5 Manfaat Daun Kersen untuk Asam Urat Paling Ampuh

Asam urat merupakan jenis penyakit yang sering dialami oleh laki-laki maupun perempuan dengan usia di atas 30 tahun. Namun kecenderungan laki-laki untuk mengalaami asam urat lebih besar daripada wanita. Bila anda memiliki keturunan penderita asam urat, maka resiko anda menderita asam urat juga cukup besar. Dengan kata lain asam urat dapat digolongkan sebagai penyakit genetik. Umumnya penyakit asam urat terjadi karena penumpukan zat purin di dalam tubuh.

Baca Juga:

Beberapa pengobatan untuk meringankan gejala penyakit asam urat ini memang sudah banyak ditemukan. Baik pengobatan secara kimia maupun tradisional atau herbal. Untuk pengobatan secara kimia biasa digunakan obat-obatan seperti allupurinol, colchichine dan golongan obat steroid lainnya. Namun dewasa ini masyarakat lebih memilih alternatif untuk pengobatan herbal yang tentu lebih aman dan minim efek samping. (Baca juga : Manfaat sari kedelai, Manfaat daun salam koja, Manfaat bekas teh celup, Manfaat anggur merah, Manfaat asuransi kesehatan, Manfaat biji fumayin, Manfaat telur bebek mentah).

Pengobatan Herbal untuk Penyakit Asam Urat

1. Air rebusan daun salam
2. Sambiloto
3. Meniran
4. Daun sirsak (untuk meredakan nyeri di persendian)
5. Jahe
6. Bunga Rosella, dll.

Baca Juga:

Selain beberapa jenis herbal yang telah di sebutkan, daun kersen juga dapat menjadi salah satu pengobatan herbal yang dapat membantu mengurangi gejala penyakit asam urat. Daun kersen merupakan bagian dari tanaman kersen yang tumbuh cukup subur khususnya di Indonesia. Meski demikian belum banyak orang yang mengetahui manfaat daun kersen untuk asam urat.

Baca juga : Manfaat gelatin sapi, Manfaat terumbu karang, Manfaat tea tree oil, Manfaat asam belanda, Manfaat kulit pisang ambon, Manfaat rumput laut putih

Daun Kersen dapat Membantu Meredakan Gejala Asam Urat 

1. Memiliki senyawa flavonoid termasuk didalamnya adalah zat biflavan, flavan dan flavanon
2. Memiliki zat anti oksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan
3. Memiliki kandungan zat anti septik yang kuat melindungi luka dan peradangan
4. Mengandung zat alkaloid, tanin dan saponin yang cukup tinggi
5. Mampu membantu menurunkan kolesterol yang merupakan salah satu penyebab asam urat


Baca Juga:

Cara Mengkonsumsi Daun Kersen untuk Mengobati Asam Urat

Sebanyak 10 lembar daun kersen muda dicuci bersih, direbus dengan air sebanyak dua gelas. . Air rebusan daun kersen dapat dikonsumsi 3 kali sehari. Agar semakin efektif, pengobatan asam urat dapat pula diimbangi dengan pola makan yang sehat dan rendah kalori.

Artikel terkait : Manfaat daun kelor untuk asam urat, Manfaat nanas untuk penderita asam urat, Manfaat tomat untuk menurunkan asam urat, Manfaat semangka untuk asam urat, Manfaat daun pandan untuk asam urat

, , ,
Post Date: Saturday 10th, June 2017 / 02:19 Oleh :
Kategori : Herbal