12 Manfaat Tahu Rebus Bagi Diet dan Tubuh

Tahu merupakan makanan berbahan dasar kedelai. Sama halnya dengan tempe, makanan ini sangat dikenal diberbagai kalangan masyarakat. Meskipun demikian, tahu bukan makanan asli orang Indonesia. Kata “tahu” merupakan kata serapan dari bahasa Hokkian yang berarti “kedelai fermentasi”. Masyarakat dunia lebih mengenal tahu sebagai “tofu”.

Dari penampilan luarnya, tahu di Indonesia dapat dibedakan menjadi tahu kunng dan tahu putih. Beberapa daerah juga memiliki variasi tahu dan olahannya khas daerah itu sendiri. Misalnya tahu Sumedang, tahu kuning khas Kediri, dan ada juga tahu bakso khas semarang.

Artikel terkait:

Kandungan Nutrisi

Dalam 100 gram tahu terkandung energi sebesar 70 kkal. Tahu memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat menjadi alternatif makanan sumber protein bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan atau pegunungan. Kandungan protein dari tahu dapat menurunkan produksi kolesterol jahat, LDL, dan menurunkan resiko terkena serangan jantung. Tahu juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi dan natrium.

Artikel terkait:

Manfaat Tahu Rebus

Tahu dapat diolah langsung dengan cara direbus atau digoreng. Pengolahan dengan cara direbus dianggap sebagi cara pengolahan terbaik karena tidak merusak kandungan nutrisinya. Selain itu proses penggorengan dapat menambah kandungan lemak jenuh, berbeda dengan perebusan menggunakan air. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi tahu rebus.

1. Untuk Diet – bagi orang yang ingin diet, tahu bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain harganya yang murah, tahu juga makanan yang mudah untuk didapatkan. Selain itu kandungan protein dari tahu dapat menurunkan kolesterol dan lemak dalam tubuh.

2. Mencegah Diabetes – Tahu dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes. Ini karena kandungan karbohidrat yang hanya 1,5%. Tahu juga dipercaya dapat mengontrol kadar insulin dalam tubuh.

3. Mencegah Kanker – Tahu adalah bahan makanan yang berbahan dasar kedelai. Kedelai dikenal memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi mencegah pertumbuh sel yang abnormal.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung – meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa tahu dapat meningkatkan kesehatan jantung, namun kandungan tahu dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat yang banyak bertanggungjawab dalam berbagai penyakit jantung.

5. Menurunkan Resiko Hipertensi – Hipertensi memiliki banyak penyebab. Salah satunya adalah penyempitan pembuluh darah. Kadar kolesterol jahat adalah penyebab penyempitan ini. Dengan diet kolesterol dan konsumsi tahu dapat menurunkan resiko terkena penyakit hipertensi.

Selain itu, manfaat tahu rebus yang lain yaitu:

6. Kandungan kalsium dalam tahu berperan dalam menjaga fungsi jantung

7. Berfungsi untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh

8. baik bagi penderita anemi, karena tahu memiliki kandungan zat besi


9. Sebagai sumber protein dan lemak nabati yang baik bagi vegetarian yang menghindari daging dan olahan daging.

10. Meningkatkan produksi kelenjar susu bagi ibu menyusui

11. Makanan yang baik bagi manula dan bayi yang baru belajar makan karena teksturnya yang lembut dan mudah dikunyah.

12. Baik dikonsumsi oleh penderita penyakit pernafasan seperti asma dan batuk.

Demikian uraian manfaat tahu rebus bagi diet dan kesehatan tubuh. Tahu yang digoreng juga memiliki manfaat yang hampir sama. Manfaat tahu goreng dapat dibaca di artikel sebelumnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan