5 Manfaat Jahe untuk Jantung yang Sangat Penting

Ada banyak sekali rempah khas Indonesia yang tidak hanya dijual di dalam negeri saja tetapi juga di ekspor ke berbagai Negara bahkan ke wilayah benua Eropa. Mulai dari pala yang merupakan jenis rempah dari pohon berukuran besar, hingga rempah berbentuk akar seperti kencur, kunir, temulawak, laos, jahe, dan masih banyak lagi. Berbicara soal rempah berbeda jika anda melihat manfaat jambu biji kuning, ada salah satu jenis rempah yang memiliki aroma serta rasa yang khas dan banyak sekali digunakan di bidang kesehatan bahkan termasuk salah satu jenis obat tradisional.

Jehe merupakan salah satu jenis rempah asli Indonesia dengan penggemar peling banyak, ini karena jahe juga sangat mudah di cari. Anda bisa menemukan jahe di berbagai toko rempah, toko bumbu, hingga di supermarket dan tak jarang jahe biasanya tumbuh liar di lahan kosong ataupun pekarangan. Secara ilmiah jahe memiliki nama Zingiber officinale, biasanya jahe digunakan sebagai bahan makanan atau minuman. Jahe sendiri memiliki aroma yang harum dan tajam dengan rasa yang sedikit pedas.

Selain itu dengan mengkonsumsi jahe ada efek hangat yang bisa anda rasakan dalam tubuh, ini tentunya sangat cocok bagi anda yang sering kedinginan terlebih ketika cuaca sedang hujan. Dan sudah banyak sekali saat ini inovasi mulai dari makanan ataupun minuman berbahan dasar jahe. Beberapa orang sering mengolahnya menjadi minuman jahe hangat, sedangkan untuk makanan ada banyak sekali seperti permen, roti, biskuit, pudding, dan aneka makanan tradisional khas Indonesia.

Untuk kesehatan sendiri tentunya ada banyak sekali manfaatnya hal ini tentunya terkait dengan banyaknya nutrisi pada jahe. Banyaknya nutrisi pada jahe tentunya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda saja. Untuk itu bagi anda yang penasaran dengan apa saja kandungan nutrisi pada jahe berbeda jika anda melihat manfaat lemon untuk batuk, berikut kami sampaikan rinciannya.

Kandungan Nutrisi Air Jahe

  • Fluoride
  • Asam amino
  • Antioksidan
  • Polifenol
  • Quercetin
  • Kaempfrol
  • Myricetin
  • Kafein
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zingirona
  • Zingiberol
  • Bisabolena
  • Filandrena
  • Air
  • Vitamin A, C dan E

Selain dijadikan minuman hangat berbeda dengan manfaat jeruk sunkist untuk diet dan menjaga berat badan, jahe juga dapat digunakan sebagai penghilang lelah dan stress. Caranya sangat mudah yaitu anda bisa menumbuk jahe lalu campurkan sedikit garam dan minyak zaitun. Setelah itu anda bisa membalurkannya ke tubuh dan pijat di bagian bahu atau kaki. Ini sangat efektif untuk menghilangkan lelah dan aroma pada jahe sangat ampuh untuk menghilangkan stress. Selain itu jahe juga sangat baik untuk anda yang memiliki riwayat jantung ataupun bagi anda yang ingin melakukan pencegahan dan berikut penjelasannya.

Manfaat Jahe untuk Jantung

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting bagi kehidupan, untuk itu tentunya anda harus menjaganya dengan baik. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga jantung anda agar terhindar dari penyakit jantung, diantaranya anda bisa melakukan olahraga kardio atau mengonterol asupan makanan anda. dan salah satunya yaitu dengan minum air jahe secara rutin sebelum tidur.

  1. Meredakan Nyeri

Bagi anda yang memiliki masalah dengan jantung pastinya pernah mengalami nyeri di bagian dada sebelah kiri tepatnya pada jantung anda. Untuk mengatasinya anda tidak boleh cemas, cemas dapat menimbulkan nyeri berlebih. Untuk itu anda harus tenang dan anda bisa minum air jahe hangat.


  1. Mengurangi Lelah Berlebih

Lelah berlebih merupakan salah satu gejala atau pertanda seseorang mengalami gangguan pada jantung. Ini bisa diatasi jika anda rutin berolahraga, selain itu anda juga bisa minum air rebusan jahe. Biasanya tidak hanya lemah berlebih tetapi juga mengalami keringat dingin. Jika anda mengalaminya berbeda dengan manfaat buah pir korea, segeralah minum air rebusan jahe sebanyak 1 gelas. anda bisa menambahkan madu ataupun lemon untuk menambah rasa.

  1. Meredakan Sesak

Tidak hanya lelah berlebih, jika anda memiliki riwayat penyakit jantung anda juga bisa mengalami sesak napas dimana pembuluh pada saluran pernapasan anda menyempit seiring dengan kambuhnya penyakit jantung. Untuk mengatasinya anda tidak boleh cemas, anda bisa minum air jahe hangat dan the untuk meringankan napas dan melonggarkan saluran pernapasan yang menyempit.

  1. Mengatasi Cemas

Cemas merupakan salah satu kondisi pemicu terjadinya penyakit jantung apalagi jika anda mengalami masalah dengan rasa cemas. Agar cemas anda mereda dan tidak mengalami cemas berlebih berbeda dengan manfaat buah pir hijau, untuk itu anda bisa minum air jahe. Ini sangat ampuh untuk mengatasi cemas anda sehingga anda tidak akan terkena serangan jantung mendadak.

Itulah berbagai manfaat dari jahe yang sangat baik untuk jantung anda, konsumsilah secara rutin untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat dan tidak kambuh jika anda memiliki riwayat penyakit jantung.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal