Sponsors Link
     Sponsors Link

14 Manfaat Daun Bunga Sepatu – Kesehatan & Kecantikan

Sponsors Link

BUNGA ini dikenal indah. Bunganya berwarna-warni, ada yang merah ada pula yang kuning, putih, orange, pink atau pun warna lain. Orang mengenalnya sebagai bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis) atau wora-wari. Bunganya berwarna mencolok, indah dan biasa ditanam sebagai bunga hias di pekarangan rumah.

manfaat daun bunga sepatuTernyata bunga kembang sepatu ini sangat berguna untuk pengobatan, Hampir semua bagian bunga sepatu, mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan kelopak bunga bermanfaat bagi kesehatan. Bagian bunga mengandung gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choleretic, memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat).

Asam aminonya berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Sedangkan akar dan daunnya mengandung Calcium oksalat, peroxidase, lemak dan protein. Sekitar 15-30 persen dari tanaman bunga sepatu terdiri dari asam tanaman. Termasuk asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo-hidroksisitrat lakton asam, yaitu asam kembang sepatu.

Bunga kembang sepatu semakin dikenal luas. Saat ini tersedia secara instan di pasaran, rajangan teh yang dibuat dari bunga kembang sepatu. Jadi kalau Anda memakainya tinggal disedu saja. Teh bisa digunakan untuk menyembuhkan demam, membuat suasana hati rileks, menurunkan berat badan hingga mengeluarkan racun dari tubuh. Bagi dunia kecantikan, ekstrak teh bunga sepatu ini dipercaya menjaga kesehatan kulit. Beberapa penyakit lain seperti batuk, sariawan, gondok, bronkhitis, sakit kepala dan gonorhoe.

Bila Anda akan menggunakan tanaman bunga sepatu sebagai obat, ada beberapa manfaat bunga sepatu (semua bagian).

Berikut ini beberapa manfaat dari daun bunga sepatu.

1. Obat Flu dan Demam dan Malaria. Bunga Sepatu mengandung antioksidan yang bermanfaat menangkal semua radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Daun bunga sepatu biasa untuk menurunkan obat demam. Air rebusannya bisa diminum. Sementara airnya juga bisa dipakai sebagai kompres dan baluran ke seluruh tubuh. Air rebusan daun kembang sepatu efektif untuk menurunkan panas pada anak anak dan orang dewasa.

2. Proteksi Terhadap Infeksi. Daun kembang sepatu kaya Vitamin C, mineral, serta antioksidan. Nutrisi tersebut juga bisa membuat perlindungan tubuh dari infeksi saluran pernapasan, asma, bronkhitis, dan batuk.

3. Obati Batuk dan Sariawan. Daun bunga sepatu dapat digunakan untuk obat batuk dan obat sariawan. Disiapkan dengan cara yang dianjurkan di atas. Air disiapkan untuk diminum atau berkumur.

4. Obat sakit kepala. Daun kembang sepatu bisa juga digunakan untuk obat sakit kepala. Gunakan airnya untuk mengompres kening kepala kita. Pastanya bisa digunakan untuk ditempelkan ke kepala. Air rebusan juga siap untuk diminum.

5. Menurunkan tekanan darah dan kolestrol. Air rebusan daun kembang sepatu bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh.


Baik juga untuk tekanan darah dan kolesterol

6. Obat Gondok. Gondokan adalah pembesaran kelenjar tiroid di leher bagian bawah. Rasanya tidak mengenakkan dan mengganjal. Air rebusannya bisa diminum, dan pastanya bisa dibalurkan ke daerah gondok sebagai obat luar.

sponsored links

7. Obat Gonorrhea. Bunga dan daun bunga sepatu bisa digunakan untuk penyembuhan sakit Gonorrhe atau kencing nanah. Cuci bersih bunga/daun kembang sepatu, kemudian rebus selama 15 menit. Setelah itu didinginkan atau diembunkan. Esok harinya air bisa diminum sebagai obat.


Baik juga untuk obat gonorrhea

8. Obat Sulit Kencing. Rebusan bunga sepatu bisa dipakai untuk menyembuhkan sulit kencing (buang air kecil).

9. Keluarkan Racun dalam Tubuh. Daun dan akar kembang sepatu mengandung antioksidan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air rebusan bisa diminum atau gunakan pasta dan minyak bunga kembang sepatu untuk mengolesi di daerah bekas gigitan serangga.

10. Cegah Rambut Rontok. Lendir daun sepatu dapat digunakan bahan masker rambut. Oleskan lendir di rambut atau gunakan air sebagai keramas. Langkah ini menolong menyembuhkan rambut rontok.


Baik juga untuk mencegah rambut rontok

11. Cegah Penyakit Keputihan atau Menstruasi. Rebusan daun bunga sepatu atau teh bunga sepatu bisa digunakan untuk mencegah PMS (premenstrual syndrome). Teh bunga sepatu bisa mengurangi stres karena tubuh semakin relaks dan menambah energi. Air rebusan bisa dipakai sebagai obat dengan cara diminum.


Baik juga untuk penyakit keputihan dan menstruasi

12. Turunkan berat badan. Kandungan rendah kalori dan serat yang tinggi. Efektif untuk menurunkan berat badan. Air rebusan daun bunga sepatu bisa diminum. Teh bunga sepatu dapat menurunkan lemak dan kalori tubuh.


Baik juga untuk menurunkan berat badan

13. Menambah Energi. Konsumsi teh bunga sepatu dapat mengembalikan energi yang hilang. Revitalisasi energi penting buat mengindari stres dan ketegangan.


Baik juga untuk menambah energi

14. Jaga Kesehatan Kulit. Remas daun-daun dan tempelkan di bagian tubuh. Kandungan minyak dalam daun bunga sepatu dapat digunakan untuk membersihkan wajah, mengangkat sel-sel mati, dan menghaluskan kulit. Minyak/lendir yang ada dalam daun kembang sepatu mengandung inflamasi atasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Bisa diminum airnya, atau digunakan sebagai bahan masker untuk kulit wajah. Lakukan secara rutin.



Untuk mendapatkan manfaat daun bunga sepatu di atas ada berbagai cara yang dapat anda lakukan, berikut adalah beberapa cara praktis yang dapat anda lakukan.


1. Dibuat Teh.

 Bunga sepatu bisa dikeringkan dan dibuat untuk teh. Cara ini dipakai untuk diminum. Tersedia di pasaran obat-obatan herbal.


2. Diremas-remas.

Daun bunga sepatu diremas-remas menggunakan tangan untuk mendapatkan minyak/lendir. Hal ini bisa dilakukan untuk mendapatkan minyak/lendir. Biasa dipakai untuk penyakit luar.


3. Dengan Cara Ditumbuk.

Pilih 8-10 daun kembang sepatu dan ditumbuk dalam lumpang (biasa buat menyumbuk jamu) sehingga menjadi pasta atau adonan halus. Biarkan lendir keluar dan menjadi satu dengan adonan pasta. Air perasannya bisa dimanfaatkan untuk diminum. Ini bisa dipakai untuk pengobatan penyakit luar seperti jerawat, atau masker.


4.

Daun kembang sepatu (atau bunga, atau akar kembang sepatu) bisa dipakai sebagai obat. Akar tumbuhan bunga sepatu ditumbuk atau digeprek menggunakan pisau atau ulegan. Caranya, ambil daun bunga sepatu secukupnya sekitar 8-10 lembar. Cuci bersih kemudian rebus dalam air mendidih selama 15 menit, sampai kira-kira airnya tinggal sepertiganya. Hal ini dilakukan agar yang tersisa adalah kandungan zat berkhasiat bagi tubuh. Tambahkan madu atau sedikit gula aren atau gula batu untuk menghilangkan bau anyir. Dinginkan, saring airnya dan masukkan ke dalam botol untuk diminum. Air ini bisa juga digunakan untuk berkumur.

Meski bukan merupakan tanaman asli Indonesia, bunga ini banyak terdapat di pekarangan kita. Di daerah Mesir dan Sudan, kembang sepatu juga dimanfaatkan sebagai obat. Kembang sepatu dimanfaatkan untuk membantu mempertahankan suhu tubuh normal, mendukung kesehatan jantung, dan mendorong keseimbangan cairan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 29th, April 2015 / 13:44 Oleh :
Kategori : Tumbuhan