18 Manfaat Daun Intaran untuk Kesehatan Tubuh

Banyak jenis dedaunan yang dapat dimanfaat untuk berbagai hal, salah satunya dimanfaatkan untuk kesehatan. Adapun salah satu jenis daun yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan yakni daun intaran. Meskipun tidak banyak dijual di pasaran, daun intaran atau daun dengan nama latin Azadirachta indica ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, hanya saja belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

artikel terkait:

Daun intaran berasal dari pohon intaran yang dapat hidup pada daerah tropis. Pohon intaran merupakan jenis pohon berkambium yang  bahkan dapat tumbuh setinggi 20 meter. Bentuk daun intaran ini bergerigi dan dapat tumbuh lebat, sehingga terkadang digunakan untuk tanaman perindang. Daun intaran lebih dikenal di India dengan nama daun neem dan banyak dimanfaatkan sebagai lalapan seperti dengan kemangi.

Kandungan Senyawa Dalam Daun Intaran

Daun Intaran memang tidak terlalu dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena memang berasal dari tanaman yang sudah tumbuh dan dikenal lama di India. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun intaran yakni hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, nimbine, sitosterol, 6 desacetylbimbine, serta nimbolide. Tidak hanya kandungan senyawa di dalamnya, daun intaran juga memiliki beberapa aktivitas yakni antikanker, antibakteri, antiviral, antiduretic, antifungal, serta antisedative. Kandungan senyawa serta aktivitas daun intaran memang sangat baik untuk digunakan sebagai salah satu jenis dedaunan obat herbal.

artikel terkait: manfaat daun pare

Manfaat Daun Intaran

Daun yang juga disebut dengan nama daun mimba atau daun neem ini memiliki rasa yang pahit. Akan tetapi, dibalik rasa pahit dari daun intaran, banyak manfaat yang diperoleh dari memanfaatkan daun intaran sebagai sayur harian dan juga obat herbal. Adapun manfaat dari daun intaran untuk kesehatan diantaranya:

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Seperti daun yang memiliki rasa pahit lainnya, yang biasa digunakan untuk penambah nafsu makan anak, daun intaran juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan, baik untuk anak maupun dewasa. Daun intaran juga memiliki rasa pahit yang dapat diolah menjadi salah satu jenis lalapan atau mungkin sayur lain. Mengkonsumsi daun intaran baik sebagai lalapan maupun

  1. Mengatasi Disentri

Mengatasi disentri dengan daun intaran sangatlah mudah dan efektif. Dengan meminum air rebusan daun intaran yang diminumsecara rutin, lambat laun penyakit disentri dapat disembuhkan.

artikel terkait: manfaat kitolod

  1. Menurunkan Gula Darah

Menkonsumsi daun intaran setiap hari dapat membantu menurunkan kelebihan kadar gula darah dalam tubuh. Tidak hanya menurunkan kadar gula darah, lebih tepatnya mengkonsumsi daun intaran dapat membantu menjaga agar kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. 


  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Daun intaran memiliki aktivitas anti kanker. Mengkonsumsi daun intaran dapat membantu meningkatkan sistem imun, sehingga dapat menguatkan tubuh dan mencegah masuknya sel penyebab kanker untuk masukke dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat air rebusan daun pepaya

  1. Mengatasi Malaria

Penderita malaria dapat disembuhkan dengan menggunakan daun intaran. Daun intaran dapat membantu menjaga kesehatan hati. Sehingga dapat membantu mengobati dan memulihkan penyakit malaria yang dialami oleh penderitanya.

  1. Meredakan Asma

Asma terjadi karena adanya sumbatan oleh lendir pada saluran pernapasan, sehingga pernapasan seseorang menjadi terganggu. Untuk membantu menghilangkan lendir pada saluran pernapasan ini, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi minyak intaran mulai dari 3 tetes dan ditambah satu tetes setiap minggunya selama 6 bulan.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk asam urat

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti sirih, daun intaran juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Namun caranya berbeda dengan sirih yang digunakan air rebusannya untuk menjaga mata agar tetap bening. Daun intaran di keringkan kemudian dikonsumsi dalam bentu kapsul untuk membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Mempercepat Proses Pengeringan Luka

Daun intaran memiliki sifat anti bakteri. Menggunakan daun intaran untuk menutup luka pada kulit dapat membantu mempercepat pengeringan luka karena kandungan di dalam daun intaran dapat membantu mencegah masuknya bakteri yang dapat menghambat penyembuhan luka.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rambut

  1. Mencegah Peradangan

Mengkonsumsi daun intaran dapat membantu mengatasi dan mencegah terjadinya peradangan pada beberapa bagian tubuh. Aktivitas anti inflamasi yang dimiliki oleh daun intaran membantu mencegah terjadinya peradangan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh.

  1. Menurunkan Demam

Bukan dengan kompres, menurunkan panas yang disebabkan oleh demam dapat dilakukan dengan menggunakan daun intaran. Sifatnya yang anti piretik ini membantu menurunkan panas yang disebabkan karena demam.

artikel terkait: manfaat daun inai untuk rahim

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Daun intaran dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Mengkonsumsi daun intaran dapat membantu normalisasi sistem peredaran darah.

  1. Mengatasi Penyakit Lambung

Penyakit lambung dapat terjadi karena dinding rahim yang rusak serta terlalu tingginya kadar asam dalam lambung. Mengatasinya cukup mudah, dengan mengkonsumsi daun intaran, dinding lambung akan terjaga kesehatnnya, serta kelebihan kadar asam dalam lambung dapat diturunkan.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk ibu hamil

  1. Mencegah Terjadinya Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan, seperti stroke dan jantung. Konsumsi daun intaran setiap harinya untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Kandungan di dalam daun intaran dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah dalam keadaan normal.

  1. Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Penyakit jantung dapat terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang menuju jantung. Kambuhnya penyakit jantung dapat dipicu karena tekanan darah tinggi. Diketahu bahwa daun intaran dapat mencegah terjadinya darah tinggi, sehingga risiko terkena serangan darah tinggi dapat dikurangi.

artikel terkait: manfaat daun ciplukan untuk stroke

  1. Mengatasi Cacingan

Cacingan terdengar seperti hal yang sepele, akan tetapi dapat menghabiskan tubuh. Nutrisi makanan yang dimakan oleh cacing di dalam tubuh dapat membuat penyerapan nutrisi pada tubuh terhambat. Cacing dalam tubuh perlu dikeluarkan, salah satu caranya yakni dengan mengkonsumsi daun intaran.

  1. Mengobati Eksim Pada Kulit

Eksim pada kulit dapat diatasi dengan membalurkan daun intaran yang sudah diitumbuk pada kulit yang terkena eksim. Dengan menggantinya secara rutin 2xdalam sehari, eksim pada kulit dapat disembuhkan.

artikel terkait: manfaat daun ciplukan untuk payudara


  1. Mengatasi Nyeri Otot

Meminum jus daun intaran setiap hari dapat membantu meredakan nyeri otot yang disebabkan karena lelah beraktivitas selama seharian.

  1. Menjaga Kesehatan Sendi

Sendi merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk bergerak. Kesehatan sendi perlu dijaga dengan mengkonsumsi jus daun intaran setiap harinya.

artikel terkait: manfaat daun keji beling

Daun intaran memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Meskipun belum terlalu tenar di Indonesia, tidak ada salahnya untuk mencoba mengatasi beberapa masalah penyakit di atas dengan memanfaatkan daun intaran.

,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 14:50 Oleh :
Kategori : Herbal