Manfaat Telur Asin Untuk Diet Sehat dan Alami

Orang Indonesia pasti tahu yang namanya telur asin. Telur asin merupakan salah satu olahan dari telur yang diasinkan. Biasanya, telur yang digunakan untuk membuat telur asin adalah telur bebek dikarenakan pori-pori cangkan yang lebih besar yang memudahkan dalam proses pengasinan.

Selain dikonsumsi sebagai lauk maupun penganan, telur asin konon juga berguna untuk diet. Artikel berikut ini akan membahas mengenai telur asin dan manfaatnya bagi diet.

artikel terkait:

Kandungan Nutrisi Telur Asin

Berikut merupakan informasi kandungan gizi yang terdapat dalam telur asin yaitu sebagai berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Telur Asin per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
energi 195 kkal
Protein 13,6 gr
lemak 13,6 gr
karbohidrat 1,4 gr
kalsium 120 mg
fosfor 157 mg
zat besi 2 mg
Vitamin A 841 IU
Vitamin B1 0,28 mg
Vitamin C 0 mg

artikel terkait: manfaat jahe dan lemonmanfaat anggur untuk diet

Telur Asin untuk Diet

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pad 160 orang (pria dan wanita), dibagilah dua kelompok secara acak dengan 80 orang mengganti sarapan mereka dengan telur rebus dan 80 lainnya memakan bagel dengan kedua level kalori dan lemak keduanya sama. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa :

  • Orang yang mengganti sarapan dengan telur mengalami penurunan berat badan lebih banyak, setidaknya 65% lebih besar dibandingkan dengan orang yang mengganti sarapannya dengan bagel
  • Selain itu, telur menjaga tubuh dengan lebih baik agar tidak cepat lapar

Nah, mengacu dari penelitian tersebut pun, ada beberapa alasan mengapa konsumsi telur asin layak dikonsumsi sebagai makanan yang cukup berguna untuk membantu menurunkan berat badan dalam proses diet, antara lain sebagai berikut.

1. Telur asin tinggi kalori

Dalam sebutir telur asin rebus, kira-kira terdapat sebanyak 195 kkal. Kandungan kalori yang cukup tinggi dalam telur asin ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga membantu Anda untuk mengurangi makanan lain. Dengan asumsi kebutuhan kalori kirakira sebanyak 2000 kkal perhari, maka manusia membutuhkan kira-kira sebanyak 666 kkal per makan dengan catatan makan tiga kali sehari. Nah, apabila Anda mengganti diet telur asin rebus sebanyak 1 butir ketika makan yang sebanyak 195 kkal, maka jumlah asupan kalori Anda akan berkurang sebanyak 471 kkal.

artikel terkait: manfaat manggis untuk dietmanfaat jambu biji untuk diet

2. Diet telur asin rebus tidak perlu begitu takut akan kolesterol tinggi

Menurut penelitian Nikhil V. Dumadhar, lemak darah atau kolesterol tidak akan terpengaruh dengan konsumsi telur rebus setiap pagi. Kadar kolesterol HDL, LDL dan tigliserida juga bervariasi dengan konsumsi telur rebus maupun bagel. Selain itu, orang dewasa yang sehat juga dapat menikmati sarapan telur asin rebus untuk diet tanpa khawatir akan resiko stroke maupun penyakit jantung akibat kolesterol tinggi.

artikel terkait: manfaat timun untuk dietmanfaat jeruk bali untuk diet


Cara melakukan diet telur asin rebus

Untuk melakukan diet telur asin rebus, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengganti sarapan Anda dengan telur asin rebus utuh. Untuk menghindari resiko sembelit, disarankan bagi Anda untuk banyak meminum air putih. Anda pun diperbolehkan untuk memakan maknan sayuran dan makanan dengan indeks glikemik rendah. Meskipun demikian, lebih baik Anda mengkonsultasikan hal ini terhadap dokter maupun ahli gizi terkait diet yang Anda jalankan.

artikel terkait: manfaat jahe merah untuk diet

Demikian merupakan sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat telur asin untuk diet. Meskipun demikian, kami sarankan kepada Anda untuk tidak tetap memperhatikan kesehatan Anda dan tidak berlebihan ketika diet. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfat.

, , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 04:09 Oleh :
Kategori : Kesehatan