35 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah jeruk sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, buah yang kaya vitamin C ini dapat membuat tubuh lebih sehat. Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang  dapat dengan mudah kita temui di pasar-pasar tradisional hingga swalayan.

manfaat jeruk

Selain dikonsumsi langsung, buah jeruk juga sangat banyak diolah menjadi berbagai produk-produk. Hal Ini karena buah jeruk merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan, sehingga mudah untuk mendapatkannya. Jeruk juga menjadi buah yang banyak dikonsumsi di berbagai variasinya seperti jeruk nipis, lemon dan jeruk bali.

Buaj jeruk yang anda konsumsi saat ini pasti memiliki nutrisi sehat bagi kesehatan. Jeruk memiliki kandungan gizi sempurna sebagai buah yang memiliki nutrisi paling sehat dalam tubuh.

Kandungan Gizi

Jeruk memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat tinggi, tidak hanya vitamin C dalam 180 gr buah jeruk, juga terdapat nutrisi lainnya seperti

  • Protein,
  • kalori,
  • serat yang sangat tinggi.

Nah, selain mengandung nutrisi yang paling baik untuk tubuh yang sangat populer seperti Vitamin C. Jeruk mengandung sejuta gizi dan mineral yang penting untuk perkembangan gizi anak dan dewasa.

Berikut data lengkap kandungan gizi dalam sebuah jeruk.

Setelah mengetahui berbagai kandungan gizi jeruk yang sangat mempuni bagi kesehatan, tentu setiap nutrisi memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah jeruk bagi kesehatan akan kita bahas satu persatu.

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan setidaknya ada 10 jenis yang penting seperti untuk penyakit stroke. Tidak hanya buahnya yang segar namun jeruk menyimpan manfaat buah-buahan yang wajib untuk dikonsumsi, berikut ini beberapa manfaat jeruk yang tidak terduga ((medicalnewstoday.comWhat are the health benefits of oranges?, 19 Desember 2014)) ((care2.com13 Health Benefits of Oranges, diakses 19 Desember 2014)) :


1. Jeruk Menurunkan Risiko Stroke

Menurut American Heart Association, makan dalam jumlah yang lebih tinggi dari senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk atau manfaat buah anggur dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi perempuan. Mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang tinggi memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik ketimbang wanita yang mengkonsumsi sedikit.


2. Jeruk dapat Menurunkan Tekanan darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa AS tidak memenuhi asupan harian kalium sebanyak  4700 mg. Juga dari catatan, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian karena berbagai kasus.


3. Jeruk Dapat Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, mengkonsumsi manfaat pisang, jeruk dan jus jeruk dalam dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko pengembangan leukimia.

Sebagai sumber yang sangat baik dari manfaat antioksidan, vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker. Jumlah vitamin C yang diperlukan yang dikonsumsi untuk tujuan terapeutik kanker dan serat tinggi dari buah-buahan dan sayur-sayuran berkaitan dengan penurunan resiko kanker kolorektal.


4. Jeruks Menjaga Kesehatan Jantung

Serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang terdapat pada jeruk memberi dukungan terhadap kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di Rumah Sakit St Thomas di Tennessee.

Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki risiko 49% lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan yang kurang mengkonsumsi kalium (sekitar 1000 mg per hari).


5. Jeruk Mencegah Kerusakan Kulit

Manfaat vitamin C sebagai antioksidan, bila dimakan dalam bentuk alami atau dioleskan, dapat membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Termasuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, sebagai sistem pendukung kulit.


6. Jeruk Baik Untuk Sistem Alkali Tubuh (pencernaan)

Meskipun jeruk memiliki rasa asam yang dianggap kurang baik untuk pencernaan, namun mengandung banyak mineral alkalin yang membantu untuk mengimbangi tubuh setelah mereka dicerna. Dalam hal ini, mereka mirip dengan manfaat lemon yang merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali.


7. Jeruk Sumber Karbohidrat

Jeruk seperti semua jenis buah-buahan yang memiliki gula sederhana di dalamnya, namun jeruk memiliki indeks glikemik 40. Apa pun karbohidrat yang berada di bawah indeks glikemiks 55 dianggap rendah. Hal ini berarti selama tidak memakan jeruk dalam jumlah banyak pada satu waktu, tidak akan mempengaruhi gula darah dan menyebabkan masalah dengan insulin atau berat badan.

8. Buah Jeruk Membantu Menjaga Sistem Imun

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.  Vitamin C pada jeruk juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penting untuk kekebalan tubuh:

10. Buah Jeruk Meningkatkan Fungsi Otak

Asam folat atau vitamin B9 terdapat dalam setiap bulir buah jeruk, zat ini sangat penting untuk menjaga perkembangan otak dan menjaga organ vital dalam kondisi prima. Buah jeruk memiliki kandungan fitonutrien atau polifenol yang sangat membantu untuk meningkatkan memori otak.

Penting untuk fungsi otak :

11. Buah Jeruk Sangat Baik Menjaga Kesehatan Ginjal

Konsumsi buah jeruk dapat menjaga kesehatan ginjal, terutama untuk menjaga ginjal dari serangan batu ginjal. Konsumsi jeruk secara rutin sangat penting menghindarikan kita dari batu ginjal.

12. Jeruk Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Ingin mata yang sehat, ada baiknya anda rajin mengkunsumsi buah jeruk yang dapat membantu menjaga kesehatan mata secara alami. Kandungan nutrisi dan tingginya vitamin serta mineral dapat membantu menjaga kesehatan mata kita.

13. Sariawan ? Jeruk Solusinya

Jika anda sedang bermasalah dengan sariawan yang membandel dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya anda mengkonsumsi jeruk secara rutin.

14. Buah Jeruk Baik Untuk Tulang

Buah jeruk sangat baik untuk kesehatan tulang, jeruk juga memiliki kandungan kalsium, tercatat 180 gram jeruk memuat 7% kebutuhan harian kalsium tubuh kita.

15. Menjaga Stamina

Jeruk mengandung kandungan kalori yang juga dapat membantu memberikan dan menjaga stamina tubuh kita.

16. Jeruk Membantu Pembentukan Otot

Zat yang tidak lain yang dapat membantu pembentukan otot adalah protein, jeruk juga terdapat protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pembentukan masa otot.

17. Jeruk Melancarkan Pencernaan

Seperti buah pada umumnya, jeruk juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan penceraan dan BAB.

18. Jeruk Dapat Mencegah Katarak

Seperti halnya peran jeruk untuk mata, salah satu penyakit yang dapat terhindar dari konsumsi jeruk adalah mencegah katarak. Vitamin A yang cukup tinggi dalam jeruk dapat membantu menghindarkan kita dari katarak.

19. Memantu Diet

Jeruk dapat anda gunakan dalam program diet harian anda, karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan sehingga tidak menimbulkan kegemukan.

20. Tinggi Badan

Masih terkait dengan efek yang diberikan kalori bagi tubuh, ternyata kalori dalam jeruk juga bermanfaat dalam membantu tinggi badan manusia.

21. Jeruk membantu kesehatan syaraf

Kandungan magnesium dalam buah jeruk sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan syaraf.

22. Mencegah Kram

Jeruk memuat kalium atau potasium, zat ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kram.

Manfaat Jeruk Bagi Kecantikan

Jeruk memiliki khasiat dalam membantu perawatan kecantikan kulit dan rambut, berikut ini beberapa diantaranya :


23. Buah Jeruk Dapat Menghaluskan kulit

Gosok bagian kulit dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan jeruk lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


24. Jeruk dapat Menyejukkan Kulit kepala

Ketika udara panas, gunakan jeruk sebagai campuran tonik rambut. Campurkanlah tonik rambut dengan manfaat jeruk nipis kemudian simpan di lemari es hingga terasa sejuk. Gunakanlah setiap kali anda menginginkan kesejukan untuk kulit kepala anda dan rasakan kehebatan manfaat jeruk yang menyegarkan kulit kepala anda.


25. Jeruk Mengembalikan Kilau Alami Rambut

Berikan sari jeruk lemon pada setiap sisiran rambut, kemudian agak sedikit berjemur pada sinar matahari. Semakin lama rambut yang diberi sari lemon ini, akan merubah warna rambut menjadi lebih berkilap di bawah sinar matahari. Namun jangan lakukan pada rambut kering dan mudah rapuh.


Kontraindikasi Konsumsi Buah Jeruk

Beta-blocker : Jenis obat yang paling sering diresepkan untuk penyakit jantung, dapat menyebabkan kadar kalium meningkat dalam darah. Makanan tinggi kalium seperti jeruk dan pisang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang saat mengambil obat beta-blocker. Mengkonsumsi terlalu banyak kalium dapat berbahaya bagi orang yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dari darah, bisa berakibat fatal.

Maag : Mereka yang gastro esophageal reflux disease-(GERD) mungkin mengalami peningkatan gejala seperti sakit maag ketika mengkonsumsi makanan yang sangat asam seperti buah jeruk, namun reaksinya bisa bervariasi bagi setiap individu.

Fakta Mengenai Buah Jeruk

  • Jeruk adalah salah satu tanaman buah terbesar di dunia
  • Brasil penghasil jeruk terbesar di dunia
  • Rasa jeruk adalah favorit ketiga di dunia setelah cokelat dan vanila.

Namun hal yang terpenting dari semua ini adalah pola makan secara keseluruhan yang dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan dengan beragam daripada berkonsentrasi pada hanya satu jenis makanan. Nikmatilah manfaat buah jeruk sebaik mungkin, salam sehat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan