Sponsors Link

13 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kenari Dalam Meningkatkan Kualitas Kicau

Sponsors Link

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicau dengan suara merdu dan panjang yang membuat jenis burung ini cukup banyak digemari para kicau mania. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suara burung berkualitas tentunya memberikan pakan terbaik yang memiliki nutrisi tinggi. Salah satu jenis pakan tambahan tersebut adalah daun mengkudu. Dalam daun mengkudu memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kenari serta beberapa jenis burung kicau lainnya seperti selenium, antioksidan, glikosida, xeronine, terpenoid, vitamin A, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium dan masih banyak lagi yang lainnya.

ads
  1. Kicau Kenari Semakin Merdu

Tidak hanya bermanfaat untuk manusia, namun kandungan nutrisi yang ada pada daun mengkudu ini juga bermanfaat agar kicau dari burung kenari peliharaan anda bertambah merdu sekaligus melancarkan kicau burung ini.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Suara Serak

Kandungan di dalam daun mengkudu ini biasanya juga digunakan para pemelihara burung kicau untuk menyembuhkan suara kenari yang serak sekaligus mengatasi infeksi yang terjadi pada tenggorokan kenari khususnya pada saat ingin turun lomba.

  1. Melancarkan Pencernaan Kenari

Manfaat lainnya yang bisa digunakan dari daun mengkudu adalah untuk melancarkan pencernaan burung dan juga mengatasi salah satu masalah burung yakni obesitas atau kegemukan.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Alergi

Dalam daun mengkudu juga mengandung zat anti alergi sehingga sangat berguna untuk mengobati burung yang terkena alergi yang disebabkan asupan makanan, minuman dan juga polusi udara dan bisa diberikan hanya untuk kenari saja, namun juga pada beberapa jenis burung kicau lainnya.

  1. Meningkatkan Kualitas Suara

Daun kenari yang sudah direbus dan diberikan pada burung kenari akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas dari suara burung kenari sehingga bisa lebih jernih, lantang dan juga bening.

Artikel terkait:

  1. Menambah Nafsu Makan

Daun mengkudu yang masih muda juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan berbagai burung khususnya burung kenari. Caranya adalah dengan mencuci bersih pucuk daun mengkudu yang masih muda dan segar lalu gantung pada dalam sangkar seperti saat menggantung sawi sendok.

  1. Meningkatkan Reproduksi Kenari

Dari penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika ukuran dan juga berat dari telur burung kenari bisa meningkat saat diberikan daun mengkudu yang sudah diolah menjadi seperti tepung. Sementara untuk kenari yang tidak diberi pakan daun mengkudu tetap pada ukuran biasa yang tidak terlalu berkualitas.

Artikel terkait:

  1. Memulihkan Sel Tubuh Kenari

Dalam daun mengkudu atau daun pace juga mengandung zat bernama terpenoid. Zat ini akan sangat berguna untuk membantu pemulihan sel-sel tubuh pada burung kenari dan juga membantu dalam proses sintesis organic.

  1. Menghilangkan Lendir

Untuk menghilangkan lendir pada kenari yang menyebabkan kualitas suaranya menurun juga bisa diatasi dengan menggunakan daun mengkudu. Caranya adalah dengan mencuci pucuk daun mengkudu lalu parut dan peras airnya kemudian berikan pada burung kenari secukupnya supaya lendir bisa hilang.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Penyempitan Pembuluh Nadi

Ekstrak daun mengkudu yang bisa didapat dengan cara memeras sari pucuk daun mengkudu yang sudah dihaluskan lalu diberikan pada kenari ini juga sangat baik dalam pencegahan anteriosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh nadi pada burung.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Daun mengkudu ini juga bermanfaat dalam meningkatkan produkstivitas induk burung kenari yang sedang berada dalam penangkaran sehingga nantinya indukan kenari bisa lebih cepat bertelur dan kualitas telur tersebut juga semakin bagus.

Artikel terkait:

  1. Mematangkan Kelamin Kenari

Mematangkan kelamin kenari atau mempercepat usia dewasa dari kelamin burung juga bisa dilakukan dengan cara memberikan pucuk daun mengkudu secara rutin sebagai salah satu pakan tambahan. Caranya adalah dengan memberikan 2 tetes sari pucuk daun mengkudu secara rutin setiap pagi.

  1. Mengurangi Stress Kenari

Pada saat seperti akan turun lomba, maka hal yang sering terjadi dan ditakutkan para pencinta burung adalah stress. Untuk mencegah kenari stress tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan daun mengkudu secara rutin pada kenari khususnya sebelum lomba dengan takaran dan dosis yang tepat.

Artikel terkait:

Cara Pemberian Daun Mengkudu

Untuk memberikan daun mengkudu pada kenari bisa dilakukan dengan 4 cara yang berbeda yakni direbus, diberikan langsung, diperas sarinya dan juga diberikan pada jangkrik. Untuk lebih jelasnya bisa langsung anda simak berikut ini.

  • Gantung di sangkar: Seperti halnya memberikan sawi, anda bisa menggantung pucuk daun mengkudu yang sudah dibersihkan di dalam sangkar. Untuk dosisnya bisa diberikan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
  • Ditumbuk: Cara berikutnya adalah dengan menumbuk daun mengkudu. Siapkan 3 lembar pucuk daun mengkudu yang berwarna hijau agak kekuningan lalu tumbuk sampai halus. Tuangkan sedikit air matang dan peras kemudian berikan pada kenari, lovebird, kacer, murai batu, cendet, pleci dan juga cucak ijo.
  • Berikan pada jangkrik: Cara berikutnya memang sedikit unik, sebab pucuk daun mengkudu diberikan untuk pakan jangkrik terlebih dulu dan barulah jangkrik tersebut bisa diberikan pada kenari dan beberapa burung lain seperti cendet, kacer, cucak ijo dan juga murai batu.
  • Direbus: Cara terakhir adalah dengan merebus daun mengkudu. Caranya adalah dengan merebus 3 lembar daun mengkudu yang masih muda dan sudah dicuci sampai bersih bersama dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Tunggu sampai dingin dan berikan pada kenari sebagai minuman.

Artikel terkait:

Demikian ulasan dari kami mengenai manfaat daun mengkudu untuk kenari yang bisa anda gunakan sebagai ekstra fooding dengan tujuan utama yakni membuat kualitas kicau kenari semakin meningkat secara alami dan aman. Pemberian daun atau sari pucuk daun mengkudu ini tidak boleh diberikan setiap hari atau terlalu berlebihan, sebab akan memberikan dampak buruk untuk kenari, hanya cukup 3 kali dalam seminggu saja. semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 19:51 Oleh :
Kategori : Hewan