27 Manfaat Ikan Bloso Bagi Kesehatan Manusia

Indonesia yang sebagian besar terdiri dari wilayah perairan memberi keuntungan berupa hasil perikanan yang melimpah dan beragam. Ada banyak jenis ikan yang tersebar di negara kita yang dapat dikonsumsi dengan mudah. Mulai dari manfaat ikan laut hingga manfaat ikan air tawar bagi kesehatan yang bisa dipilih sesuai selera. Seperti diketahui ada banyak manfaat makan ikan bagi kesehatan terutama untuk asupan protein hewani serta sumber beragam vitamin dan mineral lainnya. Oleh karena itu sangat dianjurkan dan sering dikampanyekan untuk konsumsi ikan setiap hari.

Salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini adalah ikan bloso atau ikan beloso. Sebagian dari anda mungkin masih cukup asing mendengar nama ikan bloso. Kebanyakan orang mungkin lebih familiar dengan beberapa jenis ikan seperti manfaat ikan nila, manfaat ikan bawal, atau manfaat ikan lele. Ikan bloso masih termasuk kelompok ikan gabus sehingga merupakan ikan air tawar. Ikan ini memiliki ukuran tubuh relatif kecil dibandingkan jenis ikan gabus lainnya. Untuk mendapatkan ikan ini anda dapat menyusuri hulu sungai hingga hilir muara karena di situlah ia biasa ditemukan. Meskipun ukurannya relatif kecil ikan ini banyak dicari para pemancing karena rasa dagingnya yang legit dan gurih terutama jika dibakar atau digoreng.

Tidak hanya lezat ikan bloso ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari perawatan kulit, penurunan berat badan, mengatasi anemia, hingga mengatasi depresi. Untuk lebih jelasnya berikut manfaat ikan bloso bagi kesehatan:

1. Perawatan dan kesehatan kulit

Kandungan asam lemak omega-3 berupa EPA pada ikan bloso sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dari dalam sehingga kulit terjaga kelembabannya, terlindungi dari efek buruk sengatan matahari, mencegah timbulnya keriput, serta menjaga kulit tetap awet muda. Jika ingin cara yang lebih praktis anda dapat menggunakan manfaat nourish skin atau manfaat ever e untuk mendapatkan kulit yang sehat, terlindungi, dan awet muda.

2. Menurunkan berat badan

Konsumsi ikan bloso juga memiliki pengaruh positif dalam penurunan berat badan. Hal ini didukung oleh kandungan DHA pada ikan ini yang dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Konsumsi ikan bloso dapat meningkatkan keefektifan program diet disamping tentu saja anda harus mengatur pola makan dan rajin berolahraga.

3. Meningkatkan kecerdasan anak

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang terdapat pada ikan bloso juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak terutama pada kemampuan kognitifnya. Hal ini menjadikan ikan bloso sebagai salah satu pilihan tepat untuk menu harian anak. Manfaat menghafal al quran dan manfaat brain gym  juga dikenal baik untuk meningkatkan kecerdasan anak.

4. Mengatasi depresi

Padatnya rutinintas serta beragam masalah membuat banyak orang mudah terkena depresi. Untuk mengatasinya beragam cara dilakukan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti ikan bloso. Kandungan asam lemak omega-3 nya dipercaya dapat mengurangi dan mengatasi depresi.


5. Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

Rajin mengonsumsi ikan bloso juga berpengaruh pada tekanan darah dimana ia dapat membantu menurunkan tekanan darah yang berada di atas normal. Selain itu anda juga dapat menggunakan manfaat mengkudu untuk hipertensi atau manfaat pare bagi hipertensi.

6. Mendukung program diet sehat

Kombinasi antara kadar lemak yang rendah namun kaya akan beragam vitamin dan mineral menjadikan ikan bloso sebagai salah satu makanan tepat untuk mendukung program diet sehat. Dengan mengonsumsi ikan ini dapat mencukupkan kebutuhan nutrisi tubuh tanpa menambah bobot badan secara signifikan.

7. Meminimalisir risiko penyakit degeneratif

Konsumsi ikan bloso yang mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh sangat dianjurkan karena dapat meminimalisir risiko terkena penyakit-penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, osteoporosis, diabetes, dan lain sebagainya. Hal ini bisa juga ditambah dengan konsumsi makanan sehat lainnya seperti manfaat daun pakis dan manfaat ikan gurame.

8. Baik untuk kesehatan kardiovaskular

Jika anda termasuk orang yang peduli terhadap kesehatan kardiovaskular yang meliputi kesehatan jantung, vena, dan arteri maka konsumsi ikan bloso merupakan pilihan yang tepat. Kandungan asam lemak omega-3 nya sangat baik untuk mencegah pembekuan darah, mengurangi dan mencegah penumpukan kadar trigliserida dalam darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga dapat memelihara kesehatan jantung dan kesehatan kardiovaskular secara umum.

9. Membangun otot

Ikan bloso juga mengandung manfaat protein sehingga sangat baik untuk perkembangan otot. Konsumsi sumber protein seperti yang terdapat pada ikan bloso merupakan langkah yang tepat untuk membangun otot disamping beragam latihan otot seperti push up dan sit up.

10. Mengatasi anemia

Penderita anemia dianjurkan mengonsumsi ikan bloso karena kandungan vitamin B kompleks dan manfaat zat besinya dapat membantu produksi sel darah merah. Disamping itu penderita anemia juga dapat menggunakan manfaat alpukat untuk anemia dan manfaat kurma untuk anemia.

11. Mengatasi insomnia

Manfaat ikan bloso juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan sulit tidur atau yang dikenal dengan insomnia. Hal ini tentu jauh lebih baik daripada menggunakan obat tidur atau obat penenang yang selain memiliki efek samping juga dapat menyebabkan ketergantungan.

12. Mencegah timbulnya gejala arthritis

Gejala-gejala arthritis atau peradangan sendi seperti timbul rasa nyeri, kemerahan, atau pembengkakan pada sendi sungguh menggangu kenyamanan dan kelancaran aktivitas sehari-hari. Meskipun telah tersedia beragam obat-obatan seperti manfaat methylpredinosolone dan manfaat obat mefinal namun jika anda menginginkan cara yang lebih alami maka konsumsi ikan bloso dapat menjadi alternatif yang tepat.

13. Mengurangi peradangan

Timbulnya rasa nyeri, kemerahan, panas, atau bengkak pada bagian tubuh tertentu menunjukkan adanya peradangan pada bagian tubuh tersebut. Untuk mencegah dan meminimalisir hal ini ada beberapa makanan yang dianjurkan salah satunya ikan bloso. Kandungan nutrisi pada ikan ini dapat membantu mengurangi gejala-gejala peradangan yang dirasakan.


14. Membantu proses penyembuhan setelah operasi

Ikan bloso juga sangat baik dikonsumsi setelah menjalani operasi karena dapat membantu proses penyembuhan atau pemulihan tubuh. Selain itu manfaat ikan ini juga dapat membantu mengeringkan jahitan sehingga lebih cepat kering dan sembuh. Beberapa makanan lain yang juga dianjurkan paska operasi diantaranya manfaat daun kelor kering dan manfaat kulit buah naga.

15.Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh yang baik penting sekali untuk mencegah anda mudah terinfeksi berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk itu dianjurkan mengonsumsi makanan-makanan sehat kaya nutrisi seperti ikan bloso yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih terlindungi dan tidak mudah jatuh sakit.


Manfaat Ikan Bloso Lainnya

16. Mencegah kanker usus besar

17. Membantu metabolisme lemak

18. Memperkuat tulang dan gigi

19. Mengurangi resistensi insulin

20. Mengatasi susah buang air besar

21. Mengobati autis

22. Mengobati hepatitis

23. Meminimalisir risiko alzheimer

24. Mengatasi nyeri

25. Pengobatan tulang yang patah

26. Meningkatkan vitalitas

27. Sumber beragam nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, mineral, manfaat antioksidan, vitamin D, dan protein.


Demikianlah beragam manfaat ikan bloso bagi kesehatan manusia sehingga sayang sekali jika tidak dimasukkan ke dalam satu satu menu harian anda. Dengan kekayaan hasil perairan yang kita miliki seharusnya menjadikan kita sadar manfaat makan ikan sehingga masyarakat terutama generasi muda kita bisa tumbuh sehat dan cerdas. Mari makan ikan.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan