Sponsors Link

10 Manfaat Omega 3 Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Omega 3 merupakan zat penting yang dianggap mampu menunjang kesehatan dan telah menjadi pembicaraan akhir-akhir ini. Omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang memiliki peran penting bagi tubuh. Sayangnya omega 3 tidak dapat diproduksi sendiri pada tubuh manusia, sehingga harus dipenuhi dengan mengonsumsi asupan makanan tertentu. Kandungan gizi yang bermanfaat ini bisa diperoleh dari sejumlah ikan seperti pada manfaat ikan tunamanfaat ikan salmon, ikan sarden dan ikan hering.

Selain itu, asam lemak omega 3 juga bisa didapat dari sumber nabati seperti manfaat kedelai, minyak kacang kenari, walnut, minyak calona, manfaat bayam, dan manfaat alpukat. Namun sebenarnya, apa saja manfaat omega 3 untuk kesehatan? berikut ini beberapa diantaranya :

1. Meningkatkan Daya Ingat

Omega 3 termasuk asupan makanan otak yang berperan penting dalam perkembangan membran sel di sistem neurologis otak dan juga jalan sinyal. Secara medis sudah teruji omega 3 mampu mengoptimalkan perkembangan memori otak baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini berarti kebutuhan omega 3 baik dipenuhi khususnya bagi Anda yang merasa mudah lupa. Terlebih seiring dengan pertambahan usia ukuran otak manusia cenderung menyusut. Penyusutan otak memang menjadi satu hal yang wajar, tetapi bisa juga menjadi gejala penyakit serius seperti Alzheimer dan dementia.

Namun tidak perlu khawatir karena memenuhi asupan omega 3 secara cukup juga bisa membuat otak lebih besar. Seseorang yang mendapati cedera pada otak pun disarankan untuk mendapat asupan omega 3 cukup karena asam lemak omega 3 dapat memperbaiki otak lebih cepat.

2. Mengurangi Resiko Sakit Jantung

Berdasarkan hasil penelitian diketahui omega 3 juga dapat mengurangi resiko sakit jantung dan beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Hal ini karena omega 3 dapat meningkatkan kekenyalan atau elastisitas pembuluh arterial. Dengan demikian risiko sakit darah tinggi dan aritmia atau detak jantung yang tidak normal bisa diminimalisir.

Perlu diketahui bahwa, sakit aritmia adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena sewaktu-waktu bisa menyebabkan penderitanya mengalami serangan mendadak yang berisiko pada kematian. Namun tidak perlu khawatir karena risiko ini bisa dikurangi dengan memenuhi asupan asam lemak omega 3 dalam porsi yang cukup.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Manfaat asam lemak omega 3 selanjutnya diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dalam hal ini omega 3 akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat ini pun memungkinkan Anda terhindar dari sejumlah penyakit kronis yang mengancam.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Asupan nutrisi yang sudah cukup populer menjaga kesehatan mata tidak lain adalah vitamin A. Namun, tahukah bahwa manfaat vitamin A ini juga dimiliki oleh asam lemak omega 3. Berdasarkan hasil penelitian bahkan diketahui omega 3 menjadi salah satu komponen utama dalam retina. Omega 3 dapat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan secara umum.

5. Mengurangi Depresi

Omega 3 mampu mengurangi masalah depresi ringan. Asam lemak omega 3 akan membantu meningkatkan efektivitas obat. Omega 3 bekerja dengan mempengaruhi organ otak, namun memiliki cara yang berbeda dibanding obat anti depresi pada umumnya. Memenuhi asupan omega 3 dan tetap melakukan pengobatan menggunakan obat anti depresi, menjadi cara terbaik yang ampuh untuk mengurangi depresi dengan 2 cara yang berbeda.

6. Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Omega 3 memiliki manfaat mengurangi rasa nyeri ketika haid. Dari hasil sebuah penelitian yang melibatkan sejumlah wanita didapati omega 3 efektif mengurangi nyeri haid, karena dapat mengurangi kadar prostaglandin yang cenderung meningkat selama haid. Kadar prostaglandin yang tinggi inilah yang dapat memicu kejang otot dan kontraksi rahim.

7. Mengurangi Risiko Pembekuan Darah

Sifat antikoagulan asam lemak 3, merupakan zat yang ampuh mencegah terjadinya pembekuan darah. Sifat antikoagulan itulah yang diketahui dapat mempengaruhi trombosit dalam pembekuan darah. Alhasil sirkulasi darah cenderung lebih lancar dan akan terhindar dari risiko pembekuan darah yang memicu terjadinya stroke. Memenuhi asupan omega 3 merupakan upaya pencegahan yang baik dibanding, jika harus mengobati karena sudah terlanjur sakit.

8. Meningkatkan Penyerapan Vitamin yang Larut dalam Lemak

sponsored links

Sejumlah vitamin yang terdapat dalam makanan, ada yang bisa larut dalam lemak, manfaat vitamin D, manfaat vitamin E, vitamin K dan vitamin A. Keempat vitamin tersebut pun dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, menjaga kesehatan tulang dan gigi, melawan infeksi, mempercepat pembekuan darah bila didapati luka lecet, dan menjaga kestabilan sirkulasi darah menuju jantung.

Adapun penyerapan vitamin yang larut dalam lemak ini bisa ditingkatkan dengan memenuhi asupan omega 3 dalam kadar yang cukup. Penyerapan vitamin yang optimal, akan membuat manfaat vitamin ini semakin terasa bagi tubuh.

9. Mencegah Kanker Kulit

Berdasar penelitian yang di lakukan The University of Manchester didapati bahwa mengkonsumsi manfaat minyak ikan, yang kaya kandungan omega 3 dapat menjaga kulit dari risiko kanker kulit. Seseorang yang rutin memenuhi asupan omega 3 memiliki sistem imun yang lebih tinggi, sehingga kulit akan menjadi cukup kuat terhadap paparan sinar radiasi matahari dan sinar UV.

Selain efektif mencegah kanker kulit, omega 3 juga memiliki manfaat luar biasa berupa melindungi wanita dari risiko kanker mematikan seperti kanker ovarium.

10. Menurunkan Trigliserida

Bagi yang memiliki risiko menderita sakit diabetes, tentunya akan lebih baik untuk memenuhi asupan omega 3. Hal ini karena manfaatnya yang ampuh menurunkan kadar trigliserida dan juga apoproteins. Tidak perlu khawatir karena tidak ada efek negatif terkait terhadap kadar gligemik. Jadi sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Secara lebih lanjut omega 3 juga mampu mencegah risiko diabetic retinopathy.

Diabetic retinopathy merupakan suatu bentuk komplikasi pada penglihatan dan pembuluh darah yang disebabkan karena diabetes. Adapun seperti yang sudah disebutkan pada manfaat omega 3 untuk kesehatan mata di atas diketahui fungsi retina akan terjaga normal dan meminimalisir peradangan jika mengonsumsi omega 3 dalam asupan yang cukup.

Itulah 10 manfaat omega 3 untuk kesehatan, yang cukup mengagumkan. Namun perlu menjadi catatan, selain memiliki banyak manfaat omega 3 juga memiliki efek samping bila mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih. Oleh karenanya, Anda perlu mempehatikan benar berapa besar porsi omega 3 yang masuk dalam tubuh. Jika memang diperlukan, bisa melakukan konsultasi dengan dokter kepercayaan terkait hal ini.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 24th, December 2014 / 05:32 Oleh :
Kategori : Nutrisi