5 Manfaat Tomat untuk Kolesterol yang Belum Diketahui

Ada banyak jenis sayuran yang sering dikonsumsi banyak orang, bukan hanya sering tapi sayuran sudah menjadi salah satu bahan makanan wajib. Tidak hanya jenis sayur hijau seperti sawi, bayam, dan kangkung saja. Ada beberapa jenis sayuran yang bisa dijadikan sebagai bahan pelengkap sekaligus bumbu makanan. Sayuran ini tentunya memiliki harga yang sangat ekonomis dan mudah dijumpai. Anda bisa menemukannya di pasar tradisional, supermarket, bahkan di petaninya secara langsung. Atau bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam berbeda jika anda melihat manfaat yoghurt untuk kolesterol, anda juga bisa menanamnya.

Jenis sayur yang bisa dijadikan sebagai bahan pelengkap sekaligus bumbu dapur diantaranya cabe, kemangi, timun, paprika, bawang, seledri, dan tomat. Tomat sendiri merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang paling sering dikonsumsi daripada jenis sayur lainnya. Secara ilmiah tomat memiliki nama Solanum lycopersicium dan merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dan seiring dengan berkembangnya era perdagangan dan teknologi pertanian, tomat bisa ditemui diseluruh daerah hingga Indonesia.

Tomat sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan siklus hidup singkat dan dapat tumbuh hingga ketinggian 3 m. Adapun ciri dari buah tomat yang utama yaitu memiliki warna hijau, kuning, dan merah. Adapun kegunaannya dalam dunia boga yaitu sebagai hiasan pada menu makanan agar terlihat lebih menarik dan lezat. Tomat juga bisa dikonsumsi tanpa harus diproses terlebih dahulu. Buah tomat yang matang pada umumnya berwarna merah terang dan berwarna hijau saat masih muda.

Tomat biasa diolah menjadi saus sebagai bumbu masakan agar masakan terasa manis, biasanya saus sendiri digunakan sebagai bumbu pelengkap gorengan. Selain saus, tomat juga digunakan sebagai campuran dalam pembuatan sambal untuk mengurangi rasa pedas pada sambal. Tomat juga bisa dijadikan sebagai manisan dan selai. Selain sangat berperan penting dalam pembuatan makanan berbeda dengan manfaat lobak untuk ginjal dan saluran kencing, ternyata tomat sangat baik dikonsumsi dengan cara dijus. Jus tomat sendiri sangat baik tidak hanya bagi anak- anak saja tetapi juga bagi orang dewasa.

Kandungan nutrisi serta zat yang ada pada buah tomat tentunya sangat penting dan memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja, buah tomat juga sangat bermanfaat di bidang kesehatan. Untuk kecantikan, tomat sangat bermanfaat bagi anda yang ingin terlihat awet muda dan memiliki kulit cerah yang lembut. Sedangkan untuk kesehatan tomat memiliki banyak sekali manfaat berbeda dengan manfaat lemon untuk ginjal dan kandung kemih, dan salah satunya yaitu sangat bermanfaat untuk kolesterol, berikut penjelasannya.

Manfaat Tomat untuk Kolesterol

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah tomat segar yang secara langsung dimakan ataupun dijus dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cepat dan efektif. Ini tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang seringkali mengalami kenaikan kadar kolesterol tinggi. Tentunya seperti yang kita ketahui jika kadar kolesterol tinggi dibiarkan begitu saja maka sangat berbahaya. Untuk menurunkan kadar kolesterol anda bisa makan tomat setiap hari minimal satu buah saja. Dan jangan lupa untuk menjaga asupan makanan dengan menghindari makanan berlemak tinggi.

  1. Membersihkan Kolesterol dalam Darah

Jika anda memiliki kadar kolesterol berlebih tentunya ini juga berpengaruh pada peredaran darah anda. Kolesterol yang tidak bisa dikeluarkan dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya penumpukan bahkan penyumbatan pada darah, jika ini terus dibiarkan maka anda bisa mengalami gangguan pada sistem peredaran darah anda. Untuk mengatasinya berbeda dengan manfaat air dingin untuk diet, anda bisa makan tomat segar setiap pagi dan sore. Ini akan membantu membersihkan kolesterol yang menumpuk dalam darah anda sehingga peredaran darah tidak akan terganggu dan selalu lancar.

  1. Mencegah Jantung Koroner

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya waspada, karena tingginya kadar kolesterol yang dibiarkan begitu saja dapat memicu terjadinya banyak penyakit kronis. Salah satunya yaitu jantung koroner, untuk itu anda harus melakukan pencegahan. Selain mengatur pola makan dan berolahraga rutin, anda bisa makan tomat segar. Tidak harus dimakan langsung, anda juga bisa mengolahnya menjadi sayur ataupun jus.


  1. Mengatasi Kolesterol

Sering kambuhnya kadar kolesterol tinggi merupakan masalah utama bagi anda yang memiliki kadar kolesterol berlebih. Untuk itu anda bisa melakukan diet kolesterol, aturlah asupan makanan anda dengan menghindari makanan berminyak dan berlemak. Sebagai pendamping berbeda dengan manfaat puasa untuk ginjal, anda bisa menambahkan tomat segar. Anda bisa mengolahnya sebagai salah satu bahan pelengkap dalam salad ataupun sayur tumis.

  1. Mencegah Kolesterol

Selain dapat mengatasi kolesterol, bagi anda yang masih berusia 20 an sebaiknya mulai menjaga makanan anda. Ini sangat penting sebagai pencegahan peningkatan kadar kolesterol seiring bertambahnya usia. Anda juga bisa mengkonsumsi tomat untuk melakukan pencegahan secara efektif.

Itulah berbagai manfaat dari tomat yang sangat baik untu anda yang memiliki riwayat kolesterol. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, anda tidak perlu banyak menghabiskan uang untuk biaya perawatan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran