Manfaat Daun Sukun Untuk Penderita Asam Urat

Apakah Anda merasakan nyeri sendi hingga membuat kaki bengkak yang disertai dengan warna kemerahan dan membuat kulit kencang? Apabila hal ini terjadi pada diri Anda, bisa jadi Anda mengalami gejala peradangan pada sendi Anda. Peradangan ini dapat disebabkan oleh infeksi karena pengerusakan tulang rawan oleh kristal-kristal yang dibentuk oleh endapan Asam urat yang terjadi pada sendi Anda.

artikel terkait:

Asam Urat (gout) ini dapat menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan maupun rasa panas pada persendian. Daerah sendi yang sering terkena penyakit asam urat adalah bagian sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki maupun jari kaki. Penyakit ini dapat disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung asam urat tinggi seperti jeroan, hidangan laut, daging merah, mauun konsumsi alkohol. Selain itu, asam urat juga rawan diderita oleh orang yan juga menderita obesitas, diabetes, hipertensi maupun penyakit ginjal kronik.

Penyakit asam urat hanya bisa diredakan gejalanya seperti rasanyeri maupun peradangannya. Salah satu cara yang ditempuh untuk meredakannya adalah dengan cara mengkonsumsi ramuan herbal dari daun sukun seperti yang akan dibahas dalam artikel ini.

Daun Sukun

Daun sukun merupakan daun yang berasal dari tanaman sukun (artocarpus altilis). Daun sukun memiliki ukuran yang cukup besar dengan lebar pada 20-40 x 20-60 cm berbagi menyirip dalam. Daun sukun memiliki warna hijau tua mengkilap pada sisi atas dengan tekstur yang agak keras seperti kulit, kusam, kasar dan berbulu halus di bagian bawah daun.

Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa daun sukun kering memiliki beberapa senyawa kuat seperti zat anti inflamasi, riboflavin, asam hidrosianat, asetikolan dan juga tanin. Selain itu, daun sukun kering juga memiliki kandungan antioksidan tinggi dan beberapa jenis mineral lainnya yang sangat berguna untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas.

Konon karena kandungan-kandungan yang terdapat dalam daun sukun ini, konsumsi daun sukun yang dibuat menjadi teh dapat membantu menurunkan penyakit asam urat apabila dilakukan secara rutin. Selain itu, kandungan zat anti inflamasi dalam daun sukun juga sangat berguna untuk penderita asam urat dalam mengatasi peradangan sendi pada saat terkena penyakit asam urat.

artikel terkait: manfaat tepung hunkwemanfaat biji jambu air7 manfaat daun sukun untuk pengobatan


Manfaat Daun Sukun untuk Asam Urat

Untuk mendapatkan manfaat daun sukun untuk mengobati asam urat, Anda dapat membuat ramuan teh daun sukun. Berikut merupakan resep untuk membuat teh daun sukun, antara lain:

  • Siapkan daun sukun tua dan terlihat bagus secukupnya
  • Cuci bersih daun sukun kemudian keringkan atau angin-anginkan dengan cara dijemur atau yang lainnya
  • Setelah kering rebus daun sukun menggunakan air biasa sebanyak 5 gelas hingga mendidih dan tersisa setengahnya
  • Setelah itu, tambahkan air lagi dan kemudian didihkan
  • Apabila sudah, tunggu hingga dingin untuk dikonsumsi
  • Minum ramuan teh daun sukun ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang efektif

Namun perlu diingat bahwa selama meminum ramuan teh daun sukun ini Anda sangat disarankan untuk menghindari beberapa sayuran hijau yang berpotensi meningkatkan tingginya kadar asam urat seperti kangkung, kacang panjang, bayam, sawi maupun beberapa jenis makanan yang mengandung lemak hewan.

artikel terkait: manfaat mangga mudamanfaat omepros untuk asam uratmanfaat buncis untuk diabetes

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun sukun guna mengobati asam urat. Setelah mengetahui mengenai informasi ini, Andapun dapat mencoba mengkonsumsi ramuan teh daun sukun ini untuk mengurasi gejala asam urat pada diri Anda. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 19th, November 2016 / 03:09 Oleh :
Kategori : Herbal