21 Manfaat Asam Belanda Untuk Kesehatan

Asam BelandaAsam Belanda atau juga dikenal dengan nama asam londo merupakan salah satu jenis asam yang bentuknya hampir serupa dengan asam jawa. Perbedaannya hanya ada pada ukuran dan juga warnanya saja. Warna asam belanda lebih cerah perpaduan dari kuning, merah dan hijau lalu akan berubah menjadi merah gelap saat sudah matang, sementara ukurannya lebih panjang dari asam jawa. Berbicara tentang khasiat, asam belanda dan asam jawa memiliki banyak kegunaan yang sangat berguna untuk tubuh dalam mencegah penyakit serta menjaga kesehatan tubuh. Supaya kamu memahami dengan baik manfaat dari asam belanda, maka silahkan simak beberapa penjelasan lengkap dari kami berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Bekas Luka

Bekas luka atau biasa disebut dengan koreng adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi dengan melukai permukaan kulit dan asam belanda ini bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas luka secara alami dan terbilang aman.

  1. Mengeringkan Luka Secara Cepat

Jika kamu memiliki luka, maka juga bisa memakai asam belanda sebagai pengobatan supaya luka bisa lebih cepat kering dan sembuh sekaligus mencegah terjadinya infeksi. Kandungan asam askorbat tinggi dalam daun asam belanda ini bisa diperas airnya dan dioleskan pada luka sehingga bisa melindungi luka dari kuman sekaligus mengeringkan luka dengan cepat.

Artikel terkait:

  1. Meredakan Demam

Untuk anak-anak yang sering terkena panas demam juga bisa menggunakan asam belanda sebagai pengobatan alami untuk menurunkan demam tersebut.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat asam belanda juga sangat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. Kandungan alami yang ada pada asam belanda ini akan melancarkan pencernaan sekaligus mencegah dari berbagai gangguan pencernaan.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan BAB

Untuk kamu yang memiliki masalah BAB atau buang air besar juga dapat diatasi dengan memanfaatkan buah asam belanda ini.

  1. Mencegah Wasir

Wasir adalah salah satu penyakit pencernaan yang menyebabkan buang air besar mengalami gangguan yakni vena yang membengkak pada daerah pelvis serta rektum yang akan terasa sangat menyakitkan. Hal ini bisa diatas secara mudah yakni dengan mengkonsumsi asam belanda dan juga ekstrak daun asam belanda secara teratur.

Artikel terkait:


  1. Mencegah Anemia

Buah asam belanda dikenal dengan banyak kandungan vitamin serta mineral yang sangat penting dalam meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan mengkonsumsi sari buah asam belanda secara rutin, maka anemia atau kekurangan darah bisa dicegah.

  1. Terbakar Matahari atau Sun Burn

Efek yang terjadi saat kulit berada terlalu lama dibawah terik matahari adalah sensasi perih dan terbakar permukaan kulit khususnya saat disentuh. Ini bisa diatasi dengan melarutkan buah asam belanda dengan sedikit air sampai menjadi pasta lalu oleskan pada permukaan kulit yang perih.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan pada bibir atau lidah yang terjadi karena tergigit atau menyantap makanan pedas dan panas juga bisa diatasi dengan cara mencampur buah asam belanda dengan ketumbar serta daun mint. Efek dingin yang dihasilkan dari campuran asam ini akan menyembuhkan sariawan di mulut atau lidah kamu.

  1. Mengobati Sawan

Sawan yang terjadi pada anak-anak yang biasanya diakibatkan oleh demam bisa disembuhkan dengan menggunakan bagian daun asam belanda. Caranya adalah dengan menempelkan daun asam belanda di bagian kening untuk pengganti kompres.

  1. Mencegah Hipertensi

Bagian daun asam belanda yang dibuat ekstrak bisa meningkatkan sekresi lambung dan bersifat diuretik sehingga air rebusan daun asam belanda akan mendorong produksi dari urin yang akan memompa darah menuju jantung dan akan mengurangi resiko dari hipertensi.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Malaria

Dari penelitian yang sudah dilakukan, ekstrak daun asam belanda juga baik dalam menghambat tumbuhnya plasmodium falciparum yang menjadi penyebab malaria. Minum ramuan ii secara teratur agar sakit malaria bisa sembuh total dengan cepat.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Bagian batang asam belanda memiliki kandungan saponin yang akan membersihkan gigi, menghilangkan plak serta karies pada gigi sehingga bagian batang bisa digunakan untuk sikat gigi alami dengan cara dikunyah. Selain itu, rebusan batang kayu asam belanda juga bisa dijadikan obat kumur untuk menyembuhkan sakit gigi.

  1. Anti Inflamasi dan Anti Mikroba

Bagian buah asam belanda sangat tinggi kandungan vitamin C yang akan melawan infeksi mikroba. Sedangkan bagian kulit batang bisa mengurangi radang di tabung bronkial yang terjadi karena bronkitis.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Sakit Kuning dan Diabetes

Rebusan dari daun asam belanda juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kuning. Selain itu, kadar gula dalam darah juga akan menurun sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa digunakan juga untuk penderita diabetes.

  1. Mengatasi Kram Menstruasi

Untuk para wanita yang sering mengalami kram saat menstruasi bisa diatasi dengan memakai ekstrak kulit batang asam belanda sebab mengandung sifat analgesik sehingga nyeri dan kram pada haid bisa dikurangi.

  1. Memperbanyak ASI

Dengan mengkonsumsi sari buah asam belanda juga akan meningkatkan sekresi ASI sekaligus memperbaiki infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

Artikel terkait:


  1. Meningkatkan Antioksidan Tubuh

Kerusakan oksidatif yang terjadi karena radikal bebas merupakan faktor terjadinya penuaan dini dan juga berbagai penyakit lainnya. Kandungan antioksidan tinggi yang ada pada daun asam belanda ini sangat baik untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Asam belanda yang mengandung antioksidan serta fenol ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga kesehatan kardiovaskular bisa semakin meningkat.

  1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Untuk mengatasi sakit tenggorokan bisa dilakukan dengan melarutkan buah asam belanda dengan sedikit air hangat dan gunakan untuk berkumur secara rutin sampai sakit tenggorokan bisa sembuh.

Artikel terkait:

  1. Menetralkan Kadar Alkohol Dalam Tubuh

Untuk orang yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol sehingga menyebabkan mabuk juga bisa diatasi dengan cara memberikan jus asam belanda. Intoksidasi dari banyak zat dalam manfaat asam belanda tersebut sangat baik untuk obat penawar alkohol.

Beberapa khasiat yang terkandung dalam asam belanda ini bisa kamu gunakan untuk pengobatan herbal berbagai penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh. Lakukan beberapa cara diatas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, semoga bisa bermanfaat untuk kamu.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan