Sponsors Link

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Alami

Sponsors Link

Memiliki tubuh yang ideal merupakan dambaan hampir setiap orang. Tubuh yang ideal menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi seseorang. Terkadang, orang yang memiliki tubuh ideal lebih diperhitungkan dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki tubuh yang ideal, salah satu contohnya adalah dalam dunia kerja yang menuntut proporsionalitas bentuk tubuh.

ads

artikel terkait:

Tidak semua orang terlahir dengan bentuk tubuh yang ideal. Asupan makanan dan aktivitas terkadang juga mempengaruhi bentuk tubuh seseorang sehingga menjadi terlihat kurang ideal. Untuk memiliki tubuh yang ideal, terkadang seseorang menempuh beberapa cara yang salah satunya adalah diet. Diet pun ada yang melakukannya dengan cara yang sehat maupun yang tidak sehat. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat jeruk nipis yang kaitannya dengan proses diet yang sehat.

Tentang Diet

Siapa yang tidak mengetahui mengenai diet? Kebanyakan orang menganggap bahwa diet merupakan upaya untuk menurunkan berat badan. Padahal, pengertian diet bisa saja lebih luas dibandingkan dengan hal tersebut.

Pengertian diet pada umumnya merujuk pada pengaturan pola makan, baik porsi maupun kandungan gizinya. Kata diet sendiri konon berasal dari bahasa Yunani yang berarti cara hidup. Menurut Hartono (2000), diet sendiri adalah merupakan jenis dan jumlah makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan serta status nutrisi dan membantu menyembuhkan penyakit.

Diet dalam upaya pengaturan asupan nutrisi sebenarnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu diet untuk menurunkann berat badan, diet untuk meningkatkan badan serta diet sebagai pantangan terhadap makanan tertentu. Kebanyakan orang menganggap bahwa diet merujuk pada upaya penurunan berat badan dengan mengurangi porsi makanan tertentu atau bahkan tidak makan sama sekali. Padahal, diet yang sebenarnya adalah proses untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat dan perubahan pada bentuk tubuh.

Diet yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah diet untuk penurunan berat badan. Dewasa ini telah banyak terdapat metode penurunan berat badan dengan berbagai cara. Namun perlu Anda waspadai bahwa tidak semua diet dapat cocok dengan tubuh Anda, untuk itu perlu saran dari dokter agar diet dapat berjalan dengan aman.

artikel terkait: manfaat markisa untuk diet

Jenis makanan untuk diet seimbang

Diet seimbang merupakan cara untuk mendapatkan jenis dan jumlah makanan dan minuman yang tepat untuk memasok nutrisi dan energy ke dalam tubuh agar tubuh dapat berkembang secara optimal. Terdapat beberapa makanan yang dapat dikelompokkan dalam diet seimbang, yaitu antara lain sbb.

  • Jenis susu

Kelompok makanan jenis ini terdiri dari keju bebas lemak atau rendah lemak (1%), susu atau buttermilk yang bebas kemak atau rendah lemak (1%) serta yogurt yang bebas lemak maupun rendah lemak, baik yang beku maupun yang biasa.

  • Jenis daging dan kacang-kacangan

Pada kelompok makanan jenis ini, Anda dapat memakan jenis daging merah layaknya daging sapi atau kambing dengan lemak yang sedikit. Anda pun juga dapat menggunakan kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang almond, hazelnut, selai kacang, biji bunga matahari maupun kenari. Selain itu Anda juga dapat memakan olahan kacang seperti tahu dan tempe.

  • Jenis buah-buahan

Dalam mengkonsumsi jenis makanan ini, Anda dapat menyantapnya secara langsung maupun dijadikan jus. Beberapa buah yang dapat Anda coba antara lain apel, apricot, pisang, alpukat, beries, jeruk, peah, nanas, kismis, dan buah-buahan kering lainnya tanpa pemanis.

  • Jenis sayuran

Dalam menyantap sayur-sayuran, Anda dapat memvariasikan beberapa jenis sayuran yang berbeda warna seperti sayuran hijau, orange, putih, merah maupun ungu. Silahkan pilih brokoli, mentimu, kacang hijau, sleada, kentang, lobak, bayam, ubi jalar, tomat dsb sebagai santapan Anda.

  • Jenis makanan pokok

Kebanyakan orang Indonesia telah lekat dengan nasi sebagai makanan pokok. Meskipun demikian, apabila Anda sedang berdiet, Anda dapat meninggalkan nasi dan menggantikannya dengan sumber karbohidrat lain. Ketika berdiet, Anda dapat mengganti nasi putih Anda menjadi nasi merah dengan kandungan serat tinggi. Selain itu, Anda pun dapat menyantap sumber karbohidrat lain seperti roti gandum, sereal, bubur jagung maupun pasta.

  • Jenis minyak untuk diet

Ketika sedang berdiet, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih minyak rendah lemak maupun minyak nabati yang dapat mendukung kelangsungan proses diet Anda.

  • Air mineral

Sempurnakan diet Anda dengan air mineral untuk memenuhi kebutuhan asupan air sehari-hari bagi tubuh. minumlah setidaknya 8 gelas per hari agar proses metabolism tubuh dapat terbantu.

artikel terkait: manfaat tahu rebusmanfaat air hangat untuk diet

Diet menggunakan jeruk nipis

Diantara asupan makanan yang berguna untuk kebutuhan diet Anda, jeruk nipis merupakan salah satu buah yang barangkali dapat membantu memaksimalkan proses diet Anda agar tubuh menjadi langsing. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) merupakan salah satu jenis jeruk-jerukan dengan bentuk buah bulat hingga bulat telur dengan warna hijau hingga kuning dan banyak tersebar di Asia serta Amerika Tengah.

Jeruk yang kulit buahnya mengandung banyak minyak atsiri ini memiliki kulit agak tebal dan sulit dibuka secara langsung. Daging buahnya tebal, tidak berserabut, berwarna putih kehijauan , memiliki rasa yang sangat asam dan mengandung vitamin C serta asam sitrat.

Banyak orang yang percaya bahwa konsumsi jeruk nipis ini dapat membantu menurunkan berat badan apabila dikonsumsi secara teratur.  Hmm, penasaran? Mari kita baca lebih lanjut.

artikel terkait: manfaat telur asin untuk diet

Kandungan jeruk nipis

Sebelum kita mengupas lebih lanjut mengapa jeruk nipis berguna bagi tubuh dalam menurunkan berat badan, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu kandungan gizi yang dimiliki oleh jeruk nipis. Adapun kandungan nutrisi jeruk nipis per 100 gram adalah sebagai berikut.

Tabel 1. Kandungan Gizi Jeruk nipis per 100 gram

Kandungan Jumlah
Vitamin C 27 mg
Vitamin B1 0.04 mg
Protein 0.9 gram
Lemak 0.2 gram
karbohidrat 11.4 gram
Mineral 0.5 gram
Kalsium 33 mg
Fosfor 23 mg
Zat besi 0.4 mg
Asam askorbat 49 mg
Energy 51 kal
Air 86 gram

artikel terkait: manfaat diet air putih

ads

Mengapa jeruk nipis berguna untuk diet?

Barangkali pembaca sudah bertanya-tanya dari tadi mengapa lah jeruk nipis ini berguna untuk diet. Berikut kami sajikan beberapa alasan mengapa jeruk nipis ini dapat berguna dalam menurunkan berat badan Anda.

  • Jeruk nipis mengandung vitamin C yang banyak yang dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Loh, ko bisa? Hal ini dikarenakan vitamin C dapat membantu tubuh dalam penyerapan kalsium dalam sel-sel lemak sehingga kemudian dapat membantu mengatasi berat badan berlebih.
  • Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan kandungan asam sitrat yang dapat berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan apabila masuk ke dalam tubuh. apabila asam sitrat ini berinteraksi dengan asam-asam lain di dalam tubuh maka hal itu akan menghasilkan pencernaan yang sehat. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat membantu tubuh untuk membersihkan sistem pencernaan layaknya kerak keramik yang dibersihkan. Jeruk nipis juga dapat membantu membuat sistem pencernaan seseorang agar lebih aktif. Tentu saja, pencernaan yang sehat dapat melancarkan proses diet Anda dong yaa..
  • Tingkat keasaam yang tinggi pada jeruk nipis yang Anda konsumsi juga nantinya akan membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan masuk ke dalam tubuh. hal ini telah dibuktikan oleh para ahli bahwasanya bagi mereka yang mengkonsumsi jeruk nipis segar setiap hari maka berat badan di timbangan akan lebih jarang mendapatkan tambahan. Secara tidak langsung tentu saja hal ini akan membantu dalam mengontrol rencana diet Anda.
  • Ada pula pendapat dari para Ahli bahwasanya jus jeruk nipis dapat membantu menetralisir racun dalam tubuh serta meningkatkan proses metabolism tubuh. kedua hal ini sangat berguna bagi siapa saja yang sedang menjalankan program diet.
  • Jeruk nipis dipercaya dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dengan kandungan asamnya. Asam yang terdapat dalam jeruk nipis dipercaya dapat meluruhkan lemak masuk ke dalam tubuh dengan mudah.
  • Jeruk nipis juga dipercaya dapat mencegah produksi zat apo B melalui sel-sel hati. Zat apo B ini nantinya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh apabila jumlahnya meningkat.
  • Jeruk nipis apabila dikonsumsi dipercaya tidak membuat tubuh mudah dengan merasa lapar dan membuat kenyang lebih lama dikarenakan kandungan seratnya. Meskipun demikian, hal ini tidak baik bagi seseorang yang memiliki penyakit maag atau asam lambung karena akan memperparah penyaktinya.
  • Meskipun tidak begitu terkait dengan diet secara langsung, jeruk nipis juga dapat berguna untuk membantu menenangkan pikiran. Pikiran yang rileks dapat membantu mensukseskan program diet Anda dikarenakan pikiran yang stress juga dipercaya menjadi salah satu penyebab meningkatnya berat badan.
  • Jeruk nipis juga dapat berguna untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh apabila dikonsumsi. Apabila sistem imunitasnya meningkat, maka tubuh tidak akan gampang sakit sehingga tidak harus mengkonsumsi banyak makanan sehingga dapat memicu peningkatan berat badan.

artikel terkait: manfaat gula merah untuk diet

Bagaimana seharusnya jeruk nipis dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan?

Layaknya buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis dapat dikonsumsi melakui berbagai cara sesuai dengan selera seseorang.  Berikut kami sajikan beberapa cara konsumsi jeruk nipis yang dapat Anda tempuh guna membantu menurunkan berat badan

  • Cara konsumsi jeruk nipis yang paling sederhana adalah dengan memeras air jeruk nipis ke segelas air hangat untuk kemudian dikonsumsi. Apabila Anda tidak terlalu kuat dengan rasa asamnya jeruk nipis, Anda dapat menambahkan beberapa tetes madu ke dalamnya.
  • Cara kedua untuk mengkonsumsi jeruk nipis untuk menurunkan berat badan adalah dengan membuat es jeruk nipis. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu memeras jeruk nipis untuk ditambahkan dengan air dingin dan es. Apabila ingin manis, boleh ditambahkan dengan madu. Namum satu yang perlu dicatat bahwa Anda perlu berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi es terlalu banyak karena konon berpengaruh terhadap penimbunan lemak.
  • Cara ketiga konsumsi jeruk nipis adalah dengan cara membuat jus jeruk nipis. Tapi ingat agar tidak mengikutsertakan bijinya yaa.
  • Cara selanjutnya adalah dengan membuat infused water jeruk nipis. Infused water merupakan air yang berisi campuran sari buah yang dapat berguna untuk berbagai macam manfaat yang salah satunya adalah untuk diet. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah jeruk nipis yang telah dicuci dan dipotong tipis-tipis melebar. Setelah itu, masukkan potongan buah jeruk nipis ke dalam wadah yang berisi air matang, tutup diamkan di lemari es selama kurang lebih 2 jam. Anda pun tidak perlu menambahkan gula, sirup, susu dsb.

artikel terkait: manfaat rambutan untuk dietmanfaat kacang tanah untuk diet

Tips diet jeruk nipis

Dalam melakukan diet, perlu adanya usaha yang maksimal agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Layaknya diet pada umumnya, konsumsi jeruk nipis untuk diet juga memillki beberapa tips yang dapat Anda tempuh guna memaksimalkan hasilnya. Adapun tips-tips diet dengan mengkonsumsi jeruk nipis yang dapat Anda tempuh antara lain sebagai berikut.

  • Konsumsi jeruk nipis dapat Anda lakukan di pagi hari sebelum sarapan secara teratur. Konsumsi jeruk nipis pada saat perut kosong dipercaya tidak memberikan efek negatif apapun bagi tubuh. akan tetapi apabila Anda memiliki penyakit mag maka perlu berhati-hati yaa.
  • Selain konsumsi jeruk nipis, perbanyak pula aktivitas fisik agar tubuh terus aktif bergerak. Akan lebih baik lagi apabila Anda mengimbanginya dengan olahraga minimal 30 menit sehari agar proses pembakaran kalori dan lemak semakin maksimal.
  • Jaga pola makan dan apa yang Anda makan. Konsumsi jeruk nipis saja dianggap agak percuma apabila makan pun masih asal-asalan dengan pola makan yang tidak tentu karena hal tersebut masih dapat memicu peningkatan berat badan.

artikel terkait: manfaat anggur untuk dietmanfaat gandum untuk diet

Berapa lama waktu yang disarankan untuk melakukan diet jeruk nipis?

Barangkali ada orang yang sangat ingin berat badannya turun secara cepat sehingga mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin tiap hari agar cepat langsing. Sebenarnya, tidak ada yang melarang apabila anda mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari. walaupun Waktu yang dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk nipis adalah pada bagi hari dan tidak masalah apabila Anda mengkonsumsinya di malam hari.

Akan tetapi, satu hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwasanya konsumsi terlalu banyak jeruk nipis di pagi hari selama lebih dari satu minggu secara berturut-turut dikhawatirkan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan membuat tubuh menjadi lemas. Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi jeruk nipis untuk diet selama tidak lebih dari satu minggu berturut-turut dalam satu bulan. Atau, lamanya waktu yang disarankan adalah selama 5 hari dalam satu bulan. Efek penurunan berat badan karena diet jeruk nipis ini biasanya dapat langsung dirasakan manfaatnya untuk turun beberapa kg dalam waktu 2 minggu.

artikel terkait: manfaat jahe dan lemon

Manfaat lain jeruk nipis

Selain dapat digunakan sebagai diet, jeruk nipis pun ternyata dipercaya memiliki beragam manfaat lain yang tidak kalah menarik, yaitu

  • Membantu menjaga kesehatan kulit
  • Membantu memperlancar haid
  • Membantu mengeluarkan dahak dengan mudah
  • Membantu mengatasi kekurangan penyakit vit C yang ditandai dengan adanya sariawan, gusi berdarah, bengkak serta bibir kering
  • Membantu menyeimbangkan pH balance tubuh
  • Membantu melarutkan asam urat
  • Membantu meningkatkan daya penglihatan
  • Membantu mencegah kanker
  • Membunuh bakteri
  • Membantu menguatkan pembuluh darah
  • Membantu dalam pengobatan hipertensi
  • Membantu menyehatkan ginjal
  • Cocok untuk dikonsumsi ibu hamil dan wanita menopause
  • Membantu meredakan infeksi tenggorokan
  • Membantu menurunkan demam akibat malaria
  • Membantu mengobati sikat gigi
  • Membantu mengurangi kebiasaan merokok
  • Membantu mengurangi bau badan
  • Membantu mengembalikan kebugaran tubuh
  • Membantu menyembuhkan infeksi pada saluran kemih

artikel terkait: manfaat timun untuk diet

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat jeruk nipis untuk diet. Setelah membaca mengenai artikel ini, silahkan Anda mempraktekkan sendiri program diet menggunakan jeruk nipis dengan cara yang sehat ya. Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, March 2017 / 09:19 Oleh :
Kategori : Kesehatan