4 Manfaat Yoghurt Untuk Diet Sehat

Diet adalah program yang dilakukan orang untuk menurunkan berat badannya. Mereka melakukan hal ini karena obesitas atau kegumukan bisa memunculkan beberapa penyakit pada diri kita, seperti penyakit jantung, stroke dan masih banyak lainnya. Kebanyakan dari mereka melakukan program diet dengan cara berolahraga dan mengatur pola makan sehat. Namun hal ini membutuhkan komitmen yang kuat dari pelaku dan memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya. Bagi anda yang ingin diet dengan mudah dan cepat, yoghurt merupakan pilihan yang tepat. (Baca juga : manfaat diet)

Pasti tidak asing di telinga kita tentang istilah yoghurt. Yoghurt adalah produk olahan dari fermentasi susu. Cara membuatnya dibantu oleh bakteri, yaitu bakteri streptococcus thermophilus yang berperen untuk merubah sebagaian besar laktosa pada susu menjadi asam laktat sehingga yoghurt memiliki struktur yang kental dan memiliki rasa asam. Bakteri yang kedua adalah lactobacillus bulgaricus, yang berperan sebagai pengurai sisa laktosa menjadi zat-zat penimbul aroma dan citarasa yang khas dari yoghurt.

Apa keunggulan yoghurt ?

Yogurt memiliki khasiat yang baik untuk menurunkan berat badan kita. dengan kandungan kalori rendah yang ada didalamnya bisa mengontrol nafsu makan dan mengurangi lemak di daerah tengah perut kita. Selain itu yogurt juga mampu memulihkan fungsi pencernaan pada orang yang memiliki bakteri baik yang minim pada saluran pencernaannya.

Manfaat yoghurt untuk diet juga mampu mempercepat proses metabolisme, sehingga proses pembuangan menjadi lancar dan kolesterol seta lemat tidak terserap oleh tubuh. Tidak hanya itu yogurt bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, untuk manula sekalipun,  karena di dalamnya terdapat kandungan laktosa yang sangat kecil.

Sebelum membahas bagaimana yogurt bisa digunakan untuk diet, perlu kita ketahui dahulu kandungan yang terdapat di dalam yogurt itu sendiri.

  1. Kaya akan vitamin

Dalam yogurt terdapat beberapa kandungan vitamin yang baik bagi tibuh kita, diantaranya vitamin A, B1, B2, B3 serta vitamin C.

Artikel tentang Vitamin :

  1. Mineral

Mineral merupakan salah satu asupan gizi yang diperlukan dalam tubuh kita. mineral yang ada di dalam yogurt antara lain, kalsium, fosfor dan potasium

  1. Asam amino

Rasa asam yang timbul dari yogurt, dikarenakan dalam yogurt terdapat beberapa asam amino, seperti prolin, serin, lysin dan masih banyak lainnya.

  1. Energi

Dalam yogurt memiliki kandungan energi yang cukup, yang dihasilkan dari karbohidrat, dan protein di dalamnya.

Sumber energi alami untuk tubuh:

Cara Konsumsi Yoghurt Untuk Diet

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi yogurt agar mampu menurunkan berat badan kita. Ada beberapa alternatif untuk anda dalam mengkonsumsi yogurt.

  1. Membuat jadwal makan

Untuk memperoleh hasil maksimal, anda bisa jadika yogurt sebagai menu makanan utama.

  • Pagi hari

Anda bisa mengkonsumsi yogurt saat sarapan. Dengan mengkonsumsi 200 mg yogurt dengan kombinasi dengan dikombinasi buah-buahan, namun perlu didingat menu ini hanya bisa digunakan bagi anda yang tidak memiliki penyakit maag. Jika anda memiliki penyakit maag, jangan kawatir yogurt bisa anda gantikan dengan susu yang dicampur dengan buah-buahan segar. Sarapan pagi dengan menggunakan yogurt sangat bermanfaat bagi tubuh kita. (Baca juga : manfaat sarapan pagi)

  • Siang hari

Untuk makan siang, anda bisa mengkonsumsi makanan biasa yang lengkap dengan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin. Yang perlu anda perhatikan jangan berlebih dalam mengkonsumsi karbohidrat dan lemak, sesuaikan porsi dengan kebutuhan tubuh anda.

  • Malam hari

Jika di pagi hari anda sudah menjadikan yogurt sebagai menu utama, maka makan malam anda bisa di sisi dengan buah-buahan serta sayur yang kaya akan serat. Namun jika anda yang memiliki masalah magg dan tidak sarapan menggunakan yogurt, anda bisa mengkonsumsi yogurt sebagai menu utama makan malam anda. Dengan porsi 200 mg.

  1. Sebagai cemilan

Bagi anda yang gemar nyemil dan sulit untuk meninggalkan kebiasaan tersebut, tidak usah kawatir, anda tetap bisa ngemil tapi tidak dnegan kue, atau cemilan lain, anda bisa menggantinya dengan yogurt agar cemilan anda menjadi sehat bukan membuat gemuk. Waktu untuk ngemil yogurt bisa anda lakukan di sela-sela waktu sarapan dan makan siang serta pada waktu sore hari sebelum makan malam. Anda bisa mengkonsumsi yogurt dalam kondisi dingin ataupun biasa. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi yogurt langsung maupun dengan campuran bahan lain, seperti manfaat madu. Mengapa dengan madu, hal ini cocok bagi anda yang tidak suka asam namun tetap ingin tetap mengkonsumsi yogurt.

Penelitian Tenteng Manfaat Yoghurt Untuk Diet

Yogurt memang baik bagi anda yang ingin melakukan program diet untuk menurunkan berat badan anda. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa yogurt baik untuk diet, diantaranya.

  • Obesity Research 2004

Dalam peneleitian ini membandingkan diet dengan susu dan diet tanpa susu. Penelitian ini melibatkan 32 orang yang mengalami obesitas, mereka melakukan diet rendah kalori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang diet dengan memasukkan susu dalam program dietnya mampu menrunkan berat badan sebanyak 70% lebih banyak dari diet tanpa susu. Untuk itulah mengapa yogurt sangat baik bagi anda yang melakukan diet.

  • International Journey of Obesity

Dalam jurnal ini dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi yogurt kita membantu mempertahankan masa otot dengan disertai proses pembakaran lemak. Selain itu mereka yang mengkonsumsi yogurt minimal 3 kali sehari mampu mengurangi kandungan lemak dalam tubuhnya sebanyak 10lbs dalam periode 12 minggu. Ada juga penelitian yang dimasukkan dalam jurnal ini, hasilnya menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi yogurt akan membantuu untuk menghilangkan lemak yang ada di perut sebanyak 81%.

Baca juga :

Sudah terbukti bukan bahwa yogurt memang ampuh dalam menurunkan berat badan anda. Tunggu apalagi, segera konsumsi yogurt dan tetpa menerapkan pola hidup sehat. Namun ada beberapa yang harus anda perhatikan seblum mengkonsumsi yogurt, antara lain :

  1. Tidak semua yogurt memiliki khasiat yang sama, hanya yogurt dengan bakteri hidup di dalamnya yang memiliki manfaat yang lebih besar. Jenis syogurt yang memiliki bakteri hidup di dalamnya seperti frozen yogurt.
  2. Rasa asam pada yogurt tidak menjamin yogurt tersebut rendah lemak. Kadar lemak yang ada dalam yogurt ditentukan oleh bahan baku susu yang dipakai. Jika bahan dasar susu yang dipakai memiliki kandungan lemak yang tinggi, otomatis yogurt tersebut memiliki kandungan lemak yang tinggi pula. Begitu juga bila susu yang digunakan sebagai bahan baku memiliki kandungan lemak yang rendah, otomatis yogurt tersebut rendah lemak. Jadi bagi anda yang berniat untuk menrunkan berat badan pilihlah yogurt yang rendah lemak.
  3. Ada juga produk pasaran yang memberikan rasa yogurt bukan dari buah asli tapi perasa, tentunya hal tersebut akan mengurangi khasiat dari yogurt tersebut. Anda harus memperhatikan jika lebel pada yogurt tersebut ada tulisan strawberry, maka kemungkinan besar itu ditambahkan buah strawberry, namun jika tulisan labelnya rasa strawberry, maka kemungkinan besar hal tersebut bukan buah asli namun perasa. Jadi anda harus pintar memilih.
  4. Perhatikan tanggal kadaluarsa dari yogurt tersebut sebelum membeli. Penyimpanan yogurt juga harus anda perhatikan, simpanlah yogurt di kulkas dengan suhu 4-6 C, karena dalam keadaan tersebut yogurt bisa bertahan sampai 2 minggu tanpa penurunan mutu. Usahakan dalam kulkas menyimpannya, karena jika disimpan di suhu ruangan takutnya gumpalan yogurt akan pecah dan cita rasanya menjadi lebih asam.
  5. Ada takaran khusus dalam mengkonsumsi yogurt, dalam sehari yogurt bisa dikonsumsi sebanyak 200-400 ml setiap harinya, jangan samapi berlebihan karena akan menimbulkan damapak negatif berupa alergi laktosa.

Mulai sekarang alangkah baiknya anda menambahkan yogurt dalam program diet anda. Konsumsi yogurt cukup dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tubuh anda menjadi lebih ramping.

, ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 03:50 Oleh :
Kategori : Minuman