21 Manfaat Sari Kedelai Untuk Wanita, Janin dan Pria

Sari kedelai yang dibuat dengan cara merebus kacang kedelai mentah lalu digiling ini umumnya dikonsumsi oleh mereka yang alergi pada susu sapi. Namun, sesudah mengetahui begitu banyak khasiat yang terkandung dalam sari kedelai ini, maka membuat minuman ini banyak dikonsumsi. Dalam kedelai mengandung laktosa serta rendah akan lemak jenuh serta kolesterol dan banyak penelitian sudah memberi bukti jika sari dari kacang kedelai ini sangat baik untuk dikonsumsi, berikut ulasan selengkapnya.

  1. Mencegah Anemia

Dalam sari kedelai mengandung vitamin B12 yang akan membantu dalam produksi sel darah merah dan menjadi solusi baik untuk kamu yang vegetarian dan tidak bisa mengkonsumsi telur atau susu sapi sebagai sumber vitamin B12 tersebut.

  1. Mengurangi Gejala Pra-Menstruasi

Bagi para wanita juga sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi sari kedelai yang banyak mengandung magnesium serta kalsium sehingga membantu dalam mengatasi gejala pra menstruasi setiap bulannya.

Artikel terkait:

  1. Solusi Intoleransi Laktosa

Seperti yang sudah sedikit dibahas diatas jika sari kedelai baik untuk dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu sapi. Ini merupakan solusi terbaik untuk menggantikan susu khususnya pada bayi dan juga balita yang masih sangat memerlukan protein tinggi.

  1. Baik Untuk Autisme

Autisme adalah gangguan perkembangan pada anak yang membuatnya tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar seperti memiliki dunia sendiri. Penderita autisme juga dihimbau untuk menghidari asupan protein susu atau kasein serta protein tepung atau glutein sebab akan sulit untuk dicerna dan mengakibatkan terjadinya gangguan fungsi pada otak dan menjadikan penderita autisme semakin hiperaktif. Mengkonsumsi sari kedelai sangat baik untuk tetap memperoleh asupan vitamin, protein dan juga mineral tanpa perlu mengalami efek samping seperti saat mengkonsumsi kedua zat yang sudah disebutkan diatas.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Sakit Kardiovaskular

Sari kedelai juga mengandung vitamin E yang baik sebagai pencegahan terhadap penyakit stroke dan juga jantung koroner. Vitamin E pada sari kedelai akan mencegah terjadinya plak di pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab pembuluh darah tersumbat. Sementara kandungan asam folat serta vitamin B6 berperan untuk pencegahan penyakit jantung. Untuk kandungan magnesium pada sari kedelai juga berperan sebagai penghambat pelepasan tromboksan atau zat yang membuat keping darah sehingga lebih mudah menggumpal.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sari kedelai juga memiliki peran penting dalam menyingkirkan lemak jahat di dalam tubuh yang menjadi penyebab timbulnya plak kolesterol pada dinding arteri. Kandungan lesitin akan membuat kolesterol larut dalam darah yang akan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan kandungan isoflavon-nya bertugas sebagai antioksidan dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang akan membersihkan kolesterol dinding arteri kemudian dibawa menuju hati dimana kolesterol akan kembali dipecah sekaligus dikeluarkan.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Kanker

Salah satu penyakit ganas yakni kanker juga bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi sari kedelai yang banyak mengandung mineral, protein serta vitamin. Selain itu, kandungan selenium akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pemicu sel kanker.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes militus timbul karena kekurangan kadar insulin di dalam tubuh yang menyebabkan kelainan protein, karbohidrat, air, lemak dan juga elsktrolit. Sementara asam amino-nya akan menjaga hormon insulin dalam tubuh selalu seimbang.

  1. Membantu Program Diet

Dalam 1 cangkir sari kedelai mengandung sampai 8 gram protein, 4.5 gram lemak serta 12 gram karbohidrat. Ini membuktikan jika manfaat dari sari kedelai hampir serupa dengan susu sapi akan tetapi kadar kalorinya lebih sedikit sehingga sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet kamu.

Artikel terkait:

  1. Pencegahan Osteoporosis

Osteoporosis merupakan satu penyakit yang biasanya diderita saat usia semakin bertambah akibat dari semakin sedikitnya hormon di dalam tubuh. Kandungan vitamin D serta kalsium yang terdapat di dalam susu sapi juga terkandung dalam sari kedelai. Sedangkan fitoesterogen akan membuat kalsium lebih cepat diserap tubuh sebagai pencegahan terhadap osteoporosis.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Dalam 1 cangkir sari kedelai terkandung 5.8% vitamin B6 yang baik untuk produksi serotonin neurokimia sehingga bisa memperbaiki mood seseorang. Sementara magnesium akan meningkatkan serotonin yang serupa dengan obat antidepresan.

  1. Mengobati Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah yang sering terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya ini lebih sering dialami wanita dibandingkan dengan pria. Penyebab utamanya adalah siklus hormonal wanita. Dengan mengkonsumsi sari kedelai secara teratur maka migrain bisa dicegah dan juga dihilangkan secara aman dan alami.

Artikel terkait:

  1. Anti Aging

Semua orang pastinya selalu ingin tampil awet muda dibandingkan dengan usia sebenarnya. Satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi sari kedelai sebab mengandung vitamin E, vitamin B, vitamin C, Beta-Karoten, Chromium, Selenium, Kalsium, Tembaga, Magnesium, dan juga Isoflavon yang sangat baik untuk tetap terlihat lebih awet muda.

  1. Menjaga Kesehatan Profil Lipid Darah

Berbeda dengan susu sapi yang mengandung kolesterol serta lemak jenuh, pada sari kedelai tidak mengandung kolesterol dan dengan asupan sari kedelai teratur maka akan menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

  1. Pencegahan Kanker Prostat

Manfaat sari kedelai tidak hanya baik untuk wanita dan bayi saja, namun juga sangat berkhasiat untuk para pria. phytoestrogen yang ada pada sari kedelai akan menghambat produksi dari hormon testoteron sehingga resiko kanker prostat bisa jauh lebih berkurang.

  1. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Berbagai kebutuhan nutrisi ibu hamil seperti vitamin, asam folat, omega 3, protein, kalsium dan berbagai mineral lainnya bisa didapatkan secara lengkap hanya dengan mengkonsumsi sari kedelai secara rutin. Tidak hanya mencukupi gizi, namun sari kedelai juga akan mengurangi rasa mual saat masa kehamilan sekaligus meningkatkan pertumbuhan janin semakin optimal.

Artikel terkait:

  1. Menghilangkan Flek Hitam Wajah

Bintik hitam atau sering disebut dengan flek hitam terjadi karena penuaan dini, tidak menjaga kebersihan kulit dan terlalu sering terkena sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sari kedelai secara rutin yang akan secara perlahan membuat noda hitam di area wajah semakin berkurang.

  1. Melembabkan Kulit

Pelembab alami juga terkandung di dalam manfaat sari kedelai yang akan memperbaiki sel kulit mati sekaligus mencegah dehidrasi organ di dalam tubuh. Konsumsi sari kedelai secara rutin sehingga kamu bisa memiliki kulit yang lembap, lembut sekaligus segar setiap hari.

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Salah satu masalah kulit yang cukup menjengkelkan adalah kadar minyak berlebih di area wajah. Ini menyebabkan tampilan wajah terlihat kusam dan tidak sehat. Mengkonsumsi sari kedelai secara rutin akan sangat membantu produksi kolagen sekaligus melakukan perbaikan terhadap serat elastin. Dengan ini, kadar minyak berlebih di area wajah bisa berkurang drastis dan kulit tidak terlihat kusam.

Mengkonsumsi sari kedelai harus dilakukan secara rutin setiap hari sehingga hasil maksimal bisa kamu rasakan dengan cepat tidak hanya untuk wanita, namun juga bermanfaat untuk janin, bayi serta pria.