Manfaat Telur Burung Dara Untuk Kesehatan

Burung dara (columbidae) merupakan spesies yang hampir terdapat di seluruh dunia. Burung ini memiliki ciri-ciri badan gempal, leher pendek dan paruh ramping pendek dengan cere berair. Di alam bebas, burung dara membangun sangkarnya dari ranting dan sisa-sisa lainnya yang ditempatkan ada pepohonan, birai maupun tanah tergantung dengan spesiesnya.

artikel terkait:

Kebanyakan orang menganggap bahwa memelihara burung dara tidak memberikan banyak manfaat layaknya memelihara unggas lain seperti ayam. Bagi beberapa orang, burung dara lazim digunakan untuk adu balap maupun dikonsumsi dagingnya. Bagaimana dengan telur burung dara yang berukuran kecil itu?

Telur burung dara memiliki kandungan protein yang tinggi pada bagian kuning dan putih telurnya. Selain itu, pada telur burung dara juga terdapat kandungan lemak dan karbohidrat yang dapat berguna sebagai sumber energi untuk tubuh serta dapat membantu perbaikan pada sel-sel tubuh yang rusak. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat telur burung dara.

Manfaat Telur Burung Dara

Meskipun jarang digunakan sebagai bahan konsumsi, ternyata telur burung dara juga memiliki manfaat yang mencengangkan. Setidaknya ada tiga manfaat yang dapat kami sampaikan mengenai telur burung dara, diantara adalah sebagai berikut :

1. Sebagai sarana pengembangbiakan burung dara

Burung dara merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk ovipar, yaitu hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Untuk menetaskan telurnya menjadi anak burung dara, burung dara perlu mengerami telurnya hingga menetas.

artikel terkait: manfaat kulit telurmanfaat telur ikan

2. Sebagai telur konsumsi

Layaknya telur hewan unggas pada umumnya, telur burung dara pun dapat dikonsumsi dengan cara digoreng maupun direbus. Meskipun demikian, ukuran telur burung dara yang cukup kecil menjadikan telur ini jarang dikonsumsi oleh masyarkat pada umumnya.

artikel terkait: manfaat telur kalkunmanfaat telur bagi ibu hamilmanfaat telur untuk luka jahitan

3. Sebagai obat penurun panas demam anak secara tradisional

Manfaat ketiga dari telur burung dara adalah sebagai obat tradisional penurunan panas demam. Karena konon ternyata konsumsi telur burung dara mentah ternyata dapat membantu menurunkan panas demam pada anak. Berikut merupakan cara-cara yang dapat Anda tempuh dalam mengkonsumsi telur burung dara guna menurunkan panas demam anak


  • Cara 1

Konsumsi burung dara mentah secara langsung tanpa menambah apapun. Anda dapat membuka sedikit cangkang burung dara tersebut kemudian langsung menelannya ketika kuning dan putih burung dara keluar.

  • Cara 2

Minumkan telur burung dara kepada anak setelah telur burung dara mentah diaduk hingga bercampur antara kuning dan putih telurnya. Konon, setelah beberapa jam didiamkan, biasanya akan muncul bintik-bintik merah pada kulit anak. Apabila manjur, maka secara perlahan-lahan panas pada anak akan semakin berkurang.

  • Cara 3

Apabila anak Anda tidak menyukai cara konsumsi langsung dalam mengkonsumsi telur burung dara mentah, maka Anda dapat mencampurkannya dengan madu. Selain memiliki rasa manis alami, madu juga sering digunakan sebagai obat tradisional.

Konsumsi telur burung dara untuk menurunkan panas demam seperti cara di atas merupakan salah satu solusi bagi Anda untuk menurunkan panas demam anak tanpa perlu meminum obat. Beruntunglah Anda apabila anak Anda sedang demamm namun terdapat keluarga maupun kerabat yang memelihara burung dara yang sedang bertelur. Karena telur tersebut dapat dijadikan sebagai obat penurun panas demam anak Anda.

artikel terkait: manfaat telurmanfaat telur ayam kampung mentahmanfaat telur hias

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat telur burung dara. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu memberikan infromasi kepada Anda mengenai manfaat telur burung dara ini. Terimakasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 04:01 Oleh :
Kategori : Makanan