6 Manfaat Apel untuk Burung Kenari Peliharaan

Siapa yang tidak menyukai buah apel, buah yang memiliki rasa manis yang keasam-asaman. Apel adalah jenis buahan yang sangat populer tidak hanya bagi kita manusia saja akan tetapi ada beberapa jenis burung yang menyukai buah apel juga. Buah apel yang memiliki daging tebal dan kulit yang sangat tipis sehingga sangat disukai oleh burung kicau seperti kenari. Buah apel bisa menjadi makanan tambahan untuk memvariasikan makanan bagi burung kenari, tentunya agar kenari mendapatkan asupan vitamin. Selain itu agar kenari tidak merasa bosan dengan pakan harian yang sama setiap harinya.

Kandungan nutrisi buah apel :

  • Vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, B6, dan B9
  • Mineral antara lain kalsium, magnesium, pottasium, zat besi, dan zinc.
  • Zat fitokimia sebagai antioksidan.
  • Serat yang tinggi.
  • Zat tanin
  • Baron
  • Flavoid
  • Zat quercetin
  • Asam D-glucaric
  • Asam tartar

Burung kenari memiliki nama latin Serius Canaria. Burung ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut yang bernama Jean de Berthan Cout yang berasal dari Perancis. Ia menemukan kenari di kepulauan canary pada abad ke -15. Beberapa orang mungkin berpikir burung kenari memiliki hubungan dengan buah kenari, akan tetapi ternyata tidak. Nama kenari diambil dari nama pulau tempat habitat asli burung kenari tersebut. Burung kenari memiliki keindahan bulu dan suaranya yang sangat merdu. Saat ini burung kenari yang banyak kita temui adalah hasil persilangan burung kenari asli (Serius Canaria) dengan jenis lainnya.

Manfaat apel untuk burung kenari :

  1. Buah apel kaya dengan vitamin, yaitu beberapa vitamin yang terkandung didalamnya adalah vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, B6, dan B9.
  2. Buah apel juga kaya akan serat. Kandungan serat yang tinggi sangat baik bagi pencernaan burung kenari, apalagi bagi kenari yang gemuk. Maka serat sangat berguna untuk diet dan mengurangi lemak negatif.
  3. Kandungan zat tanin yang bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan kenari. Jadi buah apel sangat bagus untuk mencegah suara serak pada burung kenari.
  4. Mineral yang terkandung dalam buah apel juga sangat tinggi, terutama kadar kalsium yang sangat bagus bagi kepadatan tulang burung kenari. Salah satu manfaatnya yaitu agar kaki-kaki burung kenari tidak mudah patah.
  5. Kadar zat asam yang bernama tartar dapat berguna untuk membunuh bakteri jahat yang ada dalam bagian pencernaan kenari.
  6. Kandungan quercetin sebagai antioksidan yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh kenari agar kebal dari serangan penyakit.

Namun pakan apel burung kenari ini tentunga harus dengan apel berkualitas, sehingga menghasilkan burung kenari yang bagus.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan