10 Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat

Salah satu jenis dari asuransi yakni asuransi kesehatan merupakan asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan ataupun perawatan untuk para anggota asuransi yang bersangkutan saat sedang mengalami musibah sakit atau kecelakaan. Apabila dilihat secara garis besar, maka ada 2 macam perawatan yang diberikan perusahaan asuransi yakni rawat inap dan rawat jalan. Asuransi kesehatan ini diberikan perusahaan asuransi umum, asuransi jiwa dan juga asuransi sosial. Saat ini, sudah banyak perusahaan asuransi kesehatan yang tersebar di wilayah Indonesia dan ini menjadi penting mengingat semakin tingginya biaya yang dibutuhkan untuk perawatan serta pengobatan sedangkan penghasilan sebagian masyarakat tidak mengalami peningkatan. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya tentang manfaat dari asuransi kesehatan yang perlu anda ketahui.

Artikel terkait:

  1. Memberikan Ketenangan dan Rasa Aman

Dengan mengikuti asuransi kesehatan, nasabah akan merasa tenang dan juga nyaman saat harus berhadapan dengan sesuatu musibah yang mungkin saja akan datang secara tidak terduga. Saat nasabah mengalami sesuatu penyakit dan harus di rawat di rumah sakit dalam beberapa waktu, maka asuransi akan menjamin semua pembayaran tersebut untuk para nasabah.

  1. Teratur Dalam Mengatur Uang

Menjadi nasabah asuransi kesehatan berarti anda akan diminta untuk membayar premi yang menjadi salah satu kewajiban setiap nasabah. Dengan ini, maka anda secara langsung akan menyisihkan sebagian pendapatan anda untuk membayar iuran tersebut dan anda secara otomatis juga lebih teratur dalam mengatur pemasukan anda tersebut. Sebab jika iuran terlambat dibayar maka anda akan dikenakan denda oleh pihak asuransi.

Artikel terkait:

  1. Tabungan Masa Depan

Tidak hanya bank saja yang bisa digunakan sebagai tabungan masa depan, namun asuransi kesehatan juga merupakan cara baik dalam investasi dana yang anda punya untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin saja terjadi. Saat akhir perjanjian asuransi, maka investasi yang terus bertambah nilainya tersebut akan dibagikan kembali pada para peserta asuransi.

  1. Mempermudah Urusan Nasabah

Sebagai seorang nasabah, maka anda diwajibkan membayar premi di setiap bulan dan dengan ini maka perusahaan asuransi akan mengurus semua dana yang akan dipakai untuk melindungi setiap nasabahnya. Jika anda sakit, maka anda akan memperoleh pelayanan kesehatan secara lengkap tanpa perlu membayar kembali, sebab pihak asuransi sudah menanggung biaya yang dibutuhkan tersebut.

Artikel terkait:


  1. Memperoleh Perawatan Kesehatan Layak

Hal yang terjadi jika anda belum ikut dalam asuransi kesehatan adalah menanggung biaya yang cukup besar untuk melakukan perawatan dan juga pengobatan penyakit yang anda derita. Anda akan mengalami kerugian lebih banyak lagi saat akan mencari pelayanan yang berkualitas atau layak. Dengan ikut asuransi kesehatan, maka anda akan mendapatkan perawatan yang layak dan biaya seluruhnya akan ditanggung oleh pihak asuransi sehingga anda bisa lebih ringan dan nyaman.

  1. Berkurangnya Resiko

Menjadi nasabah asuransi kesehatan, maka anda secara langsung akan mengalami penurunan resiko sebab sudah ditanggung oleh pihak asuransi sebagai pihak penanggung resiko tersebut. Dengan ini, anda tidak lagi perlu khawatir tentang kemungkinan resiko yang akan terjadi pada anda serta keluarga anda.

Artikel terkait:

  1. Lebih Efisien

Bergabung dengan asuransi kesehatan juga berarti meningkatkan efisiensi pengamanan kesehatan anda dan juga keluarga. Pihak asuransi akan secara seluruhnya cepat tanggap saat ada resiko sakit atau butuh perawatan dari para nasabahnya.

  1. Digunakan sebagai Rawat Jalan

Anda sebagai nasabah juga dapat menggunakan asuransi kesehatan saat akan menggunakan rawat jalan dan ini sudah meliputi biaya untuk konsultasi dokter umum atau dokter spesialis. Umumnya, asuransi kesehatan juga mempunyai limit tertentu untuk pemakaian dana rawat jalan per tahunnya.

  1. Digunakan Sebagai Rawat Inap

Rawat inap atau inpatient juga bisa anda dapatkan saat menjadi peserta dari asuransi kesehatan dan ini sudah mencakup biaya rumah sakit, laboratorium, biaya persalinan, biaya darurat dan berbagai biaya yang dibutuhkan saat menjalani rawat inap tersebut.

Artikel terkait:

  1. Mendapatkan Perawatan Gigi

Asuransi kesehatan juga bisa bermanfaat untuk mendapatkan perawatan gigi yang mencakup pelayanan perawatan gigi mendasar, perawatan gigi kompleks, pencegahan gigi dari kerusakan dan juga pemasangan gigi palsu.

Artikel terkait:

Cara Memilih Asuransi Kesehatan

Sesudah anda mengetahui berbagai kegunaan dari asuransi kesehatan dan berniat untuk mulai menjadi peserta dari asuransi, maka ada baiknya anda juga mengetahui bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang paling bagus dan terpercaya, sekaligus memberikan penawaran terbaik. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk memilih asuransi kesehatan yang paling tepat.

  • Track record perusahaan asuransi: Pastikan pihak asuransi sudah memiliki track record yang menjadi salah satu pertanda jika pihak asuransi tersebut bisa dipercaya dan juga mempunyai pelayanan serta fasilitas terbaik. Track record ini bisa anda telusuri lewat kantor cabang ataupun internet.
  • Membandingkan nilai premi: Anda juga harus teliti untuk melihat mana nilai premi yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial anda. Akan lebih baik jika memilih nilai premi yang lebih tinggi sebab akan memberikan jaminan serta manfaat yang cukup banyak.
  • Mempelajari pelayanan asuransi: Pelajari juga pelayanan apa yang diberikan pihak asuransi dan perhatikan keuntungan yang bisa anda dapatkan. Selain itu, baca kembali tentang pasal yang tercantum, sebab ada beberapa asuransi yang memberikan pasal dengan makna kurang jelas.
  • Memilih peserta kolektif: Asuransi kesehatan terdiri dari asuransi individu dan asuransi kolektif. Lebih baik, anda memilih asuransi kolektif sebab biaya premi akan jauh lebih murah.
  • Jangan melihat nilai premi: Banyak orang yang memilih asuransi dengan melihat nilai premi yang tinggi sebab beranggapan jika nilai premi tinggi akan memberikan fasilitas terlengkap. Namun ini belum tentu benar dan sebaiknya perhatikan kembali nilai ekonomis yang anda dapatkan dengan tujuan agar asuransi kesehatan bisa berguna saat anda memerlukan biaya kesehatan atau pengobatan dan perawatan.

Artikel terkait:

Demikian penjelasan lengkap dari kami tentang manfaat asuransi kesehatan untuk anda. Dengan ini kami harapkan anda untuk lebih mempertimbangkan dalam bergabung dengan asuransi kesehatan sehingga anda bisa lebih tenang dan nyaman jika suatu saat harus menjalani pengobatan atau perawatan karena sesuatu penyakit. Namun, pastikan untuk memilih asuransi kesehatan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda dengan cara meneliti kembali kelebihan apa yang ditawarkan pihak asuransi tersebut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 31st, May 2017 / 07:02 Oleh :
Kategori : Asuransi