4 Manfaat Burung Elang Bagi Kehidupan

Demikian ulasan mengenai manfaat burung elang bagi kehidupan Elang atau dalam bahasa inggris disebut dengan eagle merupakan salah satu jenis burung pemangsa yang memiliki ukuran besar. Elang merupakan hewan berdarah panas artinya burung elang ini beraktivitas di siang hari. Sebagai seekor burung, tubuh elang diselimuti oleh bulu-bulu dengan warna dominan gelap seperti hitam, cokelat dan putih tergantung pada jenis elangnya masing-masing. elang berkembang biak dengan cara bertelur dan telur burung elang ini memiliki cangkang yang sangat kuat. Burung elang akan menjaga anaknya hingga mereka mampu terbang mandiri.

artikel terkait:

Disebut sebagai hewan pemangsa karena burung elang ini memangsa hewan lain sebagai makanannya. Hewan yang disukai oleh burung elang sebagai makanan adalah mamalia kecil misalnya kadal, ikan, tikus, tupai serta jenis serangga. Bentuk paruh dari burung elang ini adalah menukik dan tidak memiliki gigi sehingga akan mengoyak tubuh mangsanya hingga hancur. Burung elang memiliki daya lihat yang sangat baik meskipun dari jarak jauh.

Manfaat burung elang

Sebagai burung pemangsa mungkin anda mengira bahwa burung elang ini cukup mengerikan dan sebaiknya tidak berada di dekat anda. Namun siapa sangka ternyata keberadaan burung elang ini memiliki manfaat yang sangat baik lho untuk kehidupan di dunia ini. apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini:

  1. Sebagai indikator keseimbangan ekosistem

Anda pasti tahu akan adanya rantai makanan bukan? Mulai dari padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular dimakan burung elang dan burung elang dimangsa manusia? Nah, rantai makanan ini juga dapat dijadikan sebagai indikator keseimbangan ekosistem. Jika dalam suatu ekosistem sudah tidak terdapat burung elang sebagai pemangsa maka jumlah misalnya disini ular akan sangat banyak dan bisa dibayangkan jika jumlah ular sangat banyak maka bisa menjadi chaos dan meresahkan kita bukan? Oleh karena itu burung elang ini sangat bermanfaat untuk tetap mempertahankan keseimbangan alam secara alami.

artikel terkait: manfaat kerodongmanfaat ebod joss

  1. Membantu mengurangi hama

Pada lahan pertanian atau perkebunan seringkali didapati berbagai macam hama yang membuat gagal panen. Tentu saja ini akan sangat menjengkelkan bukan? Hama pertanian dan perkebunan antara lain seperti tikus, wereng, belalang, ular dan lainnya. hampir sebagian besar dari hama pertanian dan perkebunan ini adalah hewan mangsaan dari burung elang. Jadi burung elang akan memakan hama tersebut sehingga pak tani bisa tersenyum kembali melihat ladangnya yang siap panen.

Meskipun saat ini sudah banyak diproduksi obat pestisida untuk menghilangkan hama namun menggunakan cara alami akan lebih baik dan tidak merusak alam. Jadi, jika anda saat ini memiliki hobi memburu burung elang sebaiknya hentikan saat ini juga ya.

artikel terkait: manfaat daun saga untuk kesehatan dan burungmanfaat ulat hongkong

  1. Membantu penyebaran benih

Terkadang media penyebaran benih dari tempat ke tempat juga bisa dilakukan secara alami oleh para hewan salah satunya adalah dari burung elang. Burung elang memang pemakan daging atau karnivora sehingga tidak mungkin memakan biji-bijian. Namun hewan mangsaan dari burung elang banyak yang memakan biji dan sayur atau herbivore sehingga ketika burung elang memakan mangsanya dan terbang ke tempat lain kemudian burung elang tersebut buang kotoran dan ternyata di dalam kotorannya tersebut terdapat biji-bijian yang nantinya dapat tumbuh.

artikel terkait: manfaat tepung krotomanfaat makan apel di malam hari


  1. Daging burung elang dapat dikonsumsi manusia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya mengenai rantai makanan yang diakhiri dengan burung elang dimakan manusia. Ya daging dari burung elang memang bisa dimakan oleh manusia namun sebaiknya ini dilakukan pada saat yang mendesak saat sudah tidak ada makanan lainnya. hal ini disebabkan karena saat ini burung elang menjadi burung langka yang dilindungi sehingga lebih baik tidak memakan burung elang.

artikel terkait: manfaat pohon kinamanfaat kulit apel hijau

Demikian ulasan mengenai manfaat burung elang bagi kehidupan manusia, bagi anda yang sedang ingin mencari tahu semoga artikel ini bisa menjadi rujukan. Tetap lestarikan keberadaan burung elang supaya ekosistem tetap terjaga. Terima kasih dan semoga bermanfaat

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan