Sponsors Link

15 Manfaat Jambu Kristal Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Jambu Kristal. Pastinya jenis jambu ini sudah tidak asing terdengar di telinga anda. Jenis jambu yang juga sering disebut jambu biji ini merupakan salah satu jenis jambu yang lezat dan juga populer di kalangan masyarakat, tak hanya Indonesia bahkan juga di dunia. Jambu ini secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu jambu kristal dengan biji dan isinya berwarna merah dan juga yang memilIki isi atau biji berwarna putih.

ads

manfaat jambu kristalKeduanya sangat nikmat disantap, perbedaanya hanya terdapat pada warna dan teksturnya saja. Kandungan gizi dan mineralnya pun tidak jauh berbeda satu sama lain. untuk memperoleh jambu Kristal ini pun sangatlah mudah. Anda dapat menemukan jambu Kristal di pasar tradisonal, hingga supermarket besar.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menikmati kelezatan dari jambu Kristal ini, antara lain :

  • Langsung dimakan begitu saja
  • Dibuat menjadi jus
  • Menjadi campuran dalam sop / es buah

Nah, anda yang sering mengkonsumi jambu Kristal ini, apakah sudah mengetahui manfaatnya? Ataukah belum tahu? Untuk lebih jelas, yuk kita simak apa saja manfaat jambu kristal ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat tersebut yang perlu anda ketahui :

1. Cocok untuk dijadikan minuman

Bagi anda yang senang untuk mengutak atik bahan makanan, anda dapat memanfaatkan jambu kristal ini sebagai minuman dengan cara dijus. Selain itu, juga dapat dikreasikan menjadi berbagai macam menu dengan menggunakan bahan dasar jambu kristal ini.

2. Baik untuk penderita diare

Manfaat jambu kristal memiliki serat yang tinggi, dan juga jambu Kristal mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini ternyata merupakan salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri yang menjadi penyabab kemunculan penyakit diare.

3. Mencegah sulit buang air besar atausembelit

Anda merasakan sembelit, atau sulit untuk buang air besar? Kalau begitu, anda harus coba untuk rajin mengkonsmsi jambu kristal. Jambu Kristal memilkki kandungan serat yang tinggi. Dengan tingginya serat yang dimiliki oleh jambu Kristal ini, maka pastinya sembelit dan sulit buang air besar yang anda alami dalam tuntas, karena salah satu faktor yang menyebabkan gangguan sembelit ini adalah kurangnya serat di dalam tubuh.

4. Mengobati batuk dan flu

Manfaat jambu kristal bagi kesehatan sangat baik untuk mengurangi lender di tenggorokan. Selain itu, jambu kristal sendiri juga dapat menjadi menghambat aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk flu yang anda alami.

5. Menjaga kesehatan kulit

Sudah tau akan apa saja manfaat dari vitamin E terutama bagi kulit? Ya, buah jambu Kristal merupakan salah satu jenis buah yang juga memiliki banyak kandungan vitamin E. Tentu saja vitamin E ini manfaatnya sangat baik, terutama bagi kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu :

  • Mencegah kulit kering dan bersisik
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mencerahkan wajah
  • Menutrisi kulit dari dalam
  • Menjaga kelembaban kulit

6. Menjaga rasa kenyang

Anda merasa lapar, namun belum waktunya anda untuk makan? Kalau begitu, anda dapat mengkonsumsi buah jambu kristal ini untuk camilan anda. Manfaat jambu kristal ini memiliki kandungan karbohidrat dan potassium yang cukup tinggi, sehingga dapat menghilangkan rasa lapar.

Selain itu, kandungan protein dan juga kandungan serat yang ada pada buah ini dapat membantu menjaga rasa kenyang anda agar tahan lama dan tidak mudah lapar.

7. Baik untuk kesehatan pencernaan

Serat merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan anda. dengan adanya serat, maka pencernaan anda akan menjadi lebih lancar, dan anda pun dapat terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan yang tentunya sangat mengganggu aktivitas anda.

8. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

Berbagai macam vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam buah jambu kristal memiliki manfaat. Tentunya sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Terjaganya daya tahan tubuh dengan baik dan sempurna, maka anda akan :

  • Terhindar dari berbagai macam penyakit
  • Selalu fit dan segar dalam beraktivitas
  • Terjaganya fokus

9. Sebagai zat anti oksidan

Jambu Kristal juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu zat antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada jambu Kristal ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi biang keladi dari berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, radikal bebas juga berperan dalam tejadinya proses penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.

10. Baik untuk kesehatan mata

ads

Manfaat jambu kristal memiliki kandungan vitamin A yang juga cukup tinggi. Vitamin A, selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ini akan membantu anda dalam mencegah dan juga mengobati berbagai macam gangguan mata, seperti :

  • Rabun jauh
  • Rabun dekat
  • Silindris
  • Rabun ayam
  • katarak

11. Memberikan energi bagi tubuh

Protein, karbohidrat, serat dan vitamin kompleks yang ada pada buah jambu kristal, dapat memberikan energi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, buah jambu Kristal juga memiliki kandungan gula, yang tentu saja sangat berguna untuk kebutuhan energi tubuh sehari-hari.

12. Baik untuk kesehatan tulang

Siapa bilang hanya susu yang baik untuk kesehatan tulang? Ternyata buah-buahan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah buah jambu kristal ini, karena memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang anda.

13. Mengobati sariawan

Vitamin C yang ada pada buah jambu kristal pastinya akan sangat efektif untuk mencegah dan juga mengobati sariawan yang anda alami.

14. Mencegah anemia

Manfaat jambu kristal bagi kesehatan juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi ini dapat membantu anda untuk mencegah meunculnya gejala-gejala anemia, seperti :

  • Mudah lelah
  • Letih
  • Lesu
  • Sering tidak focus dalam bekerja dan bearktivitas.

15. Mencegah infeksi dan juga virus

Berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah jambu kristal ini memiliki sifat yang sangat penting sebagai anti bakteri, anti infeksi dan juga anti peradangan. Itu artinya, buah jambu Kristal baik untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan juga virus di dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat buah jambu Kristal. Perlu diperhatikan, untuk mengolah jambu Kristal sebagai minuman / jus, jangan gunakan terlalu banyak gula dan juga air, agar kandungan nutrisi dan juga mineral pada jambu kristal tersebut tetap terjaga. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua para pembaca.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 19th, June 2015 / 02:52 Oleh :
Kategori : Buah Buahan