20 Manfaat Telur Bebek Mentah Untuk Kesehatan

Kebanyakan kita pasti suka dengan hasil olahan telur, baik telur goreng, telur bali, telur dadar, dan lain sebagainya. Bagaimana jika telur tersebut dikonsumsi mentah-mentah? Sebagian dari kita mungkin akan merasa jijik atau tidak kuat memakannya. Namun tunggu dulu, ternyata mengonsumsi telur mentah memiliki manfaat yang banyak, termasuk disini yang akan kita bahas adalah manfaat mengonsumsi telur bebek mentah. Penasaran bukan? Mari kita simak manfaat telur bebek mentah berikut ini :

Baca juga: Manfaat Tepung Ikan, Manfaat Buah Matoa, Manfaat Tahu Sumedang

  1. Pengganti Telur Ayam – Dalam capuran jamu biasanya menggunakan telur ayam, namun bisa juga kita menggantinya dengan telur bebek. Pastinya kita juga akan memperoleh manfaat tambahan yang lainnya. (Baca juga: Manfaat Lampu LED)
  2. Meningkatkan Sistem Imun – Kandungan telur bebek berupa protein, lemak dan karbohidrat, dari kandungan protein tersebut terdapat 9 gram protein setiap telurnya. Disisi lain telur bebek mengandung zat besi. Dari kandungan inilah yang nantinya mampu untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sehingga menjadikan tubuh tidak rentan terhadap penyakit. (Baca juga: Manfaat Bulu Ayam)
  3. Meningkatkan Fungsi Sel Darah Merah – Keberadan vitamin B-12 dalam telur bebek mampu meningkatkan fungsi sel darah merah. Setiap telur bebek mengandung 3.8 mikrogram vitamin B-12, bahkan melebihi kebutuhan harian kita terkait asupan B-12. Selain itu telur bebek juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin E. (Baca juga: Manfaat Abon Ayam)
  4. Menyuburkan baik Bagi Pria maupun Wanita – Kandungan vitamin E dalam telur bebek juga berkhasiat dalam ekspresi gen dan sel sinyal yang merupakan fungsi penting untuk hamil dan mendukung kehamilan yang sehat. Vitamin juga dapat mencegah penurunan ovulasi. Kekurangan vitamin B-12 mampu mengganggu ovulasi atau pembelahan sel yang normal dan bahkan mempengaruhi ovum, oleh karena itu dengan kandungan vitamin B-12 pada telur bebek dapat mencegah kekurangan vitamin B-12. Dalam telur bebek juga terdapat selenium, seperti seng yang merupakan nutrisi penting lain untuk meningkatkan kesuburan baik untuk suami maupun istri. (Baca juga: Manfaat Ayam Betutu)
  5. Mencegah Cacat Lahir dan Keguguran – Kandungan selenium dalam telur bebek juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kromosom. Kekurangan ataupun kerusakan kromosom diketahui dapat menyebabkan bayi lahir dengan cacat maupun keguguran. (Baca juga: Manfaat Ayam Petelur)
  6. Menyehatkan Mata – Vitamin A merupakan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan mata kita. Sebutir telur bebek mengandung 472 unit vitamin A, yang merupakan seperlima dari asupan harian yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada wanita dan 16 persen untuk pria. (Baca juga: Manfaat Ayam Cemani)
  7. Menguatkan Tulang dan Gigi – Kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium dan vitamin B6 (vitamin yang larut dalam lemak) dalam kuning telur bebek yang cukup besar juga berkhasiat dalam menguatkan struktur pada tulang dan gigi. Pastinya hal ini juga sangat baik bagi anak-anak yang masih berada dalam masa tumbuh kembang. (Baca juga: Manfaat Telur Puyuh untuk Ayam Bangkok)
  8. Meningkatkan Kinerja Otak – Kandungan asam amino, DHA dan klorin yang banyak dalam kuning telur sangat bermanfaat terhadap kinerja otak kita. Kombinasi antara asam amino dan mineral dapat membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel-sel syaraf dengan lebih baik dan efisien. Seperti yang kita ketahui, otak manusia terbentuk dari milyaran sel, dan sebagiannya merupakan sel saraf. Dengan mengonsumsi kuning telur bebek dapat memberikan asupan gizi untuk regenerasi sel-sel saraf. (Baca juga: Manfaat Ikan Ayam-Ayam)

  9. Menunda Lapar – Kandungan nutrisi dalam kuning telur bebek memiliki jumlah yang cukup besar, bahkan dengan kandungan nutrisi ini cukup untuk mengenyangkan tubuh dibandingkan dengan sepotong roti. Sehingga akan menyimpan rasa kenyang untuk waktu cukup lama. Mengonsumsi kuning telur mentah juga bisa dijadikan alternative selingan makanan dikala diet. (Baca juga: Manfaat Telur Ayam Arab)
  10. Mencegah dari Radikal Bebas – Kandungan zat antioksidan, vitamin E bermanfaat dalam mempertahankan sel-sel kulit kita dari radikal bebas. Seperti yang diketahui bahwa efek dari radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit tertentu sehingga menjadikan kita rentan terhadap masalah tertentu. (Baca juga: Manfaat Ceker Ayam)
  11. Mencegah Kanker Payudara – Kandungan kolin pada kuning telur dapat meregulasi fungsi kardiovaskuler. Berdasarkan penelitian di Universitas of North California menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan kolin tinggi memiliki kemungkinan 24 persen lebih kecil mengalami kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsinya. (Baca juga: Manfaat Bulu Bebek)
  12. Memenuhi Asupan Mineral – Dalam telur bebek mengandung zat mineral dengan gizi tinggi. mineral dalam telur bebek dapat memenuhi 15 persen mineral yang direkomendasikan untuk wanita. (Baca juga: Manfaat Daging Bebek Bagi Tubuh

  13. Suplemen Seks bagi Pria – Kandungan lemak dan protein yang tinggi dalam telur bebek berkhasiat dalam membantu pertumbuhan sperma dan hormone testosterone dan juga mampu meningkatkan kinerja seks. Karena secara medis telur bebek mampu menyembuhkan lemah syahwat dengan cara mengonsumsinya sehari dua butir. Dan akan lebih baik dan nikmat jika dalam mengonsumsinya dicampur dengan madu atau jamu, dan diengkapi dengan sayur-sayuran dan makanan lain yang mengandung zat besi (Zinc). Namun perlu diperhatikan, ketika kondisi telah kembali normal, maka konsumsi telur bebek cukup sehari sekali atau seminggu empat kali. Pemilihan telur bebek juga harus diperhatikan, apakah masih alami atau sudah terkontaminasi dengan zat kimia ataukan belum. Sehingga kebersihan telur benar-benar terjaga dan manfaat yang kita inginkan benar-benar kita dapatkan. (Baca juga: Manfaat Bunga Cocor Bebek)

Ternyata banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengonsumsi telur bebek mentah. Terdorong untuk memakan telur bebek mentah juga? Semoga bisa memperoleh manfaat dari telur bebek mentah seperti yang kita inginkan.

Baca juga: Manfaat Bunga Kecombrang, Manfaat Kapri Biji Pipih, Manfaat Daun Adas

Namun, perlu untuk diperhatikan. Kita juga harus menjaga pola konsusmsi telur bebek mentah sehingga terhindar dari dampak buruk makan telur bebek. Jadi, bijaksana dalam menentukan kapan mengonsumsi telur dan kapan tidak, dan juga pandai-pandai dalam memilih telur bebek mana yang akan kita konsumsi sehingga benar-benar manfaatnya yang kita dapatkan. Lebih baik lagi, jika kita melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ketika hendak mengonsumsi telur bebek untuk menghindari efek samping atau alergi jika ternyata kita memiliki alergi.

Baca juga: Manfaat Shampo Merang, Manfaat Shampo Metal Fortis, Manfaat Shampo Olive

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan