8 Manfaat Bunga Angelonia yang Belum Diketahui

Bagi pecinta tanaman hias, pasti anda sangat familiar dengan jenis bunga yang satu ini. Banyak sekali orang mencari bunga dan menanamnya untuk dijadikan sebagai penghias taman ataupun dekorasi ruang. Bunga angelonia memiliki nama ilmiah Angelonia angustifolia atau biasa dikenal dengan nama false lavender. Cirinya hampir mirip dengan bunga lavender yaitu tanaman akan tumbuh berkerombol dan memiliki bunga yang tumbuh meruncing ke atas. Berbeda dengan bunga lavender dan berbeda dengan manfaat teh daun salam, angelonia tidak hanya berwarna ungu saja, ada warna putih, merah, hingga biru. untuk batang tanaman bunga angelonia sendiri akan berwarna hijau jika masih muda dan sedikit kecoklatan pada punga angelonia tua.

Dari batang utama ada batang kecil yang tumbuh bercabang dan langsung tumbuh ke atas, sedangkan untuk daun- daunnya berukuran kecil dengan bentuk meruncing berwarna hijau. Adapun tangkai daun yang langsung menempel di batang dengan tiap titik batang tumbuh masing- masing berjumlah 2 daun ke kiri dan ke kanan dalam ketinggian yang sama. Sementara untuk daun di atasnya atau di bawahnya masing- masing juga sama berjumlah 2 buah daun dengan membentuk sudut sekitar 900 dengan arah daun di atas dan bawahnya. Berbeda pula dengan jenis bunga pada umumnya, bunga angelonia tidak memiliki aroma yang semerbak. Anda bisa mengetahui bagaiman aroma dari bunga angelonia dengan meremas bunga ataupun daunnya.

Dalam habitatnya, bunga angelonia tumbuh di antara tebing tinggi dimana tidak ditemukan tanaman padi di sekitarnya. Namun berbeda jika anda melihat manfaat bunga lawang, bunga angelonia dapat dibudidayakan dengan mudah dengan cara stek batang. Melihat tanaman bunga angelonia yang tidak terlalu tinggi, anda bisa menanamnya di dalam pot ataupun polybag. Selain bermanfaat sebagai bahan dekorasi taman ataupun ruangan agar terlihat lebih indah, bunga angelonia juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Bagi anda yang penasaran, berikut merupakan penjelasan mengenai  manfaatnya.

Manfaat Bunga Angelonia   

  1. Membersihkan Udara di Rumah

Bunga angelonia yang anda tanam di dalam pot- pot kecil dan meletakkannya di ruangan anda dapat membuat udara di sekitar ruang anda jadi lebih bersih dan segar. Hal ini karena tanaman angelonia menyaring udara di sekitar anda dan memberikan oksigen untuk ruangan anda. Sehingga ketika anda berada di ruangan anda, anda akan merasa sejuk dan segar.


  1. Mengobati Gangguan Pernapasan

Bagi anda yang sering mengalami gangguan pernapasan seperti asma, pilek ataupun alergi debu dan sering bersin- bersin maka anda dapat mencoba cara yang satu ini. Yaitu dengan menanam banyak bunga angelonia dan meletakkannya di ruang dalam rumah anda setiap pagi. Dengan ini bunga angelonia akan mengobati gangguan pernapasan anda terkait dengan membersihkan dan memberikan udara yang segar dan bersih sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

  1. Menghilangkan Stress

Melihat keindahan bunga angelonia bisa anda jadikan sebagai salah satu cara penghilang stress paling ampuh. Hal ini karena anda dapat melepas lelah serta stress yang anda rasakan.

  1. Sebagai Terapi Autis

Bagi anda yang ingin mengatasi gejala autis pada anak, anda bisa mengajaknya melakukan kegiatan bersama yang membantu dia belajar fokus. Dengan melakukan cara menanam bunga angelonia dengan benar dan merawatnya secara teratur berbeda dengan manfaat bunga kecombrang, hal ini dapat membantu menstabilkan emosi serta meningkatkan rasa percaya diri pada anak autis.

  1. Meningkatkan Fokus

Selain sebagai terapi, dengan merawat bunga angelonia secara rutin dan tepat ini dapat meningkatkan fokus anda. Hal ini karena anda pasti akan selalu memperhatikan bunga angelonia dengan detail dan inilah yang mendukung untuk meningkatkan daya fokus anda.

  1. Mengatasi Polusi

Bagi anda yang senang memasak pastinya anda juga telah menyumbangkan polusi berupa asap dapur di rumah anda, apalagi jika dapur anda merupakan jenis dapur tertutup. Agar udara tidak tercemari oleh asap dapur dan tetap bersih, anda dapat meletakkan beberapa tanman bunga angelonia di dekat dapur anda.

  1. Menghilangkan Virus dan Bakteri

Tidak hanya mampu menyaring polusi ataupun udara kotor disekeliling anda berbeda dengan manfaat habbasyi oil, tanaman bunga angelonia juga mampu menghilangkan beberapa jenis virus dan bakteri yang dapat menyebabkan gejala penyakit ringan seperti flu dan diare. Untuk itu anda hanya perlu menanam bunga angelonia di dalam pot- pot kecil dan menaruhnya di sekitar ruangan anda.

  1. Menyerap Radiasi

Anda juga dapat menaruh bunga angelonia pada ruang kerja anda untuk menyerap adanya radiasi dari benda elektronik seperti leptop dan komputer.

Itulah berbagai manfaat dari menanam bunga angelonia yang berbeda dengan manfaat terapi ikan nilem, banyak sekali manfaat yang anda dapatkan dan semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.