5 Manfaat Elang Jawa Bagi Manusia

Elang jawa, pasti banyak dari anda semua yang sudah cukup familiar dengan salah satu hewan yang saat ini sudah masuk ke dalam kategori terancam punah ini. Sesuai dengan namanya, elang jawa merupakan salah satu jenis burung elang yang merupakan hewan, endemik yang berasal dari pulau jawa. Saat ini, populasi dari burung elang jawa sudah semakin menurun, dan statusnya sedang terancam.

Tubuh dari elang jawa sendiri termasuk ke dalam golongan burung yang bertubuh sedang, dengan ukuran panjang tubuh berkisar antara 60 hingga 70 cm dengan warna bulunya yang khas, yaitu coklat. Burung elang jawa tinggal pada daerah hutan primer, yang saat ini hanya terbatas pada Taman Hutan hujan tropik di daerah Ujung Kulon, Jawa Barat. Karena kelangkaannya, maka elang jawa dilarang untuk dipelihara dan juga sangat dijaga pelestariannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari elang jawa :

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Aves
  • Ordo: Falconiformes
  • Famili: Accipitridae
  • Genus: Nisaetus
  • Spesies: N. bartelsi

Saat ini, meskipun merupakan salah satu hewan yang dilindungi dan spesiesnya terancam punah, ternyata elang jawa memiliki beberapa manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat elang jawa bagi manusia :

1. Sebagai penyeimbang ekosistem

Keberadaan elang jawa berguna sebagai penyeimbang ekosistem. Segala sesuatu yang hidup di alam ini membutuhkan kesimbangan. Apabila ada salah satu mata rantai yang hilang, maka keseimbangan dari kehidupan di alam akan menjadi tidak baik dan hal ini akan mempengaruhi lingkungan, terutama manfaat hutan. Salah satu dampak dari ketidakseimbangan ekosistem ini pun bisa saja berdampak pada manusia, seperti munculnya gangguan alam, seperti bencana alam. Karena itu, keberadaan dari elang jawa wajib untuk kita lestarikan.

Keseimbangan ekosistem ini juga membutuhkan kelestarian dari :

2. Membasmi hama, seperti tikus

Manfaat elang jawa bagi manusia yang beriktunya adalah sebagai pembasmi hama. Ya, elang jawa merupakan predator bagi hama-hama yang mengganggu hasil pertanian dari manusia, salah satunya adalah tikus. Tikus merupakan makanan utama dari elang jawa, sehingga keberadaan elang jawa dapat membantu para petani dalam mengurangi jumlah hama tanaman. Hal ini tentunya akan sangat merugikan apabila mereka masih harus berhadapan dengan banyaknya hama yang merusak hasil pertanian mereka.

Pembasmi hama secara alami lainnya juga dapat menggunakan :

3. Sebagai daya tarik wisata mancanegara

Keberadaan elang jawa bagi manusia dapat berguna sebagai daya tarik wisata mancanegara. elang jawa merupakan salah satu jenis hewan endemik, yang dapat menarik minat para wisatawan mancanegara untuk ikut melestarikan dan juga mengamati kegiatan dari elang jawa tersebut. Kondisi di Indonesia sebenarnya juga mampu menarik wisatawan mancanegara, yang bisa dilakukan dengan :

4. Salah satu hewan peliharaan yang sangat menarik

Sebenarnya, elang jawa memang dilarang untuk dipelihara, namun masih saja banyak orang yang tidak taat dan masih memelihara burung yang satu ini. Ini merupakan salah satu manfaat elang jawa bagi manusia yang lainnya. Elang jawa dapat menjadi hewan peliharaan, yang dapat meningkatkan pemuasan individu terhadap hobi mereka.

Berikut ini beberapa hewan peliharaan yang banyak diminati yakni :

5. Meningkatkan nilai jual pariwisata

Merupakan salah satu manfaat lanjutan dari meningkatnya turis mancanegara. Ya, elang jawa dapat membantu meningkatkan nilai jual dari pariwisata di Indonesia. Dengan banyaknya turis yang datang, dan juga penobatan elang jawa sebagai maskot binatang langka, maka hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah pendapatan kas daerah dari sektor priwisata. Peningkatan kas daerah ini tentu saja dapat meningkatkan pembangunan dan juga perkembangan ekonomi di daerah tersebut.

Sektor pariwisata juga bisa didorong dengan adanya :

Elang Jawa Sebagai Filosofi Lambang Garuda Indonesia

Anda tahu lambang dari NKRI? Ya, lambang dari negara kita tercinta ini adalah bentuk burung yang kita kenal sebagai burumg garuda. Namun demikian, ternyata burung garuda yang menjadi lambang dari negara Indonesia ini seringkali dikaitkan, dengan sosok dati elang jawa. Hal ini disebabkan karena banyak yang tidak tahu sosok dari burung garuda itu sendiri. Hal ini pun membuat elang jawa memiliki banyak sekali nilai filosofis, sehingga pelestariannya harus kita jaga dengan sangat baik.

Itulah beberapa manfaat dari elang jawa bagi manusia. Elang jawa merupakan salah satu spesies dari burung langka yang wajib kita lestarikan. Pembukaan lahan hutan merupakan salah satu hal yang menyebabkan populasi dari spesies elang jawa menjadi berkurang. Karena itu, kita harus bisa menjaga keasrian hutan kita, agar elang jawa tidak mengalami kepunahan.

, , ,
Post Date: Tuesday 06th, October 2015 / 09:47 Oleh :
Kategori : Hewan