21 Manfaat Rumput Laut Putih Untuk Kesehatan

Rumput laut atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan seaweed, sudah banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari dimanfaatkan untuk membuat agar-agar, maupun digunakan untuk membuat bungkus pada onigiri. Rumput laut juga sangat dikenal dapat membantu menyehatkan kulit. Namun, sebelum memanfaatkan rumput laut, harus mengetahui jenis rumput laut yang hendak diolah terlebih dahulu. Karena, ada beberapa jenis rumput laut yang juga tidak boleh dikonsumsi.

artikel terkait:

Salah satu jenis rumput laut yang banyak dimanfaatkan yakni rumput laut putih. Jenis rumput laut dengan nama latin Eucheuma spinosum ini banyak digunakan untuk bahan campuran pembuatan es buah. Selain enak untuk dikonsumsi, rumput laut putih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Dalam Rumput Laut Putih

Seperti namanya, rumput laut putih memiliki warna putih. Rumput laut putih tidak dapat hidup disembarang tempat, tetapi memerlukan perarairan yang memiliki air yang jernih. Agar dapat tumbuh dan berkembang, serta melakukan fotosintesis dengan baik, rumput laut putih memerlukan perairan yang mendapatkan suplai sinar matahai yang bagus.

Tidak hanya digunakan untuk campuran es buah saja, rumput laut putih tidak hanya memberikan rasa yang segar, tetapi memiliki banyak kandungan di dalamnya. Beberapa kandungan dalam rumput laut putih diantaranya karbohidrat, lemak, protein, serat kasar, abu, lota keraginan serta kandungan air. Beberapa kandungan dalam rumput laut putih tersebut sangat baik untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat laut bagi kehidupan manusia

Manfaat Rumput Laut Putih

Kandungan dalam rumput laut putih sangatlah baik untuk tubuh. Beberapa kandungan memiliki manfaat diantaranya:

  1. Bahan Campuran Pembuatan Es Krim

Rumput laut putih memiliki kandungan lota keraginan di dalamnya. Keraginan dalam rumput laut memiliki berbagai manfaat yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yakni sebagai bahan untuk campuran es krim. Keraginan dalam rumput laut putih mencegah terjadinya pengkristalan yang besar pada es krim, dan menunda pencairan es krim sehingga dapat padat lebih lama.

artikel terkait: manfaat makanan laut

  1. Mengatur Kadar Kolesterol Pada Makanan

Fungsi menambahkan rumput laut putih pada makanan yakni dapat membantu mengatur kadar kolesterol pada makanan. Sehingga makanan yang ditambahkan dengan rumput laut putih memiliki kadar kolesterol yang relatif stabil dan tidak terlalu tinggi. Makanan yang diberikan campuran rumput laut putih lebih aman dikonsumsi karena memiliki kadar lemak dalam makanan tersebut dapat berkurang dan kolesterol yang stabil.

  1. Mencegah Kanker Usus

Serat dalam rumput laut putih sangat baik untuk sistem pencernaan, terlebih pada usus. Mengkonsumsi rumput laut putih dapat dapat mencegah perkembangan sel kanker pada usus. Dengan mengkonsumsi rumput laut, usus dapat menjadi lebih sehat dan terhindar dari kanker usus.

artikel terkait: manfaat ikan kakap

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Selain mencegah kanker pada usus, serat dalam rumput laut putih dapat membantu melancarkan buang air besar. Rumput laut putih juga memiliki kadar air yang cukup banyak di dalamnya. Mengkonsumsi rumput laut putih dapat membantu mencegah terjadinya sembelit, dan sistem pemcernaan juga dapat lebih sehat.

  1. Mengatasi Masalah Lambung

Rumput laut putih dapat membantu mengatasi masalah lambung. Sifatnya yang dingin membuat lambung dapat merasa lebih baik.

artikel terkait: manfaat akar bahan hitam


  1. Melawan Radikal Bebas

Tidak hanya buah jeruk dan jenis buah-buahan lain yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Rumput laut putih juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh dapat menjadi kuat agar tidak mudah terkena penyakit.

  1. Membantu Reduksi Estrogen

Estrogen memang diperlukan tubuh karena bekerja sebagai hormon reproduksi. Akan tetapi, kelebihan estrogen sebenarnya juga tidak baik, karena dapat menyebabkan kanker. Untuk mengurangi estrogen dalam tubuh, mengkonsumsi rumput laut putih dapat menjadi salah satu solusi. Rumput laut putih dapat membantu mereduksi estrogen, sehingga tubuh dapat terhindar dari kanker.

artikel terkait: manfaat ampas almond

  1. Membantu Proses Pertumbuhan

Ketika anak mengalami proses pertumbuhan, nutrisi pada anak harus tercukupi agar pertumbuhannya tidak terganggu. Rumput laut putih memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan. Anak yang dalam masa pertumbuhan, sangat baik mengkonsumsi rumpu laut putih karena kandungan nutrisinya sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan agar tetap terjaga.

  1. Sebagai Antivirus Dan Antibakteri

Kandungan dalam rumput laut putih memiliki kemampuan sebagai antivirus dan antibakteri dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi rumput laut putih, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena virus maupun bakteri. Tidak hanya mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh, tetapi kandungan dalam rumput laut putih dapat membantu membunuh bakteri dan virus yang sudah berkembang di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat udang rebon

  1. Campuran Bahan Pembuatan Kosmetik

Disadari atau tidak, kosmetik yang sering digunakan oleh kebanyakan wanita memiliki campuran rumput laut putih di dalamnya. Rumput laut putih yang sudah dijadikan bubuk digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kosmetik dan tidak berbaya untuk kulit.

  1. Membantu Pembakaran Lemak Dalam Tubuh

Tidak hanya membantu menstabilkan kolesterol pada makanan, rumput laut juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Mengkonsumsi rumput laut putih dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari kelebihan lemak.

artikel terkait: manfaat crystal x

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kandungan dalam rumput laut putih dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Kandungan dalam rumput laut tersebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Rumput laut putih dapat membantu produksi hormon, serta membantu produksi sel darah merah. Sel darah merah dalam tubuh tercukupi, sehingga dapat membantu menguatkan sistem imun tubuh, dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat biang kunyit

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Rumput laut putih mengandung berbagai vitamin di dalamnya. Salah satu kandungan vitamin dalam rumput laut putih yakni vitamin D. Dimana, vitamin D ini memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan tulang. Dengan mengkonsumsi rumput laut putih yang mengandung vitamin D, kesehatan tulang dapat terjaga. Selain vitamin D, rumput laut putih memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak dibandingkan susu.

  1. Melindungi Gigi

Selain dapat membantu pertumbuhan tulang, kandungan vitamin D dalam rumput laut putih juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

artikel terkait: manfaat naturgo

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Vitamin D pada rumput laut putih tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Dalam keadaan stabil, tekanan darah ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular yang terjadi.


  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan klorofil dan juga vitamin C dalam rumput laut putih dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Hal ini disebabkan karena vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan klorofil memiliki sifat antikarsinogenik, yang mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

artikel terkait: manfaat semut jepang untuk asma

  1. Menurunkan Demam

Tidak hanya dingin di perut, rumput laut juga dapat mengembalikan suhu tubuh yang terlampau tinggi yang disebabkan karena demam. Rumput laut dalam membantu menurunkan demam yang terjadi, terlebih pada anak-anak.

  1. Mengatasi Cacingan

Obat tradisional yang digunakan untuk mengatasi cacingan biasanya menggunakan jamu. Apabila kurang suka mengkonsumsi jamu, obat alami lain yang dapat mengatasi cacingan yakni rumput laut putih.

artikel terkait: manfaat abalone kerang

  1. Bahan Pembuatan Agar-agar

Banyak orang yang mengkonsumsi rumput laut putih yang segar, atau belum diolah. Selain itu, rumput laut putih juga dapat dijadikan bubuk. Bubuk dari rumput laut putih ini dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan agar-agar.  

  1. Umpan Ikan

Ketika memancing atau menangkap ikan, biasanya digunakan umpan seperti cacing atau ikan yang lebih kecil. Namun, apabila sedikit gel dengan cacing, umpan pancing dapat diganti dengan rumput laut. Rumput laut dapat menjadi ganti umpan, dan menngkatkan tangkapan ikan dibandingkan dengan jenis umpan lain.

artikel terkait: manfaat lawi-lawi

Selain segar untuk dijadikan bahan campuran pembuatan es buah, rumput laut putih juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, masih banyak lagi manfaat rumput laut putih bagi kehidupan. Rasanya yang segar dan tidak pahit, membuat rumput laut putih ini mudah diolah dan dikonsumsi.

, ,
Post Date: Friday 02nd, June 2017 / 22:28 Oleh :
Kategori : Makanan