mengalami sembelit agar esok paginya bisa membantu melancarkan buang air besar anda.

  1. Mengurangi Pilek dan Batuk

Tidak selamanya semua penyakit harus disembuhkan dengan mengkonsumsi obat obatan. Sebab minum air hangat sebelum tidur ternyata baik dilakukan sebagai solusi batuk dan pilek yang murah sekaligus praktis. Suhu hangat dari air juga bisa meredakan gatal pada tenggorokan serta membantu menekan dahak yang tersimpan dalam sistem tubuh anda.

  1. Mengurangi Sakit dan Nyeri Tubuh

Kram ketika menstruasi, sakit perut, sakit kepala dan juga nyeri pada tubuh semuanya bisa hilang hanya dengan minum air hangat secara teratur sebelum tidur. Suhu hangat dari air ini nantinya akan meredakan berbagai rasa sakit dan nyeri yang terjadi dalam tubuh secara alami tanpa efek samping berbahaya.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Khasiat lain yang bisa anda dapatkan ketika minum air hangat sebelum  pergi tidur adalah bisa meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat nantinya juga akan membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh sekaligus memecahkan simpanan dalam sistem saraf sehingga sirkulasi darah nantinya bisa semakin lancar.

  1. Meningkatkan Mood

Dari hasil sebuah studi tahun 2014 membuktikan jika kekurangan air bisa berdampak buruk untuk suasana hati yang bisa mempengaruhi siklus bangun tidur anda secara menyeluruh. Seseorang yang tidak terbiasa minum air hangat sebelum tidur, akan bangun keesokan paginya dengan perasaan kurang tenang dibandingkan mereka yang secara teratur minum air hangat seperti yang juga dihasilkan dari manfaat coklat. Asupan air hangat sebelum tidur ini sudah terbukti bisa meningkatkan emosi positif, kepuasan dan juga ketenangan ketika bangun keesokan paginya.

Dari penjelasan diatas sudah terbukti jika manfaat minum air hangat sebelum tidur sangat beragam dan berdampak positif untuk tubuh yang bahkan beberapa diantaranya juga sudah dibuktikan dari penelitian. Untuk itu, mulailah kebiasaan baik ini dari sekarang untuk mendapatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.