8 Manfaat Kerodong untuk Kandang Burung

Bagi anda para pecinta hewan peliharaan burung, pastinya kerodong sudah tidak asing lagi. Kerodong sebenarnya berasalah dari kada kerudung, yang tentu saja berfungsi untuk menutupi sesuatu. Dalam hal ini yang ditutupi oleh kerodong ini adalah sangkar burung itu sendiri, yang nantinya juga akan berfungsi untuk melindungi burung.

Saat ini, kerodong burung sudah terdiri dari berbagai macam jenis dan juga berbagai macam warna yang menarik, sehingga banyak digunakan pula oleh para pecinta burung. Sebenarnya apa saja sih manfaat dari sebuah kerodong burung ini? Mengapa kerodong burung sangat penting dan harus digunakan untuk kepentingan si burung itu sendiri?

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kerodong burung tersebut:

  1. Menjaga agar burung tidak stress

Manfaat kerodong burung yang pertama adalah untuk mencegah agar burung tidak merasa stress. Terkadang, burung memiliki pola perilaku yang sama seperti manusia. Burung bisa saja merasakan stress apabila harus dihadapkan pada lingkungan baru yang membuat dia tertekan.

Karena itu, dengan menggunakan kerodong, maka burung bisa saja terhindar dari kondisi lingkungannya yang dapat membuat burung tersebut stress. Sehingga hal ini akan membuat burung menjadi lebih nyaman berada di dalam sangkarnya dan mencegah burung tersebut mengalami yang namanya stress.

  1. Menghangatkan suhu di dalam sangkar

Menjemur burung yang berada di dalam sangkar merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat membantu burung agar menjadi lebih sehat dan juga segar setiap saat. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu agar burung tidak merasa kedinginan akibat terpaan angin yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Ketika menjemur burung, maka kerodong tersebut bisa digunakan, untuk membantu mempercepat proses pemanasan dan juga penghangatan suhu di dalam sangkar tersebut.

  1. Mencegah burung terkena hujan dan cauca buruk

Burung bisa saja mengalami sakit dan juga kondisi tubuh yang menjadi tidak baik apabila terkena hujan dan juga cuaca buruk. Apabila kehujanan, burung bisa kehilangan kemampuan dan juga keindahannya, karena dapat menjadi sakit. Kaena itu, gunakanlah kerodong untuk burung di dalam sangkar anda.

Penggunaan kerodong ini, lebih dari sekedar dekor saja, tapi juga mampu melindungi burung kesayangan anda dari cuaca buruk dan juga hujan yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada burung anda. Selain itu, perawatan bulu burung yang cukup rumit juga akan tetap terjaga apabila sangkar burung ditutup dengna menggunakan kerodong, sehingga air hujan tidak akan merusak kecantikan dari bulu burung yang anda miliki.

Perawatan terhadap bulu burung bisa juga menggunakan manfaat air guna memandikan bulu burung namun dengan gerakan perlahan. Dengan cara membelai bulu burung secara perlahan, hal ini juga sambil melakukan pijatan kecil pada tubuh burung agar relax.

  1. Mencegah burung dari binatang yang dapat mengganggu kesehatan

Sama seperti manusia, terkadang, burung juga dapat terserang penyakit apabila tergigit binatang tertentu, karena itulah, kerodong sangat berfngsi penting bagi burung anda. Dengan adanya kerodong yangmenutupi sangkar burung anda, maka buung anda akan terhindar dari segala bentuk serangan binatang lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada burung kesayangan anda.

  1. Menjaga stabilitas suhu di dalam sangkar

Suhu yang stabil juga merupakan salah satu idaman dari setiap burung yang ada. Karena itu, sebagai pemiliki burung yang baik, kita jug aharus mampu untuk menjaga suhu di dalam sangkar burung kesayangan kita. Pastikan agar suhu di dalam sangkar tidak terlalu panas, ataupun tidak terlalu dingin bagi burung kesayangan anda.

Hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan kerodong. Kerodong dengan kualitas yang baik akan dapat membantu untuk menjaga sabilitas suhu di dalam sangkar burung anda. dengan stabilitas suhu sangkar yang terjaga dengan baik, maka hal ini tentu saja akan membantu menjaga kenyamanan dari penghuni sangkar tersebut, alias burung kesayangan anda.

  1. Menghindari burung dari ancaman predator

Terkadang, yang namnya predator tidak harus merupakan hewan yang lebih besar dan juga lebih kuat daripada burung kesayangan anda. Beberapa hewan kecil yang masuk ke dalam sangakar burung anda, berpotensi untuk membunug burung kesayangan anda. Kepik adalah contohnya.

Burung yang tidak sengaja memakan kepik bisa saja mengalami kematian. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, maka anda bisa menggunakan kerodong untuk sangkar burung anda, agar burung anda bisa terbebas dari ancaman predator yang berbahaya tersebut.

  1. Sebagai hiasan dan dekorasi sangkar

Hal paling utama yang sering dijadikan sebagai patokan manfaat dari penggunaan kerodong di sangkar burung adalah sebagai dekorasi dan juga hiasan. Saat ini kerodong burung sudah dibuat dari berbaagai macam motif, warna dan juga bahan. Kebanyakan para pecinta burung akan memilki kondisi kerodong yang memilki motif, bahan dan juga warna yang menarik, sehingga akan meningkatkan nilai estetika dan juga keindahan yang dimiliki oleh sangkar burung mereka.

  1. Mencegah burung kepanasan dan merasa tidak nyaman saat dibawa kemanapun 

Pemanfaatan dari sebuah kerodong yang paling populer adalah sebagai penutup sangkar burung ketika burung akan dibawa ke tempat lain menggunakan roda dua. Hal ini untuk mencegah agar burung tidak stress dan juga kepanasan ketika dibawa pergi berkeliling jalanan kota.

Selain itu, degnan adanya kerodong ini, suhu did alam sangkar juga akan menjadi lebih stabil, yang aman akan membantu menjaga kenyamanan dari si burung itu sendiri, yang akan menyebabkan burung tersebut tidak menjadi stress karena dibawa berkeliling kota yang panas, macet dan juga memiliki banyak sekali gangguan-gangguan yang dapat menyebabkan kesehatan si burung tersebut menjadi terganggu.

Perlu diingat, meskipun kerodong memiliki banyak manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan burung kesayangan anda di dalam sangkar, namun ternyata kerodong burung pun bisa saja menyebabkan burung anda terganggu kesehatannya. Hal in iterjadi apabila kerodong burung anda tidak terjaga kebersihannya dengan baik, sehingga dapat meningkatkan resiko terganggunya kesehatan si burung.

Karena itu, anda harus secara ruting membersihkan dan juga mencuci kerodong burung yang anda miliki, terutama apabla kerodong burung tersebut sering digunakan untuk berpergian dengan menggunakan kendaraan roda dua, yang mana pastinya banyak debu dan juga polutan yang menempel apda kerodong tersebut, yang dapat membahayakan kesehatan dari burung kesayangan anda.

Gunakanlah detergen ataupun shampoo khusus untuk mencuci dan membersihkan kerodong , sehingga kerodong untuk menutupi sangkar burung anda akan menjadi senantiasa bersih, dan burung anda pun akan menjadi sehat dan terhindar dari kuman dan penyakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan