11 Manfaat Burung Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh

Burung puyuh merupakan jenis burung yang memiliki ukuran kecil seperti anak ayam dan tidak bisa terbang terlalu tinggi seperti burung pada umumnya. Daging burung puyuh banyak dijual di pasaran untuk dikonsumsi masyarakat. Burung yang memiliki nama latin Cortunix  ini biasa dikonsumsi daging dan telurnya. Burung puyuh banyak dibudidayakan dan dijual baik dalam bentuk sudah matang maupun masih hidup. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, burung puyuh banyak diminati dan ternyata memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk menjaga kesehatan.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Telur Puyuh

Ukuran burung puyuh yang kecil tidak menutup kemungkinan dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Secara umum, daging burung puyuh memiliki berbagai kandungan seperti protein, fosfor, lemak, kalsium, zat besi, seng, vitamin A dan juga vitamin B. Sedangkan telur burung puyuh juga memiliki kandungan protein yang tinggi serta terdapat kandungan kolin di dalamnya yang baik untuk otak.

artikel terkait: manfaat telur

Manfaat Burung Puyuh

Dari kandungan gizi yang terdapat di dalam daging maupun telur burung puyuh, secara umum burung puyuh memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan. Beberapa manfaat daging dan telur burung puyuh tersebut diantaranya yakni:

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kuning telur tidak hanya memiliki kandungan protein, akan tetapi kuning telur puyuh memiliki kandungan lutein dan zeaksantin yang dapat menjaga kesehatan retina mata. Kedua kandungan tersebut melindungi mata dari mengatur sinar biru yang masuk kedalam mata. Karena sinar biru yang masuk kemata tanpa sebelumnya di filter terlebih dahulu dapat menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan mata.

Selain lutein dan zeaksantin, telur dan daging burung puyuh juga memiliki kandungan vitamin A. Meskipun kandungan vitamin A dalam burung piyuh tidak sebanyak yang dimiliki oleh wortel, namun tetap memiliki manfaat dan berpengaruh untuk menjaga kesehatan mata.

artikel terkait: manfaat kuning telur mentah

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya vitamin A dan B saja yang terkandung dalam burung puyuh, namun juga kandungan vitamin E. Sama halnya vitamin E dalam kandungan buah dan sayur, kandungan vitamin E pada daging burung puyuh dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin E pada daging telur puyuh juga bermanfaat utuk proses regenerasi kulit yang berlangsung setiap saatnya.

artikel terkait: manfaat vitamin A

  1. Menguatkan Tulang

Daging burung puyuh memiliki kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya. Kedua zat ini bermanfaat untuk menjaga tulang agar tidak keropos dan terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis  yang disebabkan karena kekurangan kalsium dan fosfor.

artikel terkait: manfaat kuaci

  1. Mengatasi Gangguan Sistem Pernapasan

Mengkonsumsi daging burung puyuh dapat mengatasi masalah pernapasan yang dialami, seperti fungsi dari daging kelelawar dan daging tupai. Beberapa masalah pernapasan yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi daging burung puyuh diantaranya yakni asma, tuberculosis, dan vegetative vascular dystrophy.

artikel terkait: manfaat telur angsa yang tidak menetas

  1. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Mengkonsumsi daging dan telur puyuh juga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada beberapa jaringan tubuh. Protein yang terkandung dalam daging dan telur puyuh membantu pembentukan beberapa jaringan dan sel yang ada pada kuku, kulit, rambut dan membantu meningkatkan produksi hormon dan enzim yang ada di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat apel untuk burung kenari

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daging burung puyuh yang dikonsumsi secara rutin, dapat meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Peningkatan sistem imun ini berfungsi untuk mencegah tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, sistem imun yang baik dapat membasmi bakteri dan parasit yang masuk di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat ebod joss

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan protein pada daging dan telur burung puyuh dapat membantu meneyimbangkan kolesterol buruk yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi daging dan telur burung puyuh baik untuk menjaga kesehatan jantung.

artikel terkait: manfaat kerodong

  1. Memberikan Nutrisi Pada Otak

Telur burung puyuh memiliki kandungan kolin yang berperan untuk perkembangan fungsi otak. Kolin dalam telur burung puyuh juga membantu kinerja syaraf yang ada di otak untuk meningkatkan daya ingat. Dengan mengkonsumsi telur burung puyuh, daya ingat akan lebih baik dan tidak mudah lupa.

artikel terkait: manfaat ulat hongkong

  1. Mengatasi Anemia

Zat besi yang terkandung di dalam burung puyuh berfungsi untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Zat besi dapat membantu produksi hemoglobin serta sel darah merah yang dapat menagatasi kekurangan darah dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daun saga

  1. Mencukupi Kebutuhan Energi

Burung puyuh juga memiliki kandungan vitamin B2 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi gula. Seperti yang telah diketahui bahwa gula sebagai bahan energi yang diperlukan oleh tubuh.

artikel terkait: manfaat makan apel di malam hari

  1. Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan

Pencernaan memang salah satu organ yang sangat penting karena tempat penyerapan sari makanan untuk diikat darah dan dibawa keseluruh tubuh. Ketika sistem pencernaan terganggu, dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lainnya karena proses penyerapan sari makanan yang ada pada usus terganggu. Gangguan sistem pencernaan bisa disebabkan karena bakteri di dalamnya. Gangguan lain disebabkan karena adanya bisul pada usus, gastritis maupun bisul perut. Beberapa masalah tersbeut dapat diatasi dengan mengkonsumsi daging burung puyuh.

artikel terkait: manfaat tepung kroto

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun burung puyuh memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi burung puyuh,baik daging atau telur burung puyuh secara rutin dapat membantu menyehatkan tubuh dengan mengatasi dan menjaga kesehatan tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas.

, ,
Oleh :
Kategori : Daging