10 Manfaat Ikan Patin Pasca Operasi untuk Mempercepat Pemulihan

Setelah melakukan sebuah operasi besar biasanya seseorang dihadapkan pada situasi untuk selalu mengkonsumsi makanan tertentu dengan harapan luka operasi cepat sembuh dan tubuh dapat kembali pulih seperti semula. Salah satu ‘wejangan’ yang sering di dengar ketika seseorang melakukan operasi besar adalah untuk banyak mengkonsumsi ikan patin.

Manfaat Ikan Patin Pasca Operasi

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah memang benar ikan patin baik dikonsumsi oleh orang yang baru saja melakukan operasi besar? Well, ternyata ‘wejangan’ tersebut tidak hanya sebuah mitos saja tapi juga merupakan sebuah fakta yang memang sudah dibuktikan oleh banyak praktisi medis. Ikan patin memang mengandung beberapa senyawa atau zat yang memang dapat membantu proses pemulihan luka pasca operasi dengan lebih cepat. Untuk lebih jelasnya beberapa poin berikut akan memberikan Anda pengetahuan lebih tentang manfaat ikan patin bagi kesehatan terutama pasca operasi.

  1. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Bicara soal penyembuhan luka pasca operasi maka ikan patin merupakan salah satu makanan yang harus dikonsumsi bahkan dianjurkan oleh para praktisi medis. Alasannya bahkan sudah terbukti secara medis dimana ikan patin mengandung senyawa protein yang dikenal dengan nama albumin. Senyawa ini ternyata sangat efektif dalam proses penyembuhan luka terutama luka besar akibat operasi.

  1. Ikan Patin tinggi Kandungan Omega 3

Salah satu senyawa yang terkandung dalam ikan patin adalah omega 3. Omega 3 merupakan asam lemak yang sangat baik untuk tubuh terutama dalam masa pemulihan pasca operasi. Fungsi omega 3 sangatlah penting dalam menjaga daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan serta menjaga kestabilan sistem imun.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ikan patin dipercaya oleh para peneliti dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Ketika metabolisme tubuh bekerja optimal maka proses penyembuhan juga akan berlangsung lebih cepat. Jadi penting untuk selalu menjaga sistem metabolisme tubuh untuk bekerja secara optimal terutama ketika dalam masa penyembuhan.

  1. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Kandungan mineral dan protein yang tinggi pada ikan patin dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah. Tentunya Anda sudah tahu bahwa fungsi sel darah sangatlah penting dalam sistem tubuh yaitu membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian sel. Dengan memastikan setiap sel mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen, sel-sel yang belum sempurna akibat operasi dapat pulih dengan lebih cepat.

  1. Mengatasi Stress

Beberapa waktu pasca operasi bisa menyebabkan stress pada pasien karena selain rasa sakit yang mungkin masih terasa, pasien pasca operasi juga dibatasi untuk bergerak. Jadi tidak heran jika mudah sekali stress. Mengkonsumsi ikan patin dapat membantu mengatasi stress akibat pasca operasi karena ternyata menurut penelitian pasien yang mengalami stress justru memerlukan masa penyembuhan yang relatif lebih lama.

  1. Membantu Menghilangkan Bekas Luka Operasi

Tak hanya mempercepat proses penyembuhannya, mengkonsumsi ikan patin setelah operasi juga ternyata dapat membantu menghilangkan bekas luka operasi yang biasanya cukup besar.

  1. Meningkatkan Selera Makan

Ikan patin biasanya digunakan oleh para orang tua untuk meningkatkan nafsu atau selera makan pada anak yang biasanya susah sekali makan. Hal yang sama juga biasanya dialami oleh pasien pasca opearsi yang biasanya nafsu makan juga ikut menghilang padahal mengkonsumsi makanan sehat sangat penting pada fase ini.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pasca operasi tubuh akan mudah sekali terserang penyakit karena sistem imun yang biasanya rendah. Hal ini bisa menjadi fatal ketika luka operasi justru rentan terhadap infeksi. Mengkonsumsi ikan patin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses penyembuhan berjalan dengan lebih cepat dan optimal.

  1. Sumber Energi

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pasien setelah operasi besar adalah tubuh lemas karena kekurangan energi. Hal ini biasanya dipicu oleh stress pasca operasi, kehilangan nafsu makan sehingga metabolisme tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Ikan patin yang dianggap efektif untuk meningkatkan nafsu makan sertai mengurangi stress ternyata juga kaya nutrisi yang bisa dijadikan sumber energi bagi para pasien yang memerlukannya.

  1. Tinggi Kandungan Protein

Sudah bukan rahasia umum bahwa semua jenis ikan memang mengandung protein tinggi. Namun ada yang unik dari ikan patin yaitu protein yang terkandung dalam ikan patin merupakan jenis protein yang dikenal dengan sebutan albumin. Jenis protein yang juga ditemukan pada ikan lele dan ikan gabus. Jenis protein inilah yang berkontribusi besar dalam proses penyembuhan luka pasca operasi.

Perlu Anda juga ketahui bahwa ikan patin tak hanya baik dikonsumsi oleh pasien pasca operasi tapi juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ikan patin merupakan salah satu jenis ikan yang dapat menjaga kesehatan jantung karena mengandung omega 3. Selain itu ikan patin juga mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis pada orang dewasa sementara untuk anak-anak, ikan patin sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbhan tulang dan gigi.

,
Oleh :
Kategori : Makanan